Khasiat Pule Pandak Untuk Kesehatan

Khasiat Pule Pandak sangat ampuh untuk menyembuhkan beberapa jenis penyakit diantaranya sakit kepala, vertigo, hipertensi, bisul, epilepsi dan lain sebagainya. Karena menumpuknya kebaikan tersebut, tidak heran jika tanaman ini sering dijadikan salah satu alternatif pengobatan herbal yang kegunaannya tidak kalah dengan jenis obat herbal lainnya. Nah untuk sekedar menambah wawasan serta pengetahuan mengenai tanaman obat, berikut ini kami sudah merangkum mengenai apa itu pule pandak serta fungsinya bagi kesehatan tubuh.

Khasiat Pule Pandak Untuk Kesehatan

Pule Pandak (Nama Latin : Rauvolfia serpentina L.) adalah sejenis tanaman berbunga dari suku Apocynaceae. Penyebarannya cukup luas, tumbuhan obat ini juga banyak terdapat pada negara-negara tetangga seperti India, Myanmar, Malaysia, dan Thailand. Untuk jaman sekarang, pule pandak juga sudah termasuk salah satu bahan yang dijadikan salah satu bahan dalam pembuatan obat (industri obat). Ditemukan beberapa olahan obat jadi seperti kapsul, bubuk, dan berupa cair.


Ciri dan deskripsi tanaman bisa dikenali dengan melihat pohon yang tumbuh tegak perdu mencapai ketinggian 1m. Mempunyai batang silindris dan juga percabangan. Cabang tersebut berwarna cokelat abu-abu yang akan mengeluarkan cairan atau getah jernih jika dipotong atau dipatahkan. Tidak heran jika tanaman ini banyak ditemukan dipekarangan, ladang, dan juga hutan. Karena selain tumbuh liar, pule pandak juga dibudidaya sebagai salah satu apotik hidup. Sedangkan bunga majemuk dengan bentuk payung terletak pada ketiak daun atau juga terletak pada ujung ranting.

Apa saja kandungan senyawa kimia alami pada pule pandak?
Jika dilansir dari beberapa sumber, tanaman ini mempunyai zat yang tidak berbeda dengan tanaman obat lainnya. Beberapa senyawa tersebut diantaranya berupa alkaloid, saponin, dan juga tanin. Sedangkan maksimalnya kandungan alkaloid tergantung dengan habitat hidup pule pandak. Seperti memperhatikan curah hujan, keadaan tanah, temperatur atau suhu dan kecukupan cahaya.

Khasiat Pule Pandak Untuk Kesehatan :
  1. Bersifat Anti-Hipertensi yang berkemampuan untuk mengontrol tekanan darah sehingga sirkulasinya menjadi lebih lancar. Terkait dengan penyembuhan tekanan darah tinggi.
  2. Bersifat Anti-Inflamasi yang berguna untuk menyembuhkan radang khususnya empedu.
  3. Bersifat Analgesik yang ampuh untuk mengurangi nyeri pada sakit kepala.
  4. Mengurangi efek atau gejala vertigo.
  5. Terapi herbal untuk mengurangi gejala insomnia atau susah tidur.
  6. Mempercepat penuaan dan penyembuhan bisul.
  7. Mengobati luka akibat gigitan ular atau sengatan kalajengking.
  8. Obat herbal untuk epilepsi yang juga terkait sebagai pencegah stoke, cedera otak,dll.
==> Baca Juga : Khasiat Bunga Portulaka Untuk Kesehatan

Demikianlah artikel singkat mengenai Khasiat Pule Pandak Untuk Kesehatan. Semoga bisa membantu dan berguna bagi yang membutuhkan. Jangan lupa di share agar pengetahuan ini menjadi lebih bermanfaat untuk yang lain. Klik share dibawah!

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel