15 Khasiat Tanaman Gandapura Untuk Kesehatan

Khasiat Gandapura memang sudah dikenal sejak jaman nenek moyang kita. Bahkan tanaman ini dianggap herbal tertua yang diketahui mempunyai kegunaan sebagai obat. Dari beberapa manfaat gandapura tersebut, diketahui bisa menyembuhkan kejang, nyeri, sesak nafas, radang dan juga luka. Nah yang jadi pertanyaan disini adalah, apa itu tanaman gandapura? dan apa saja kandungan senyawa didalamnya? Maka dari itu, untuk sekedar referensi dalam menambah wawasan seputar tumbuhan obat. Kali ini kami akan merangkum keterangan sederhana yang membahas manfaat gandapura untuk kesehatan.

Khasiat Tanaman Gandapura Untuk Kesehatan

Gandapura (Nama latin : Gaultheria punctata) adalah sejenis tanaman perdu yang daunnya banyak dimanfaatkan sebagai campuran minyak gosok. Umum tumbuh didataran tinggi sekitar 1500 hingga 2700 diatas permukaan laut. Diberbagai daerah tanaman ini mempunyai nama lokal yang berbeda. Dan diantara nama daerah tersebut dikenal dengan kapasan, kaworo, regula, kasturi, waron, kastore, bukal, sedeki, rewulow, dan kakapasan sedeki.

Terkait khasiat tanaman :
* 9 Khasiat Eceng Gondok Untuk Kesehatan
* Khasiat Bunga Digitalis Untuk Pengobatan Herbal

Ciri dan deskripsi tanaman bisa dikenali dengan bentuk daun yang berwarna violet dan biru tua. Batangnya tegak dan berkayu bulat, permukaannya licin dengan warna kecokelatan. Daunnya tunggal berbentuk lonjong, pertulangan menyirip dan meruncing pada bagian ujung. Untuk ciri lebih detail silahkan cek pada lampiran gambar diatas.

Apa saja sih kandungan senyawa pada tanaman gandapura?
Senyawa kimia yang terdapat pada tanaman ini diantaranya berupa flavonoid, minyak atsiri, saponin dan tanin. Dari zat inilah herba ini mempunyai manfaat yang cukup baik bagi kesehatan tubuh kita.

15 Khasiat Tanaman Gandapura Untuk Kesehatan :
  1. Bersifat anti-inflamasi yang berguna untuk mencegah peradangan.
  2. Meredakan nyeri yang diakibatkan terkilir atau salah urat.
  3. Meringankan gejala rematik dan nyeri pada persendian.
  4. Obat herbal untuk menyembuhkan batuk serta mengencerkan dahak.
  5. Mengatasi sembelit atau susah buang air besar (BAB).
  6. Bersifat diuretik yang berfungsi untuk meluruhkan saluran kemih.
  7. Menyembuhkan penyakit kulit seperti gatal-gatal.
  8. Menyembuhkan pegal linu dan sakit pinggang.
  9. Mengurangi nyeri pada saat sakit gigi dan gusi bengkak.
  10. Bersifat anti-piretik yang berkemampuan untuk menurunkan demam.
  11. Meredakan sakit kepala atau pusing.
  12. Melancarkan sistem pernafasan yang terkait untuk penyembuhan asma atau sesak nafas.
  13. Mempercepat penyembuhan luka.
  14. Mengobati kejang pada otot dan juga urat.
  15. Mengurangi bakteri penyebab bau mulut.

Bagaimana resep dan cara mengolah gandapura sebagai obat?
  • Resep 1 : Siapkan sekitar 10 hingga 15gr akar gandapura yang masih segar kemudian direbus dengan 2 gelas air hingga tersisa setengahnya. Saring dan minum.
  • Resep 2 : Potong 10gr akar gandapura segar. Kemudian direbus dengan 3 gelas air hingga tersisa 1 gelas. Minum 2x sehari masing-masing setengah gelas. Cara ini umum digunakan untuk batuk.
  • Resep 3 : Sediakan daun gandapura secukupnya kemudian ditumbuk hingga halus. Tapalkan pada kulit untuk gatal, korengan, bisul dan patah tulang. Untuk lebih maksimal bisa dicampur dengan japur sirih.
  • Resep 4 : Rendam daun pada minyak kelapa kemudian bubuhkan pada kulit yang ingin diobati. Biasanya resep ini digunakan untuk rematik dan peredam rasa nyeri.
Baca Juga : 15 Khasiat Gambir Untuk Kesehatan

Demikianlah artikel singkat mengenai 15 Khasiat Tanaman Gandapura Untuk Kesehatan. Semoga bisa berguna bagi orang yang membutuhkan. Jika tulisan ini bermanfaat, jangan lupa dishare ya..! Terima kasih!

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel