10 Khasiat Bunga Lavender Untuk Kesehatan

Khasiat Bunga Lavender umumnya banyak digunakan sebagai pengharum seperti parfum pada produk-produk kesehatan dan kecantikan. Hal ini karena memang aroma yang ditimbulkan sangatlah khas dan juga dipercaya bisa mengusir nyamuk secara alami. Beberapa Manfaat Bunga Lavender yang bisa kita ketahui ialah sebagai obat insomnia, capek, penenang, stres, bau mulut dan lain sebagainya. Tidak hanya itu saja, masih banyak lagi fungsi serta kebaikan yang bisa kita dapat. Maka dari itu, untuk sekedar menambah wawasan mengenai tanaman obat yang bisa kita dapat dari lingkungan sekitar. Kali ini kami akan membahas secara ringkas apa itu bunga lavender serta kegunaan bagi kehidupan sehari-hari.
Khasiat Bunga Lavender Untuk Kesehatan

Lavender, Lavendel, atau Lavandula (Nama Latin : Lavandula Angustifolia sinonim Lavandula officinalis) adalah sejenis tanaman berbunga yang tergolong dalam klasifikasi dari keluarga Lamiaceae. Bunga ini terbagi sekitar 25 hingga 30 spesies. Dulunya bunga lavender bisa ditemukan dan tumbuh secara liar, namun seiring berkembangnya zaman, tidak heran jika bunga yang mayoritas mempunyai warna ungu ini dibudidayakan guna memenuhi kebutuhan produksi berbagai jenis produk kosmetik dan parfum.

Lihat Juga : 15 Khasiat Lamtoro Atau Petai Cina Untuk Kesehatan

Ciri dan deskripsi bisa kita kenali dengan melihat gambar yang sudah kami sediakan diatas, namun untuk lebih terperinci, ada ciri khusus yang terdapat pada pertumbuhan yang membentuk semak dengan ketinggian mencapai rata-rata hingga 60cm. Terdapat rongga pada bagian batang, tumbuh tegak dengan tunas dan bercabang. Daun berwarna hijau keabu-abuan, lonjong meruncing yang menempel pada bagian bawah tanaman. Sedangkan bunga berwarna violet, ungu, biru yang menjulang tinggi diatas daun.

Apa saja kandungan senyawa pada bunga lavender? Pertanyaan ini mungkin saja tersirat dalam pikiran kita. Sebab tidak mungkin jika terdapat manfaat apabila tidak ditemukan senyawa pendukung didalamnya. Nah jika dirangkum dari berbagai sumber, kami menemukan zat yang terkandung pada tanaman berbunga ini. Beberapa senyawa tersebut ialah linalool asetat, camphene, alokasi-ocimene, monoterpene hidrokarbon, geraniol, limonene, nerol, dan lavandulol.

10 Khasiat Bunga Lavender Untuk Kesehatan :
  1. Mampu mengurangi masalah susah tidur (insomnia).
  2. Menguatkan rambut dan mencegah terjadinya kerontokan ataupun patah.
  3. Ampuh untuk menghilangkan bau mulut.
  4. Mengurangi rasa nyeri khususnya pasca operasi.
  5. Menghilangkan stres (pikiran berat) dan depresi.
  6. Menegurangi kecemasan atau pikiran bimbang.
  7. Mempunyai sifat anti-bakteri / anti-virus yang ampuh untuk membunuh kuman dan virus.
  8. Bersifat menenangkan.
  9. Menjadikan otot dan syaraf menjadi lebih rileks.
  10. Obat herbal untuk mengurangi rasa capek atau kelelahan.
Bagaimana resep dan cara menggunakan bunga levender sebagai obat?
Untuk jawaban pertanyaan ini mungkin kami belum bisa menyediakan, sebab harus dengan anjuran dan petunjuk dari ahli. Jadi mungkin lebih aman mungkin langsung menggunakan produk jadi yang sudah banyak terjual di toko-toko terdekat. Sehingga penggunaan lebih terukur dan secara tepat.

Baca Juga : Khasiat Dan Manfaat Serta Kandungan Akar Langir

Mungkin hanya itu yang bisa kami sampaikan untuk 10 Khasiat Bunga Lavender Untuk Kesehatan. Jangan lupa kunjungi terus blog ini untuk selalu mendapat update mengenai khasiat tanaman obat. Sekian dan selamat membaca!

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel