Khasiat Bunga Mrambos Untuk Kesehatan

Khasiat Mrambos boleh dibilang masih sedikit yang tahu. Karena dibalik kecantikan warna yang terdapat pada bunga menjadikan banyak orang yang tidak paham akan khasiat yang tersimpan didalamnya. Sehingga sedikit pemikiran yang menganggap bahwa bunga ini juga mempunyai efek farmakologi yang sangat baik untuk kesehatan tubuh. Nah, demi menambah sedikit pengetahuan akan dunia pengobatan herbal. Kali ini kami akan mencoba untuk memberikan sedikit rangkuman yang terkait dengan tanaman kembang mrambos.
Khasiat Bunga Mrambos Untuk Kesehatan

Mrambos (Nama latin : Hibiscus radiatus) adalah sejenis tanaman berbunga yang tergolong dalam suku Malvaceae. Pohon bunga berkayu bentuk perdu ini mempunyai banyak sekali cabang dan sering juga dijadikan tanaman obat dikalangan masyarakat Indonesia. Beberapa nama lokal dari tanaman ini dikenal dengan kasturi kokotu dan juga mrambos abang.

==> Lihat Juga : 15 Khasiat Mesona Atau Cincau Hitam Untuk Kesehatan

Ciri dan deskripsi tanaman bisa dikenali dengan bentuk tanaman perdu kecil dengan ketinggian batang berkisar antara 50cm hingga 2m. Mempunyai banyak cabang dengan warna pepagan hijau keunguan. Daun warna hijau berjari 5, bunga berbentuk terompet sama halnya dengan bunga sepatu Buah kotak dengan warna merah sedikit cokelat dan berbiji bentuk ginjal.

Apa saja kandungan senyawa alami pada kembang mrambos?
Sebenarnya kandungan ini tidak beda jauh dengan jenis tanaman obat yang lain. Beberapa senyawa yang terdapat pada mrambos berupa flavonoid, tanin, pektin, asam sitrat, gula dan zat warna. Dari zat inilah diperoleh beberapa kebaikan yang menjadikan tubuh kita lebih sehat.

Bagaimana cara menggunakan mrambos sebagai obat? Adakah resep cara pembuatannya?
Nah, jika dikutip dari beberapa sumber, daun dari bunga ini mempunyai kemampuan sebagai peluruh kencing atau melancarkan saluran kencing. Dari sini bisa kita gunakan untuk menyehatkan organ ginjal yang juga terkait dalam pencegahan batu ginjal (kencing batu). Untuk membuat, cukup sediakan daun mrambos secukupnya kemudian direbus dengan air hingga mendidih. Minum 2x sehari hingga hasil benar-benar terasa.

==> Baca Juga : 10 Khasiat Bunga Mondokaki Untuk Kesehatan

Demikianlah artikel singkat mengenai Khasiat Bunga Mrambos Untuk Kesehatan. Semoga bisa membantu dan berguna bagi yang membutuhkan. Jangan lupa sharenya...! Terima kasih!

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel