Khasiat Ki Sariawan Atau Jirak Gunung Untuk Kesehatan

Khasiat Ki Sariawan Atau Jirak Gunung memang sudah umum dan banyak digunakan sebagai obat herbal. Beberapa manfaat tersebut diantaranya bisa menyembuhkan Sariawan dan gusi berdarah. Namun tidak hanya itu saja, masih banyak lagi kegunaan lain yang tentunya akan kami bahas pada postingan kali ini. Untuk itu, untuk menambah wawasan atau informasi seputar tanaman obat, tidak ada salahnya jika anda baca tulisan ini sampai selesai.

Ki Sariawan (Nama Latin : Symplocos Odorratissima Choisy) adalah sejenis kayu yang habitat hidupnya banyak ditemukan pada daerah pegunungan. Beberapa nama lokal atau daerah sering juga disebut dengan jirak gunung dan kayu sariawan. Kenapa demikian? Sebab kemampuan utama memang berkhasiat untuk menyembuhkan gejala penyakit yang terkait dengan sariawan dan panas dalam. Jadi diambil singkatnya, tanaman ini populer dengan sebutan tersebut.

Lihat Juga : 7 Khasiat Kingkilaban Untuk Kesehatan

Ciri dan diskripsi tanaman bisa dikenali dengan batangnya yang mencapai ketinggian hingga 25m. Daun jorong dengan bentuk taji tepian bergerigi tumpul. Dan jika disimpan akan berubah warna menjadi kuning merang. Bagian pepagan dalam berwarna kuning dan putih kotor keabuan dengan aroma yang sangat khas dan harum.

Apa saja kandungan senyawa pada Ki sariawan?
Jika dirangkum dari beberapa sumber, tanaman ini sering digunakan kulit (pepagan) dan juga daunnya sebagai ramuan tradisional. Dari kedua bagian ini ditemukan senyawa berupa metil salisilat, garam alumunium, glukosidasin, ploksin dan tanin. Nah karena adanya zat inilah diperoleh fungsi yang cukup baik bagi dunia kesehatan maupun kecantikan.

Khasiat Ki Sariawan Atau Jirak Gunung Untuk Kesehatan :
  1. Menghentikan pendarahan pada gusi atau yang lebih dikenal dengan sebutan skorbut.
  2. Obat kumur herbal yang meringankan luka akibat sariawan.
  3. Meredakan sariawan mulut serta gejala yang disebabkan.
  4. Bahan herbal untuk wanita yang mengalami nifas.
  5. dll.
Baca Juga : 8 Khasiat Jeruk Kingkit Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

Demikianlah artikel singkat mengenai Khasiat Ki Sariawan Atau Jirak Gunung Untuk Kesehatan. Semoga bisa membantu dan berguna bagi yang membutuhkan. Jangan lupa dibagikan dengan yang lain! Terima kasih!

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel