7 Khasiat Daun Kepala Tupai Untuk Kesehatan

Khasiat Daun Kepala Tupai tidak banyak orang yang tahu. Padahal jika dipelajari manfaat daun kepala tupai ini sangat berpengaruh bagi kesehatan khususnya untuk obat sakit mata, mencret, demam, dan bersifat anti-inflamasi yang berguna untuk mencegah peradangan. Maka dari itu, untuk menambah wawasan mengenai tanaman obat, kali ini kami akan mencoba untuk merangkum keterangan sederhana yang membahas seputar kandungan dan kegunaan serta fungsi tanaman daun kepala tupai untuk kesehatan.
7 Khasiat Daun Kepala Tupai Untuk Kesehatan

Daun Kepala Tupai (Nama latin : Drynaria quercifolia L.) adalah sejenis tanaman paku-pakuan epifit yang tergolong dalam klasifikasi dari keluarga polypodiaceae. Tumbuhan ini sangat umum ditemukan pada dataran rendah dengan habitat hidup menempel pada tanaman lain sebagai penopang. Untuk sekarang tanaman ini juga sebagai tanaman hias yang dari berbagai jenisnya mempunyai kemiripan mengenai ciri dan bentuk.

Terkait Dengan Daun Berkhasiat Obat :
* 7 Khasiat Daun Dandang Gendis Untuk Kesehatan
* 10 Khasiat Daun Encok Untuk Dunia Pengobatan Herbal

Ciri dan deskripsi tanaman bisa dikenali dengan melihat bentuk rimpang yang relatif tebal dengan ditutupi rambut berwarna kecokelatan. Sedangkan daun mempunyai dua tipe, kecil pada bagian rimpang dan bertangkai dengan ukuran lumayan besar. Merupakan tumbuhan terna yang menempel pada pohon tapi bukan sebagai parasit.

Apa saja sih kandungan senyawa pada daun kepala tupai?
Dari berbagai sumber, diperoleh kesimpulan bahwa pada tanaman ini terdapat beberapa senyawa yang salah satunya ialah kardenofin, polifenol, dan flavonoid. Dari beberapa senyawa inilah diperoleh khasiat yang cukup baik untuk kebugaran tubuh kita.

7 Khasiat Daun Kepala Tupai Untuk Kesehatan :
  1. Bersifat anti-piretik yang ampuh untuk menurunkan demam atau panas tubuh.
  2. Bersifat anti-inflamasi yang berfungsi untuk mengatasi peradangan dan pembengkakan.
  3. Obat herbal untuk menyembuhkan penyakit maag dan lambung.
  4. Bersifat analgesik yang berkemampuan untuk meredakan rasa nyeri.
  5. Meringankan gejala pusing atau sakit kepala.
  6. Bersifat diuretik yang berguna untuk melancarkan saluran kemih.
  7. Membersihkan darah yang terkait dengan pengobatan penyakit kulit seta jerawat.
Bagaimana resep dan cara menggunakan daun kepala tupai untuk obat?
Cara yang harus ditempuh sangatlah mudah sekali, cukup rebus daun yang sudah dicuci kemudian bisa diminum atau juga digunakan sebagai kompres dengan bantuan handuk khususnya untuk menurunkan demam.


Demikianlah artikel singkat mengenai 7 Khasiat Daun Kepala Tupai Untuk Kesehatan. Semoga bisa membantu dan bermanfaat bagi yang membutuhkan. Jangan lupa di share ya...! Terima kasih!

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel