12 Khasiat Bunga Oenothera Untuk Kesehatan

Khasiat Oenothera mungkin belum banyak orang yang tahu. Padahal dibalik kecantikan bunganya, tanaman ini juga menyimpan jutaan manfaat yang baik bagi kesehatan tubuh. Bunga yang juga dikenal dengan sebutan Evening Primrose ini sangat disukai dan dijadikan tanaman hias yang ditanam pada taman, pot dan halaman rumah. Apa saja Manfaat Bunga Oenothera bagi kesehatan? Berikut ringkasan singkatnya!

12 Khasiat Bunga Oenothera Untuk Kesehatan

Bunga Evening Primrose (Nama Latin: Oenothera Biennis) Adalah sejenis tanaman berbunga yang namanya diambil dari bahasa Yunani (keledai), hal ini dulunya tumbuhan ini sering dijadikan pakan keledai. Kelebihan bunga ini hanya mekar dimalam hari dengan bunga warna kuning begitu indah.

==> Lihat Juga : Khasiat Myrtus Untuk Kesehatan

Ciri-ciri dan deskripsi tanaman bisa dikenali dengan bentuk pohon yang semak perdu kecil. Bunga terlihat berduri pada bagian pangkal, namun itu merupakan rambut halus yang menyelimuti dan menyempurnakan tampilan bunga. Daun berwarna hijau kecil dan bunga sebelum mekar berwarna ungu kemerahan. Dan jika sudah mekar warnanya kuning menyala. Untuk ciri lebih detail bisa cej lampiran gambar diatas.

Apa saja sih kandungan senyawa kimia pada bunga oenothera?
Jika dilihat dari beberapa sumber yang kami baca, bunga ini memiliki zat berupa Asam lemak essensial diantaranya Omega-3 atau Asam gamma-linoleat. Dari senyawa inilah diperoleh manfaat yang cukup besar dan membawa kebaikan bagi tubuh.

12 Khasiat Bunga Oenothera Untuk Kesehatan :
  1. Efektif menyembuhkan batuk disertai asma (sesak nafas).
  2. Mengatasi masalah sistem pencernaan seperti sembelit atau susah BAB.
  3. Menyembuhkan wasir atau berak berdarah.
  4. Bersifat anti-inflamasi yang baik untuk radang tenggorokan.
  5. Bersifat analgetik yang berkemampuan untuk meredam rasa nyeri.
  6. Mengobati pertusis atau batuk rejan.
  7. Menyembuhkan sakit perut melilit.
  8. Memperbaiki kerusakan pada kulit, kuku dan rambut.
  9. Mengurangi gejala menstruasi (PMS).
  10. Mencegah eksim dan penuaan dini pada kulit.
  11. Mencegah terjadinya penyumbatan pembuluh darah yang disebabkan kelebihan kolesterol.
  12. Mengatasi dan membersihkan jerawat dengan mengikis timbunan lemak pada bagian dalam kulit.
Untuk sekarang, penggunaan ekstrak bunga ini sudah sangat mudah. Sebab produk-produk yang menggunakan minyak dari Bunga Evening Primrose ini sudah banyak dijual. Sehingga diambil kesimpulan bahwa kita tidak perlu repot lagi mengolahnya sendiri. Produk biasanya berbentuk kapsul dan softgel yang disesuaikan dengan selera anda.

==> Baca Juga : 16 Khasiat Bunga Nusa Indah Putih Untuk Kesehatan

Demikianlah ulasan singkat mengenai 12 Khasiat Bunga Oenothera Untuk Kesehatan. Semoga bisa membantu dan berguna bagi yang membutuhkan. Jangan lupa dishare ya...! Terima kasih!

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel