8 Khasiat Jati Cina Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Khasiat Daun Jati Cina memang sudah dikenal sebagai obat pelangsing alami yang sangat aman untuk dikonsumsi. Namun jika digunakan sewajarnya, sebab apa saja yang dipakai secara berlebihan maka akan menyebabkan dampak negatif yang tentunya menjadi efek samping yang akan dirasakan kebelakang harinya. Selain itu, teh daun jati cina ini juga dipercaya untuk obesitas dan melancarkan sistem pencernaan. Nah oleh karena itu, untuk sekedar referensi dan menambah pengetahuan mengenai tanaman obat. Kali ini kami akan mencoba untuk merangkum sedikit keterangan yang membahas apa itu tanaman jati cina dan manfaatnya bagi kesehatan maupun kecantikan.

8 Khasiat Jati Cina Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Jati Cina (Nama Latin : Senna Alexandrina) adalah sejenis tanaman genus besar yang mempunyai bunga dan juga sering dijumpai sebagai tanaman hias. Klasifikasi jati cina tergolong dalam keluarga fabaceae dan subfamily Caesalpinioedae. Habitat hidup didaerah tropis jadi tidak heran jika mudah ditemukan di Indonesia. Ciri dari tanaman ialah daun yang mejemuk, bunga segugusan bertandan, dan perkembangbiakan bisa dilakukan dengan vegetatif serta generatif.

(Lihat Juga : 9 Khasiat Jarak Merah Untuk Kesehatan)

Yang menjadi pertanyaan disini adalah : Apa saja sih manfaat dari teh daun jati cina?
Dari beberapa sumber yang kami rangkum, ditemukan kandungan senyawa glikosida senna dan resveratrol. Dari kedua zat inilah diperoleh manfaat yang cukup besar bagi kinerja organ tubuh kita. Untuk lebih ringkasnya, silahkan cek rangkuman sederhana berikut!

8 Khasiat Jati Cina Untuk Kesehatan dan Kecantikan :
  1. Bersifat laxative yang bekerja pada usus yang lemah sebagai obat pencahar atau pencuci perut alami.
  2. Mengurangi sembelit atau susah BAB. Manfaat ini juga terkait dengan laxative yang sudah kami sebutkan diatas.
  3. Bersifat anti-inflamasi yang berguna untuk mencegah peradangan atau pembengkakan.
  4. Bersifat anti-racun yang berkemampuan untuk meredam dan menetralkan racun dalam tubuh.
  5. Mengurangi selera makan dan juga penyerapan kalori sehingga sangat baik untuk diet.
  6. Menurunkan kadar kolesterol dalam darah.
  7. Mempercepat pelunturan lemak dalam tubuh.
  8. Membersihkan darah kotor yang juga terkait untuk penyembuhan penyakit kulit dan menghilangkan jerawat.
Bagaimana resep dan cara penyajian daun jati cina sebagai obat?
Cara membuat dan menggunakannya sangatlah sederhana. Cukup sediakan daun jati cina yang sudah kering sekitar 1sdt. Kemudian diseduh dengan 1 gelas air mendidih. Diamkan sejenak sambil diaduk dan bisa diminum 2x sehari dengan porsi @1 gelas untuk 1x konsumsi.

Apa saja efek samping penggunaan daun jati cina?
Memang ada dampak buruk jika digunakan secara berlebihan dan dalam jangka waktu lama. Salah satunya ialah terjadinya gangguan pada organ ginjal, metabolisme tubuh, dan sistem pencernaan. Bahkan juga bisa meningkatkan produksi dan tekanan darah sehingga berakibat pada hipertensi. Dampak lain juga bisa terjadi pada wanita yang sedang menstruasi seperti otot perut kejang, perut kembung dan menimbulkan ketidaknyamanan.

Himbauan !!!
Seperti yang sudah kami maksud pada efek samping diatas, Wanita hamil dan menstruasi tidak dianjurkan mengkonsumsi teh dari daun jati cina. karena bisa menyebabkan penyakit serta gangguan pada ginjal dan tekanan darah.

(Baca Juga : 6 Khasiat Iles-Iles Untuk Industri Dan Kesehatan)

Demikianlah artikel singkat mengenai 8 Khasiat Jati Cina Untuk Kesehatan dan Kecantikan. Semoga bisa membantu dan berguna bagi yang membutuhkan. Jangan lupa di share ya...! Terima kasih!

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel