18 Khasiat Cengkeh Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

Khasiat Cengkeh memang boleh dibilang cukup banyak bagi kesehatan tubuh kita. Beberapa diantaranya ialah sakit gigi, radang gusi, keputihan, kulit, sesak nafas, batuk dan lain-lainnya. Tidak hanya bisa digunakan secara langsung, namun ekstraknya yaitu minyak dari cengkeh juga tidak kalah hebat khasiat yang diberikan. Jadi memang cengkeh ini sudah dikenal sejak dahulu kala sebegai pengobatan herbal untuk perawatan kesehatan maupun kecantikan.
Cengkeh (Nama latin : Syzygium aromaticum) adalah tangkai bunga kering yang digunakan sebagai bahan rempah dan juga bumbu masakan yang kaya akan kandungan kimia alami. Cengkih ini banyak dibudidayakan karena memang mempunyai nilai jual tinggi sehingga bisa meningkatkan ekonomi bahkan menjadi salah satu komoditi perdagangan Internasional. Umumnya orang mengenal cengkeh hanya sebagai bumbu rokok, padahal jika ditelisi lebih lanjut, bunga kering dari tanaman cengkeh ini berkhasiat sangat ampuh untuk menyembuhkan berbagai jenis penyakit berat maupun ringan.

Cengkeh mengandung minyak essensial yang didalamnya terdapat kalium, zat besi, fosfor, natrium, Vitamin A dan C. Serta senyawa eugenol yang banyak digunakan oleh dokter gigi dalam mengatasi nyeri pada saat sakit gigi dan juga menghilangkan bau mulut. Untuk rincian lebih lengkap, mungkin beberapa rangkuman sederhana dibawah ini bisa membantu!

18 Khasiat Cengkeh Untuk Kesehatan Dan Kecantikan :
  1. Bersifat anti-oksidan yang berfungsi untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.
  2. Bersifat anti-inflamasi yang berguna untuk mengatasi peradangan atau pembengkakan.
  3. Meringankan nyeri pada saat sakit gigi serta juga mengurangi radang gusi.
  4. Menghilangkan bau mulut dan juga bau badan yang dikaibatkan oleh bakteri.
  5. Mengembalikan kinerja sistem pencernaan dna menjadikannya lebih lancar, terkait dengan pencegah sembelit atau penyakit ringan susah BAB.
  6. Apuh untuk mencegah wasir atau ambeien. Hal ini didukung dengan manfaat lancarnya pencernaan sehingga feses tidak keras dan meminimalisir pendarahan.
  7. Mengurangi rasa mual, eneg dan perasaan ingin muntah.
  8. Obat herbal untuk meringankan gejala flu atau pilek. Karena cengekh juga mempunyai efek menghangatkan.
  9. Menjaga kesehatan organ jantung, manfaat ini terhubung juga dengan pencegahan serangan jantung dan penyakit stroke.
  10. Mencegah terjadinya infeksi pada saluran pernafasan.
  11. Obat herbal untuk meringankan sakit batuk dan sakit tenggorokan.
  12. Meringankan nyeri sendi, otot dan menghilangkan pegal linu.
  13. Mengatasi gejala penyakit sinusitis dengan cara meletakkan bubuk cengkeh pada rongga hidung.
  14. Membersihkan jerawat dan mencegah timbul kembali.
  15. Menghilangkan flek atau noda hitam bekas jerawat pada wajah.
  16. Menyamarkan garis halus dan kerutan.
  17. Menjaga kesehatan rambut dan mencegah patah dan rontok.
  18. Melancarkan peredaran darah dalam tubuh, terkait dengan pencegahan hipertensi.
Bagaimana resep dan cara menggunakan cengkeh sebagai obat?
Umumnya biji cengkeh digunakan sebagai bumbu dapur yang bisa dicampur dengan masakan. Selain menambah aroma dan rasa, cengkeh juga bermanfaat sangat baik bagi kesehatan terutama dalam penyembuhan berbagai jenis penyakit. Namun untuk penggunaan lain, bisa saja sobat menggunakan treatmen sederhana dibawah ini!
  • Obat kumur : Seduh bunga cengkeh secukupnya dengan air mendidih. Diamkan hingga berubah warna kemudian gunakan untuk kumur-kumur.
  • Teh cengkeh : Siapkan 1 sdt bubuk cengkeh kering 1sdm gula pasir dan garam dapur secukupnya. Seduh dengan 1 cangkir air mendidih kemudian aduk dan minum.
  • Masker : Siapkan 1 sdm bubuk cengkeh halus, dan 1 sdm madu. Larutkan terlebih dahulu bubuk cengkeh dengan sedikit air hingga mengental kemudian masukkan madu. Aduk hingga rata dan terapkan pada seluruh area wajah.
Manfaat dan cara menggunakan cengkeh juga sudah kami posting sebelumnya pada 8 Khasiat Minyak Cengkeh Bagi Tubuh. Jadi untuk lebih lengkapnya, sobat bisa baca juga agar pengetahuan mengenai khasiat cengkeh ini lebih sempurna.

Nah demikianlah artikel singkat mengenai 18 Khasiat Cengkeh Untuk Kesehatan Dan Kecantikan. Semoga apa yang kami tulis disini bisa membantu!

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel