9 Khasiat Tempuh Wiyang Untuk Kesehatan

Khasiat Tempuh Wiyang dipercaya sangat ampuh untuk mengobati sariawan, radang paru-paru, infeksi,dan meringankan flu. Tapi tidak lengkap rasanya jika kita tidak mengetahui secara lengkap apa itu tempuh wiyang dan bagaimana cara menggunakannya sebagai obat. Maka dari itu, kali ini kami akan mencoba sedikit mereview seputar tanaman tempuh wiyang dan manfaatnya untuk kesehatan.

Tempuh Wiyang (Nama Latin : Emilia sonchifolia) adalah sejenis tanaman obat yang banyak digunakan oleh kalangan masyarakat untuk alternatif dunia pengobatan herbal. Hal itu karena tanaman ini mengandung anti-biotik dan anti-racun yang sangat berpengaruh dalam kehidupan sehari-hari. Tanaman ini juga banyak digunakan dalam dunia farmasi seperti jamu herbal yang banyak dijual sebagai serbuk dan kapsul.
9 Khasiat Tempuh Wiyang Untuk Kesehatan
Tempuh wiyang banyak sekali mempunyai nama lokal, seperti dalgiu, centongan, kemondelan, tespog, serubung delang, ketiu, minyawon, jawi raya, dalam bahasa jawa. Sedangkan sunda menyebutnya dengan jonge dan jombang. Deun sarap madura, kaho mahiri Maluku, dan masih banyak lagi nama lokal yang tidak bisa kami sebutkan satu persatu.

Tempuh wiyang merupakan terna semusim yang mempunyai ciri pohon tegak dan berbaring pada pangkalnya. Daun tunggal berbentuk segitiga, warna hijau memanjang. Sedangkan untuk bunga bongkol dan mekar warna keunguan. Tumbuhnya pada terdapat ada alam terbuka, seperti ladang, sawah, kebun, dan pinggir selokan.

9 Khasiat Tempuh Wiyang Untuk Kesehatan :
  1. Membantu dalam menyembuhkan influenza atau pilek.
  2. Bersifat sebagai anti-racun yang berfungsi untuk menetralkan racun dalam tubuh.
  3. Bersifat anti-biotik yang ampuh untuk menagkal radikal bebas seperti kuman, virus, dan mikroba lainnya.
  4. Bersifat sebagai anti-inflamasi yang berfungsi untuk mecegah peradangan.
  5. Menyembuhkan infeksi yang terjadi pada saluran nafas.
  6. Mempercepat penuaan bisul.
  7. Mencegah radang pada paru-paru.
  8. Mengobati sariawan dan gejala yang disebabkan.
  9. Mecegah infeksi pada luka, borok, dan bisul.
Penggunaan tempuh wiyang bisa didapat dengan hanya mengkonsumsi daun dari tanaman ini sebagai lalapan. Memang rasanya agak sedikit pahit, namun juga ampuh untuk menambah selera makan dan tentunya mendukung dalam menyembuhkan sariawan dan penyakit yang sudah kami sebutkan diatas. Sedangkan untuk penggunaan luar seperti bisul, cukup haluskan daun beserta bunga kemudian balurkan pada area kulit yang ingin diobati.

Demikianlah artikel singkat mengenai 9 Khasiat Tempuh Wiyang Untuk Kesehatan. Semoga bisa membantu!

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *