15 Khasiat Daun Mimba Untuk Kesehatan

Khasiat Daun Mimba terbukti sangatlah ampuh untuk kesehatan tubuh kita. Terutama dalam mengatasi kanker, diabetes, gatal-gatal, dan jenis penyakit lain yang tentunya masih terkait. Maka dari itu, kali ini kami akan mencoba untuk membahas sedikit tentang manfaat daun mimba bagi kesehatan. Sehingga sedikit banyak kita akan lebih paham dan lebih memaksimalkan kegunaan dari daun mimba ini untuk tubuh.

Mimba / Daun Mimba (Nama Latin : Azadirachta indica A. Juss.) adalah sejenis tanaman obat yang diduga berasal dari India, Pohonnya terna dan tersebar hingga seluruh Asia yang salah satunya ialah Indonesia. Mimba bisa hidup dengan baik pada wilayah gersang atau kekurangan air. Sebab mempunyai pertahanan dengan menggugurkan daunnya pada musim kemarau. Sehingga bisa meminimalisir penguapan.
15 Khasiat Daun Mimba Untuk Kesehatan
Ciri dan Deskripsinya hampir sama dengan daun mindi. Namun daun mindi kalah dengan manfaat yang terdapat pada daun mimba ini. Tergolong dalam klasifikasi kerajaan plantae dan keluarga dari Meliaceae. Pohonnya tinggi mencapai hingga 20m, Batang keras berkulit tebal warna kecokelatan. Daun menyirip lonjong dan bergerigi pada bagian tepi, Buah berwarna hijau kekuningan, berbiji dan daging buah kental atau berlendir. Tumbuhnya liar dan bisa hidup meski pada tempat tandus. Karena kualitas kayu yang cukup bagus dan kuat. Banyak juga dari kalangan masyarakat memnafaatkan kayunya untuk bahan furniture.

15 Khasiat Daun Mimba Untuk Kesehatan :
  1. Bersifat sebagai anti-kanker yang sangat berguna untuk mencegah pertumbuhan sel kanker dan tumor dalam tubuh.
  2. Bersifat anti-inflamasi yang berfungsi untuk mengatasi peradangan atau pembengkakan.
  3. Menyembuhkan penyakit kulit seperti gatal-gatal, kudis, kurap dan lain-lainnya.
  4. Bersifat sebagai anti-bakteri yang ampuh untuk membasmi virus dan kuman dalam tubuh.
  5. Mengontrol kadar gula darah yang baik untuk mencegah dan mengatasi diabetes.
  6. Bersifat anti-piretik yang ampuh untuk menurunkan demam atau suhu panas tubuh.
  7. Menormalkan sistem peredaran darah dalam tubuh. Terkait erat untuk mencegah tekanan darah tinggi (hipertensi).
  8. Mencegah penyakit kardiovaskular.
  9. Obat herbal untuk mengatasi malaria.
  10. Mencegah infeksi pada luka dan mempercepat pengeringan luka tersebut.
  11. Mengatasi penyakit lambung.
  12. Mengembalikan selera makan.
  13. Menyembuhkan penyakit disentri.
  14. Mengeluarkan cacing dalam tubuh. Ampuh untuk mengobati cacingan pada anak.
  15. Mengatasi eksim pada kulit.
Semua manfaat diatas didapat karena adanya kandungan senyawa berupa : β-sitosterol, Hyperoside, Nimbolide, Quercetin, Quercitrin, Rutin, Azadirachtin, dan Nimbine. Sedangkan untuk penggunaan sebagai obat, mungkin resep sederhana dibawah ini bisa membantu!
  • Disentri : Siapkan1 genggam daun mimba, 2 jari kulit mimba dan potong-potong hingga kecil. Rebus dengan 600cc air (setara dengan 3 gelas air) hingga mendidih dan berubah warna. Dinginkan, saring dan diminum 2x sehari dengan porsi 150cc (1/4 gelas).
  • Eksim : 2 tangkai daun mimba. Haluskan dan campurkan dengan kapur sirih secukupnya. Balurkan pada kulit yang terkena eksim dan bisa diganti 2x sehari.
  • Untuk lain-lain : Siapkan daun mimba secukupnya, 2 rimpang temulawak, 1 rimpang temu ireng, dan 1 genggam daun sambiloto. Haluskan semua bahan setelah dicuci bersih. Rebus dengan 400cc (2 gelas air) hingga mendidih. Saring dan ramuan bisa diminum selagi hangat dengan porsi 3/4 gelas 2x sehari.
Demikianlah artikel singkat mengenai 15 Khasiat Daun Mimba Untuk Kesehatan. Semoga bisa membantu!

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel