9 Khasiat Eceng Gondok Untuk Kesehatan

Khasiat Eceng Gondok dipercaya cukup ampuh untuk menyembuhkan berbagai jenis penyakit. Salah satunya ialah untuk obat asma, sakit gigi, demam, sakit perut dan sakit tenggorokan. Memang sudah dari dulu tanaman ini dikenal luas oleh kalangan masyarakat karena bisa ditemukan dengan mudah pada persawahan, empang atau pinggiran danau. Dan untuk menambah pengetahuan mengenai manfaat Eceng Gondok, kali ini kami akan mencoba merangkum penjelasan singkat yang mungkin saja bisa berguna bagi yang membutuhkan.

Khasiat Eceng Gondok Untuk Kesehatan

Eceng Gondok (Nama latin : Monochoria vaginalis) atau yang juga dikenal dengan wewehan, eceng padi, dan eceng sawah adalah herba semusim yang dianggap gulma dan sering dibuang begitu saja begi kalangan petani di pedesaan. Berbagai nama lokal sering disebut weweyan, eceng leutik, eceng lembut, biah-biah, mamadeng, mamareng, ikau lada, si korpuk, balang-balang dan balempaleng.

Terkait tanaman herbal berkhasiat :
* 14 Khasiat Daun Jinten Untuk Kesehatan
* Khasiat Pletekan Untuk Kesehatan Dan Pengobatan

Ciri dan deskripsi tanaman bisa dikenali dengan permukaan daun halus dan sedikit mengkilap dan licin. Berketinggian hingga 50cm dan mempunyai rimpang. Daun berbentuk jantung dengan ujung meruncing, bunganya berbentuk tandan serta memiliki warna ungu jika sudah merekah atau mekar. Sedangkan habitat hidupnya banyak ditemukan di daerah yang berair seperti sawah dimusim hujan dan lain-lainnya.

Apa saja kandungan senyawa pada eceng gondok?
Jika dirangkum dari beberapa sumber, herba musiman ini mengandung kalsium, magnesium, klorida, natrium, ferum, mangan, cupper, sulfate dan fosfat. Dari zat tersebut diperoleh jutaan khasiat bagi kesehatan tubuh kita. Untuk melihat detailnya, berikut rincian singkatnya!

9 Khasiat Eceng Gondok Untuk Kesehatan :
  1. Bersifat diuretik yang berkemampuan untuk melancarkan saluran kencing (peluruh kemih).
  2. Bersifat anti-piretik yang berguna untuk menurunkan suhu tubuh yang tinggi.
  3. Mempercepat penuaan bisul dan menyembuhkan penyakit kulit.
  4. Mendinginkan tenggorokan yang terasa panas.
  5. Menyembuhkan penyakit biduran atau gangguan kulit.
  6. Meningkatkan kinerja hati dan membantu menetralkan racun dalam tubuh.
  7. Meringankan gejala asma atau sesak nafas (melegakan sistem pernafasan).
  8. Mengatasi masalah lambung dan sistem pencernaan seperti maag dan nyeri perut.
  9. Mengobati dan mengurangi nyeri dari gejala sakit gigi.
Bagaimana resep dan cara menggunakan eceng gondok sebagai obat?
Bagi kalangan masyarakat tertentu, mengkonsumsi daun eceng sebagai sayur dengan melalui proses pengukusan. Alternatif lainnya juga bisa menggunakan akar kemudian direbus dan diminum airnya.

Baca Juga : Khasiat Bunga Digitalis Untuk Pengobatan Herbal

Demikianlah artikel singkat seputar 9 Khasiat Eceng Gondok Untuk Kesehatan. Semoga bisa berguna bagi yang membutuhkan. Jangan lupa dishare jika dirasa tulisan kami ini bermanfaat! Terima kasih!

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel