12 Khasiat Bunga Kenop Untuk Kesehatan

Khasiat Bunga Kenop memang sudah dimaksimalkan sejak jaman nenek moyang kita. Beberapa manfaat bunga kenop ini dipercaya bisa menyembuhkan berbagai jenis penyakit yang salah satunya ialah asma, diuretik, luka dan penyakit kulit seperti korengan. Namun selain itu juga masih banyak lagi kegunaan yang mungkin saja belum kita ketahui. Maka dari itu, untuk menambah wawasan mengenai tanaman obat yang ada pada lingkungan sekitar, kali ini kami akan mencoba untuk merangkum dan meringkas keterangan tentang Fungsi Bunga Kenop Bagi Dunia Pengobatan herbal.

12 Khasiat Bunga Kenop Untuk Kesehatan

Bunga Kenop (Nama Latin : Gomphrena globosa L.) adalah tanaman herba semusim yang juga dianggap gulma atau tanaman pengganggu oleh sebagian petani di pedesaan. Bunga ini bisa tumbuh secara liar di pematang sawah, pinggir jalan, selokan dan juga pekarangan. Namun karena mempunyai warna yang cukup menarik, tidak sedikit juga yang menjadikan bunga kenop sebagai tanaman hias. Diberbagai daerah, kembang ini mempunyai panggilan lokal yang dikenal dengan adas-adasan, talimantulu, dan qiang hong.

Terkait dengan manfaat bunga :
* 14 Khasiat Tanaman Senggani Untuk Kesehatan Dan Kecantikan
* 17 Khasiat Srigading Untuk Kesehatan dan Kecantikan
* 17 Khasiat Biji Bunga Matahari Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

ciri dan deskripsi tanaman bisa dikenali dengan warna bunganya yang indah berwarna ungu. Meski diduga berasal dari Amerika, namun untuk penyebarannya sangat luas dan bisa ditemukan dengan mudah di pulau jawa. Bunga kenop mempunya batang hijau agak kemerahan dengan lampisan luar diselimuti rambut halus. daun berhadapan dengan bentuk bulat telur meruncing pada bagian ujung, daun berwarna hijau berambut halus dan ketinggian pohonnya mencapai hingga setengah meter lebih. Seluruh bagian tanaman bisa digunakan sebagai obat, entah itu bunga, akar batang dan daunnya. Kandungan yang bisa didapat ialah berupa ghompresin 1,2,3,5 dan 6.

12 Khasiat Bunga Kenop Untuk Kesehatan :
  1. Bersifat diuretik yang bisa melancarkan saluran kemih.
  2. Mempercepat penyembuhan luka.
  3. Obat herbal untuk bronkitis.
  4. Meringanka gejala asma atau sesak nafas.
  5. Mengobati penyakit dan gejala disentri.
  6. Menyembuhkan peradangan atau bengkak pada saluran pernafasan.
  7. Menyehatkan organ ginjal dan mencegah ISK.
  8. Mengobati penyakit kulit seperti kudis dan korengan.
  9. Bersifat anti-piretik yang mampu meredam panas atau demam.
  10. Obat alami untuk meringankan gejala batuk.
  11. Mengatasi peradangan pada mata.
  12. Meringankan ngelu atau pusing (sakit kepala).
Bagaimana resep dan cara menggunakan bunga kenop sebagai obat?
Tanaman herbal ini mempunyai sifat kimia atau farmakologi netral dan sedikit manis. Terus bagaimana cara meracik obat dari bunga kenop? Untuk menjawabnya kami sudah menyediakan beberapa resep sederhana yang kami rangkum dari berbagai sumber. Berikut rinciannya!
  • Melancarkan kencing : Siapkan sekitar 3 hingga 10gr bunga yang kemudian dicuci bersih dan direbus dengan air secukupnya. Saring kemudian bisa diminum.
  • Asma dan disentri : Rebus sekitar 10 kuntum bunga kenop dan saring, tambahkan sedikit arak kuning kemudian minum secara rutin 3x sehari.
  • Luka dan korengan : Ambil seluruh bagian tanaman selanjutnya direbus dan gunakan air untuk mencuci luka. Atau juga bisa dengan menghaluskan bunga dan daun untuk digunakan sebagai obat tapal.
Baca Juga : 12 Khasiat Bunga Pukul Delapan Untuk Kesehatan
Demikianlah artikel singkat tentang 12 Khasiat Bunga Kenop Untuk Kesehatan. Semoga dilain kesempatan kami bisa melakukan update dan tentunya memberi informasi yang lebih penting serta lebih berguna bagi orang banyak. Jangan lupa di share ya..! Terima kasih!

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel