5 Khasiat Kepuh Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Khasiat Kepuh mungkin sangat jarang orang yang tahu karena salah satu jenis tanaman berkhasiat obat ini dianggap bernuansa mistis dan kebanyakan kalangan masyarakat takut untuk memanfaatkannya. Padahal jika dipelajari lebih jauh, kepuh atau yang juga dikenal dengan sebutan kelumpang ini sangat berguna bagi kesehatan tubuh kita. Entah itu pada bagian daun, pegagan (kulit batang), dan juga kayunya. Pada sebagian masyarakat banyak juga yang menggunakan pohon kepuh ini sebagai obat herbal yang salah satu manfaatnya ialah untuk menurunkan demam, tapal patah tulang, dan juga bisa menyembuhkan penyakit kencing nanah. Maka dari itu, pada kesempatan kali ini, disini kami akan mencoba untuk merangkum beberapa manfaat serta kegunaan dari pohon kepuh ini bagi kehidupan sehari-hari.

Khasiat Kepuh Untuk Kesehatan

Kepuh atau Kelumpang (Nama Latin : Sterculia foetida L.) adalah salah satu jenis tanaman keluarga jauh dari pohon kapuk randu. Tumbuhan ini mempunyai banyak sekali nama panggilan daerah yang berbeda pada setiap wilayahnya. Beberapa contohnya ialah klompang, jangkang, kepoh, kekompang, kalupa, kalumpang, lepong, furu dan masih banyak lagi yang lainnya. Pohon kepuh ini umumnya mudah ditemukan pada pinggiran sungai, hutan dan bahkan di area pemakanan. Oleh karena itu, banyak yang beranggapan bahwa pohon kepuh berada ditempat-tempat angker.

Cek Juga : 5 Khasiat Keledang Untuk Kesehatan

Mengenai ciri atau deskripsi tanaman, kepuh mempunyai ketinggian pohon rata-rata 40m berukuran besar. Usia tanaman bisa mencapai hingga tahunan karena banyak yang takut untuk menggunakannya. Pegagan dari kepuh mempunyai warna kecokelatan serta terdapat garis halus hampir serupa dengan pohon mangga. Daun berjari dengan 5 helaian memanjang dan mengkilap pada bagian atas. Warna daun hijau tua dan mempunyai aroma bunga yang tidak sedap. Buah menyerupai gayam dan berwarna kemerahan, sedangkan biji memanjang terbungkus dan kulit dari biji tersebut halus licin. Daging yang terdapat pada biji warnanya putih berminyak dan rasanya hampir sama dengan kacang tanah dan buah ketapang.

Kegunaan pohon kepuh umumnya dipakai sebagai batang korek api. Dikarenakan kualitas kayu yang dihasilkan sangatlah rapuh dan tidak tahan akan hama rayap. Namun bagi batang yang sudah tua bisa digunakan sebagai bahan untuk pembuatan peti mati dan juga sampan. Sedangkan pada daging biji dikonsumsi sebagai pembuata sambal.

5 Khasiat Kepuh Untuk Kesehatan dan Kecantikan :
  1. Obat herbal untuk menyembuhkan gejala penyakit kencing nanah.
  2. Bersifat diuretik yang berkemampuan untuk menurunkan demam (suhu tubuh tinggi).
  3. Bahan tradisional untuk membersihkan rambut dengan cara digunakan sebagai shampo alami.
  4. Meringankan gejala terkilir atau salah urat.
  5. Obat tapal guna menyembuhkan patah tulang.
Bagaimana resep dan cara menggunakan tanaman atau pohon kepuh?
  • Shampo alami : Ambil dan haluskan daun dari kepuh secukupnya. Basahi rambut kemudian dioleskan pada seluruh area kulit kepala dan rambut dan bilas.
  • Patang Tulang dan Terkilir : Sediakan daun kepuh yang masih muda. Tumbuk hingga halus dan mengeluarkan sedikit air. Selanjutnya tapalkan pada area tulang atau kaki yang terkilir. Untuk hasil yang maksimal bisa mengganti tapal tersebut 2x sehari.
  • Demam : Cuci dan tumbuk kasar daun kepuh yang masih muda. Rebus dengan sedikit air hingga mendidih dan tambahkan sedikit garam dapur. Saring dan air tersebut bisa diminum 2x sehari.
  • Kencing nanah : Bakar kulit buah kepuh hingga menjadi arang. Aduk dan rendam dengan air selama paling tidak setengah hari. Minum air yang sudah bening 2x sehari secukupnya.
Minyak dari biji kelumpang dulunya juga digunakan untuk lampu teplek sebagai salah satu penerangan di masa lalu.

Peringatan!!!
Bagi ibu yang sedang hamil dilarang keras mengkonsumsi ramuan dari pohon kepuh khususnya pada bagian pegagan (kulitnya) sebab bersifat abortivum yang bisa menyebabkan keguguran.

Baca Juga : 22 Khasiat Bunga Sepatu Untuk Kesehatan

Demikianlah artikel singkat mengenai 5 Khasiat Kepuh Untuk Kesehatan dan Kecantikan. Semoga apa yang kami tulis ini bisa membantu dan berguna bagi orang yang membutuhkan!

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel