8 Khasiat Daun Gempur Batu Untuk Kesehatan

Khasiat Gempur Batu dipercaya cukup ampuh untuk menyembuhkan berbagai jenis penyakit. Manfaat Gempur batu bisa mengobati diare, batu ginjal, diuretik (peluruh kencing), luka dan memperbaiki sistem pencernaan. Maka dari itu, untuk sekedar menambah ilmu pengetahuan mengenai tanaman obat. Kali ini kami akan mencoba untuk menerangkan apa itu tanaman gempur batu dan manfaatnya bagi kesehatan tubuh.

7 Khasiat Daun Gempur Batu Untuk Kesehatan

Gempur Batu (Nama latin : Ruellia napifera) adalah sejenis tanaman obat yang dicampurkan dalam satu bahan pembuatan jamu. Rumput ini juga dikenal dengan nama lokal seperti keji beling, gempur watu, tutup bumi, picah beling, dan enyoh kelo. Dapat tumbuh secara liar diaerah yang cukup air dan tanahnya gembur. Biasanya juga gempur batu dijadikan tanaman hias yang ditanam dengan tujuan multifungsi yaitu sebagai apotik hidup.

Terkait Tanaman Berkhasiat Obat :
* 15 Khasiat Gandarusa Untuk Dunia Pengobatan Herbal
* 15 Khasiat Tanaman Gandapura Untuk Kesehatan

Ciri dan deskripsi tanaman bisa dikenali dengan bentuk daun yang hampir menyerupai daun beringin. Tidak berbatang karena hidupnya menempel pada tanah. Permukaan daun kasar dengan pinggiran bergerigi warna hijau. Tangkai bunga memanjang dengan warna ungu kecokelatan dan kelopak bunga berwarna hijau muda. Untuk ciri lebih detail bisa lihat lampiran gambar diatas.

Apa saja kandungan senyawa pada gempur batu?
Dikutip dari berbagai sumber, gempur batu mempunyai kandungan zat berupa flavonoid, saponin, kalium dan polifenol. Karena kandungan inilah diperoleh jutaan khasiat yang baik untuk kinerja organ tubuh kita. Penasaran? Berikut rinciannya!

8 Khasiat Daun Gempur Batu Untuk Kesehatan :
  1. Bersifat diuretik yang bisa meluruhkan atau melancarkan saluran kemih (kencing tidak lancar).
  2. Mempercepat pengeringan dan penyembuhan luka.
  3. Obat herbal untuk menghentikan diare atau mencret.
  4. Menghancurkan batu ginjal atau yang lebih dikenal dengan kencing batu.
  5. Memperbaiki sistem pencernaan yang salah satunya untuk mengatasi susah BAB.
  6. Menghancurkan batu empedu dan mencegah terjadinya penyumbatan.
  7. Menjaga kesehatan kandung kemih dan ginjal.
  8. Meringankan gejala keseleo atau salah urat.

Bagaimana resep dan cara mengolah gempur batu sebagai obat?
Seluruh bagian tanaman bisa dipergunakan sebagai obat. Namun untuk mengetahui lebih detail, berikut kami sudah menyediakan beberapa racikan sederhana yang mungkin saja bisa membantu dalam pembuatan jamu dari tanaman gempur batu.
  • Diare : Siapkan semua bagian tanaman seperti daun dan batang. Cuci bersih kemudian dihaluskan dengan cara ditumbuk. Selanjutnya untuk penggunaan tinggal dibubuhkan pada bagian perut.
  • Susah Kencing (Diuretik) : Sediakan 10gr daun gempur batu yang masih segar. Tumbuk kasar dan direbus dengan 2 gelas air hingga tersisa setengah. Minum 1x sehari hingga sembuh.
  • Btu Ginjal dan Batu empedu : Sediakan 4 tanaman gempur batu dan 7 bantang meniran. Rebus dengan 3 gelas air hingga tersisa 2 gelas. Saring dan minum 2x sehari masing 1gelas untuk sekali konsumsi.

Himbauan !!!
Penggunaan herbal ini tidak baik jika digunakan jangka panjang oleh penderita yang mengalami masalah perut. Sebab dala jangka lama gempur batu bisa melemahkan kinerja usus.

Baca Juga : Khasiat Gelagah Untuk Kesehatan

Demikianlah artikel singkat mengenai 8 Khasiat Daun Gempur Batu Untuk Kesehatan. Jika dirasa membantu, jangan lupa di share ya..! Terima kasih!

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel