10 Khasiat Bunga Silybum Untuk Kesehatan

Khasiat Silybum mungkin sudah umum bagi beberapa kalangan. Sebab untuk jaman yang sudah serba canggih pastinya kita melihat banyak sekali produk obat yang beredar dipasaran yang salah satunya ialah sktrak dari tanaman silybum ini. Nah untuk sekedar menambah wawasan serta pengetahuan mengenai tanaman obat yang ada pada lingkungan sekitar, pada kesempatan kali ini kami akan mencoba untuk memberi sedikit keterangan yang membahas tentang kegunaan dan kebaikan silybum bagi kesehatan. Yuk lanjut saja membaca!

Khasiat Bunga Silybum Untuk Kesehatan

Silybum atau yang juga dikenal dengan Milk thistle ini adalah sejenis tanaman berbunga yang juga berfungsi sebagai obat herbal yang kaya akan manfaat. Tanaman ini masih tergolong dalam klasifikasi kerajaan plantae dengan keluarga Asteraceae. Milk Thistle terbagi dalam 3 spesies yang diantaranya silybum eburnium, silybum marianum, dan silybum x gonzaloi.


Ciri dan deskripsi tanaman bisa dikenali dengan melihat batang yang mencapai ketinggian 1,5m. Hidup dengan baik pada Negara beriklim sedang dan tropis. Diduga berasal dari Eropa dan Rusia Selatan, namun bunga ini juga bisa ditemukan pada Asia dan Afrika. Ciri lainnya ialah terletak pada daun yang berukuran lebar warna hijau dan putih, serta tepi daun bergerigi. Sedangkan bunga berwarna ungu bulat yang membentuk biji. Dari bunga inilah diperoleh kegunaan sebagai obat.

10 Khasiat Bunga Silybum Untuk Kesehatan :
  1. Bertindak sebagai antioksidan yang baik untuk menangkal radikal bebas dan menjaga sistem imun atau daya tahan tubuh terhadap serangan penyakit.
  2. Mencegah dan mengatasi gangguan pada organ hati seperti hepatitis dan lain-lainnya.
  3. Membantu menetralkan racun dalam tubuh.
  4. Bersifat anti-kanker yang berfungsi untuk mencegah pertumbuhan sel kanker dan tumor dalam tubuh.
  5. Obat diet alami yang membantu mencerna lemak berlebih dan mengurangi obesitas.
  6. Mengurangi depresi dan gangguan pada pikiran.
  7. Mengatasi gangguan pada kantong empedu.
  8. Mencegah terjadinya alergi khususnya pada kulit.
  9. Mencegah penyakit yang terkait dengan gangguan jantung seperti stroke, dll.
  10. Mengurangi gejala menupouse dan kerusakan pada kulit.
Untuk penggunaan, mungkin bisa dengan merebus bunga secukupnya. Atau kalau ingin lebih aman, mungkin bisa membeli kapsul hasil esktrak yang bisa didapat pada apotik terdekat.

==> Baca Juga : 8 Khasiat Tanaman Sig-sag Untuk Kesehatan

Demikianlah artikel singkat mengenai 10 Khasiat Bunga Silybum Untuk Kesehatan. Semoga bisa membantu dan berguna bagi yang membutuhkan. Jangan lupa dishare ya...! Terima kasih!

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel