16 Khasiat Rumput Kebar Untuk Kesehatan

Khasiat Rumput Kebar sudah tidak asing lagi ditelinga kita. Efek farmakologis yang dimiliki sangatlah baik untuk menjaga kesehatan tubuh dan juga bisa menyembuhkan berbagai jenis penyakit. Beberapa kalangan masyarakat mempercayai bahwa tanaman ini sangat cocok untuk menyuburkan kandungan (kehamilan) dan kabaikan lainnya ialah untuk mengobati luka, radang, malaria, tukak lambung, serta demam. Nah pada kesempatan kali ini disini kami akan mencoba untuk memberikan informasi terkait dengan manfaat rumput kebar, siapa tahu ada yang butuh.

16 Khasiat Rumput Kebar Untuk Kesehatan

Rumput Kebar (Nama latin : Biophytum petersianum) adalah sejenis tanamn yang tergolong dalam klasifikasi keluarga Oxalidaceae. Penyebaran tanaman ini sangat luas dan banyak ditemukan pada daerah-daerah seperti Papua Barat dan beberapa pulau di Indonesia kecuali Sumatera dan Kalimantan. Rumput ini menjadi salah satu sumber ekonomi karena memang menjadi salah satu bahan produk pada berbagai produsen jamu tradisional.


Habitat rumput yang berbentuk semak perdu kecil ini bisa tumbuh dengan baik pada lokasi yang mempunyai ketinggian 500-600 diatas permukaan laut. Hidup dalam keadaan tanah beriklim basah dan banyak ditemukan pada daerah kebar tengah dan kebar timur.

Apa saja kandungan senyawa pada rumput kebar?
Menurut dari yang kami rangkum dari Wikipedia, terdapat sekitar 17 zat asam amino yang mampu meningkatkan kesehatan reproduksi wanita sehingga boleh dibilang bisa digunakan sebagai penyubur kandungan. Hal ini karena rumput kebar bisa menjaga kemapuan reproduksi dan fertilitas. Dan kandungan lainnya yang terdapat pada rumput kebar diantaranya alkaloid, flavonoid, saponin, triterpenoid, glikosida, Vitamin E, B12, C, B6, asam aspartat, glutamat, glisin, serin, histidin, arginin, valin, tirosin, femil alanin, leusin, dan lysin.

16 Khasiat Rumput Kebar Untuk Kesehatan :
  1. Meningkatkan kesuburan kandungan khususnya bagi pasutri yang ingin cepat punya momongan.
  2. Kaya antioksidan yang menjaga tubuh dari serangan radikal bebas dan menjaga sistem imun tubuh.
  3. Meningkatkan kualitas sperma bagi kalangan pria.
  4. Mencegah keguguran jika dikonsumsi oleh ibu hamil.
  5. Menjaga kesehatan dinding rahim.
  6. Menormalkan siklus datangnya haid bagi wanita yang mempunyai gangguan mengenai menstruasi.
  7. Menjaga dan mengembalikan stamina serta tenaga.
  8. Meringankan gejala sariawan seperti bibir pecah-pecah, dll.
  9. Ampuh untuk mengeluarkan dan menawarkan racun dalam tubuh khususnya yang disebabkan oleh gigitan atau sengatan hewan.
  10. Bersifat antipiretik yang berkemampuan untuk menurunkan demam.
  11. Menghilangkan nyeri pada tulang dan persendian.
  12. Obat pencagah (cuci perut alami) untuk anak-anak.
  13. Obat herbal untuk menyembuhkan malaria.
  14. Mempercepat penyembuhan luka.
  15. Bersifat anti-inflamasi yang berguna untuk mengobati peradangan.
  16. Mengatasi tukak lambung.
Bagaimana resep dan cara menggunakan rumput kebar sebagai obat?
Sebenarnya sangat mudah sekali. Cukup merebus keseluruhan bagian tanaman dengan air secukupnya. Kemudian air rebusan tersebut bisa diminum secara rutin 2x sehari dalam masa pengobatan dan bisa juga secara rutin 1 minggu sekali untuk perawatan.


Demikianlah artikel singkat mengenai 16 Khasiat Rumput Kebar Untuk Kesehatan. Semoga bisa membantu dan berguna bagi yang membutuhkan. Jangan lupa dishare ya...! Terima kasih!

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel