10 Khasiat Daun Ungu Untuk Kesehatan

Khasiat Daun Ungu dipercaya mempunyai kemampuan herbal yang ampuh untuk menyembuhkan berbagai jenis penyakit. Salah satunya ialah Wasir/ambeien, mengatasi masalah organ ginjal dan juga mengobati segala jenis penyakit. Namun untuk lengkapnya, kali ini kami akan mencoba untuk memberikan sedikit informasi yang tentunya masih berkaitan dengan manfaat daun ungu bagi kesehatan tubuh kita.

Daun Ungu (Nama latin : Graptophyllum pictum) adalah sejenis tanaman hias yang juga banyak digunakan sebagai apotik hidup. Tanaman obat ini diduga berasal dari Papua Nugini dengan sebutan Daun Wungu. Namun ada juga beberapa nama lokal yang mungkin lebih familiar untuk sobat. Contoh : Daun temen, Kobi, Kadi, Krotong, Handeuleum, dan daun putri. Tanaman ini mempunyai ciri khas yang bisa dikenali dengan batang berkayu licin dengan warna ungu kehijauan. Daun berwarna ungu agak kemerahan sedangkan bunganya mejemuk dan buah kotak lonjong. Habitat hidup banyak ditemukan diarea terbuka yang cukup akan paparan sinar matahari langsung.
10 Khasiat Daun Ungu Untuk Kesehatan
Nah jika bahas mengenai manfaat, pastinya didukung dengan adanya kandungan kimia alami didalamnya. Daun daun ungu ini memang kaya akan senyawa yang baik untuk kesehatan. Beberapa diantaranya berupa Alkaloid, Saponin, Glikosida, Fenol, Flavonoid, Tanin, triterpinoid, dan Steroid. Kandungan inilah yang membantu tubuh kita tetap terjaga kesehatannya. Sehingga secara tidak langsung sudah membuat tubuh sehat dan terhindar dari penyakit.

10 Khasiat Daun Ungu Untuk Kesehatan :
  1. Bersifat sebagai anti-inflamasi yang sangat berguna dalam mencegah peradangan / pembengkakan pada organ tubuh.
  2. Menyembuhkan wasir atau ambeien serta meringankan gejala yang disebabkan.
  3. Menjaga dan melindungi kesehatan organ ginjal.
  4. Ampuh untuk menyembuhkan diabetes. Sangat cocok dikonsumsi oleh orang yang mempunyai masalah dengan gula darah.
  5. Melancarkan proses persalinan jika dikonsumsi oleh ibu yang sudah hamil tua.
  6. Mengatasi dan membersihkan plak pada gigi.
  7. Menghancurkan dan mengeluarkan batu ginjal.
  8. Menjaga kesehatan hati yang ampuh untuk mencegah hepatitis.
  9. Mengembalikan kelembutan kulit, hal ini sangat baik bagi dunia kecantikan.
  10. Mengobati borok (luka) dan mempercepat penuaan bisul.
Nah, bagaimana cara menggunakan daun ungu untuk obat? Mungkin resep sederhana dibawah ini bisa membantu sobat untuk menyelesaikan masalah yang sedang obat alami.

Sebenarnya sangat sederhana sekali, untuk penggunaan luar seperti untuk luka dan bisul, cukup haluskan beberapa lembar daun ungu kemudian ditapalkan pada bisul atau luka. Ganti ketika sudah mulai mengering.

Sedangkan untuk konsumsi seperti wasir dan lain-lainnya. Rebus sekitar 10gr daun ungu segar dengan 2 gelas air hingga tersisa separuhnya. Minum airnya secara rutin 1x sehari, maka wasirpun akan sembuh dalam jangka 1 minggu. Namun untuk penyembuhan total, usahakan terus menerus mengkonsumsi rebusan air daun ungu ini. Paling tidak sekitar 1 bulan hingga 2 bulan.

Demikian artikel singkat mengenai 10 Khasiat Daun Ungu Untuk Kesehatan. Semoga bisa membantu!

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel