7 Khasiat Jati Pasir Untuk Kesehatan

Khasiat Jati Pasir memang sudah umum digunakan untuk dunia pengobatan herbal seperti diare, disentri, pegal linu dan sakit kepala. Hal ini tentunya menimbulkan tanda tanya yang menjadikan kita untuk menggali lebih dalam mengenai informasi seputar tanaman jati pasir ini. Maka dari itu, pada kesempatan kali ini, disini kami akan mencobat melampirkan rangkuman sederhana yang terkait dengan manfaat jati pasir dan bagaimana cara mengolahnya sebagai obat. Yuk lanjut saja membacanya!

Khasiat Jati Pasir Untuk Kesehatan

Jati pasir (Nama latin : Guettarda speciosa L.) adalah sejenis tanaman perdu kecil yang bisa ditemukan di daerah pinggiran pantai yang berpasir. Penyebarannya sangatlah luas, dari pantai Timur Afrika hingga Australia dengan melintasi Kepulauan Nusantara Indonesia. Berbagai nama lokal untuk tumbuhan ini sering dikenal dengan sebutan Titi laut, kenyang-kenyang, Tasi, Haruna, Dan Babaloko. Sedangkan panggilan Inggris disebut Zebra Wood atau juga Beach Gardenia.

(Terkait Tanaman Jati : 8 Khasiat Jati Cina Untuk Kesehatan dan Kecantikan)

Klasifikasi tanaman jati pasir tergolong dalam kerajaan plantae dan masih dalam suku kopi-kopian. Cirinya mempunyai pohon kecil dengan ketinggian batang mencapai 5 hingga 10m. Daun bundar berenumpu meruncing pada bagian ujung dan mempunyai rambut halus. Sedangkan kelopak bunga berambut rapat berbentuk lonceng dengan mahkota berbentuk terompet berwarna putih. Untuk ciri lebh detail bisa lihat cuplikan gambar diatas.

Apa saja manfaat pohon jati pasir?
Pada kehidupan sehari-hari, kayu dari jati pasir digunakan sebagai bahan pembuatan rumah dan sampan karena kualitas kayunya sangat kuat dan awet. Daun yang berukuran lebar digunakan untuk pembungkus makanan, bunga yang harum untuk menambah aroma minyak kelapa dan akar serta kulitnya dipakai untuk obat herbal yang kaya akan manfaat.

7 Khasiat Jati Pasir Untuk Kesehatan :
  1. Melancarkan sistem pencernaan yang terkait dengan pencegahan sembelit atau susah BAB.
  2. Mengobati disentri atau berak yang bercampur dengan nanah, lendir dan darah.
  3. Bersifat analgesik yang berkemampuan untuk meredam rasa nyeri.
  4. Mengatasi gejala pegal linu, nyeri sendi dan otot kaku.
  5. Meringankan sakit kepala, pusing atau migrain.
  6. Menghentikan diare khususnya bagi kalangan anak-anak.
  7. Obat herbal untuk menyembuhkan wasir atau ambeien.
Bagaimana resep dan cara menggunakan jati pasir untuk obat?
  • Sembelit, Wasir dan Disentri : Siapkan akar dan kulit batang secukupnya, rebus dan minum airnya secara rutin 2x sehari.
  • Pegal Linu Dan Nyeri : Ambil daun yang masih muda dan segar, hangatkan hingga layu diatas api kemudian tempelkan pada area yang sakit atau ingin diobati.
Bagaimana Sangat berpengaruh bagi kesehatan bukan? Maka dari itu, tidak ada salahnya jika kita memaksimalkan tanaman obat yang bisa kita temukan pada lingkungan sekitar.

(Baca Juga : 9 Khasiat Jarak Merah Untuk Kesehatan)

Mungkin itu saja mengenai 7 Khasiat Jati Pasir Untuk Kesehatan. Semoga artikel singkat ini bisa membantu dan berguna bagi yang membutuhkan. Jangan lupa sharenya ya...! Terima kasih!

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel