Khasiat Tanaman Mara Untuk Kesehatan

Khasiat Mara mungkin sudah umum bagi kalangan masyarakat tertentu, karena selain mudah didapat, tanaman ini juga sering dipakai untuk salah satu bahan perabot seperti pembuatan rumah dan lain sebagainya. Beberapa manfaat mara untuk kesehatan dipercaya cukup ampuh untuk mengatasi berak darah, keracunan, dan juga menurunkan demam. Nah, bagi yang belum tahu betul apa itu pohon mara, berikut ini kami akan merangkum sedikit keterangan yang membahas mengenai fungsi dan kegunaan mara bagi kehidupan sehari-hari.

Khasiat Tanaman Mara Untuk Kesehatan

Mara (Nama Latin : Macaranga tanarius L.) adalah jenis tanaman asli Indonesia yang sangat familiar dan sering digunakan sebagai bahan pembuatan papan, obat tradisional dan juga kayu bakar. Beberapa nama lokal (nama daerah) dari mara sering dikenal dengan madau, same, totop lakek, karahan, tutup, lingkobong, dahan, hanuwa, hinan, lama dan singkobong.

Lihat Juga : 11 Khasiat Lenglengan Untuk Kesehatan

Ciri dan deskripsi tanaman mara terletak ada batangnya yang berukuran sedang, mempunyai ketinggian hingga 10m. Daun tunggal berseling, bunga berwarna hijau kekuningan, sedangkan buah kotak dengan biji berwarna hitam. Persebaran tanaman ini hampir ditemukan pada seluruh wilayah Indonesia.

Khasiat Tanaman Mara Untuk Kesehatan :
  1. Bersifat anti-piretik yang ampuh dalam menurunkan demam.
  2. Menyembuhkan berak yang diserta darah.
  3. Menyembuhkan keracunan, dalam hal ini berfungsi sebagai penetral racun dalam tubuh.
Selain sifat farmakologis diatas, dalam keseharian tanaman ini juga dimanfaatkan sebagai penyamak jala sehingga bisa lebih awet serta tahan lama. Kebaikan lainnya juga bisa digunakan untuk pewarna alami pada tikar, dan juga untuk perekat.

Baca Juga : 17 Khasiat Tanaman Malapari Untuk Kesehatan

Demikianlah artikel singkat mengenai Khasiat Tanaman Mara Untuk Kesehatan. Semoga bisa membantu dan berguna bagi yang membutuhkan. Untuk info lebih lanjut bisa membaca artikel kami yang lain dengan melihat related post dibawah. Terima kasih!

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel