13 Khasiat Daun Pecah Beling Untuk Kesehatan

Khasiat Daun Pecah Beling mungkin sudah umum bagi beberapa kalangan masyarakat. Hal ini karena banyak sekali kandungan senyawa alami yang mendukung kebaikan dari tanaman yang tergolong dalam jenis pagar hidup ini. Diantara manfaat daun pecah beling ialah untuk ambeien, hepatitis, diabetes, diare dan masih banyak lagi yang lainnya. Maka dari itu, untuk sekedar menambah wawasan mengenai tanaman obat, pada kesempatan kali ini kami akan mencoba untuk merangkum sedikit informasi terkait dengan kandungan dan manfaat daun pecah beling bagi kesehatan. Berikut rinciannya!

Khasiat Daun Pecah Beling Untuk Kesehatan

Pecah Beling (Nama Latin : Strobilanthes crispus L.) adalah sejenis tanaman pagar yang bisa didapat dengan mudah pada lingkungan sekitar. Nama lokal dari tanaman ini juga sering disebut dengan keji beling. Habitat hidup baik di daerah tropis karena berasal dari Madagaskar tak terkecuali juga di Indonesia. Klasifikasi masih dalam kerajaan plantae dan satu keluarga dengan Acanthaceae.


Ciri dan deskripsi tanaman bisa dikenali dengan melihat batang yang tumbuh perdu. Berbatang bulat dengan pepagan warna abu-abu, terdapat ruas dan mempunyai banyak cabang. Ketinggian batang rata-rata mencapai hingga 2m. Daun hijau dengan permukaan licin dan mengkilap serta bergerigi pada bagian pinggir daun. Sedangkan bunga menyerupai corong berbentuk gelondong dengan biji kecil warna cokelat. Untuk ciri sepintas, silahkan cek lampiran yang sudah kami sediakan diatas.

Apa saja Kandungan senyawa pada daun pecah beling?
Jika dilansir dan dirangkum dari berbagai sumber, ditemukan zat kimia alami yang diantaranya berupa Ferum, Fosfor, Glikosida, Kalium, Kalsium, Natrium, Vitamin C, B1, Vit. B2, dan tanin. Nah dari kandungan inilah diperoleh manfaat yang cukup baik bagi kesehatan tubuh kita.

13 Khasiat Daun Pecah Beling Untuk Kesehatan

#1. Kaya Akan Antioksidan
Bagi sebagian orang mungkin sudah paham akan fungsi dan kegunaan zat yang satu ini. Antioksidan berperan penting dalam menguatkan sistem imun dan juga menangkal radikal bebas dalam tubuh. Dengan kata lain tubuh akan lebih kebal terhadap serangan penyakit.

#2. Meringankan Gejala Wasir
Jika anda termasuk penderita ambeien, mungkin daun pecah beling bisa jadi salah satu alternatif yang bisa diterapkan. Dengan berbagai kandungan nutrisi dan senyawa alami yang lengkap, menjadikan daun ini cukup ampuh untuk mengatasi gejala wasir.

#3. Menurukan Kolesterol Darah
Pada kondisi tertentu terdapat pula jenis penyakit yang menyerang tubuh khususnya pada aliran darah. Hal tersebut dikenal dengan sebutan kolesterol (lemak darah) yang berkemungkinan untuk menghambat penyaluran oksigen dan sari makanan pada seluruh tubuh. Penyakit ini bisa menyebabkan dampak buruk bagi kesehatan bila tidak segera ditangani.

#4. Menghilangkan Gatal Kulit
Ramuan dari daun pecah beling juga berkemampuan untuk mengurangi rasa gatal pada kulit. Terutama gatal yang disebabkan oleh serangga. Entah itu gigitan nyamuk atau jenis serangga lainnya.

#5. Mengehentikan Diare
Gangguan kesehatan ini terjadi pada sistem penceranaan yang disebabkan oleh banyak faktor. Entah itu karena kondisi tubuh kurang fit atau bisa juga karena jenis makanan yang dikonsumsi sehingga menjadikan feses terasa encer. Selain menggunakan daun pecah beling, anda bisa mengatasi murus ini dengan daun jambu biji.

#6. Mengobati Kanker
Sebagai sumber antioksidan yang mampu menangkal radikal bebas, daun pecah beling juga berfungsi untuk menyembuhkan kanker pada tubuh. Obat herbal ini terbukti manjur khususnya untuk leukimia atau kanker darah.

#7. Mengntrol Kadar Gula Darah
Seiring dengan usia bertambah, pola makan yang sehat sering terbengkalai sehingga memicu pula adanya gangguan pada gula darah. Hal ini sudah banyak terjadi dan sudah sangat umum kalau kalangan lansia menderita penyakit diabetes. Bagaimana cara menghindari kelebihan gula tersebut? Tentu anda harus mengurangi konsumsi gula serta mencoba untuk menerapkan pola hidup sehat, lebih rajin berolahraga dan menggunakan ramuan alami alternatif untuk melakukan pencegahan.

#8. Mencegah Osteoporosis
Hal ini didapat dari kandungan kalsium dan juga fosfor yang terdapat pada daun pecah beling. Dengan begitu kepadatan tulang dan gigi akan lebih terjaga. Dengan kata lain anda akan terhindar dari masalah pengeroposan tulang (osteoporosis).

#9. Mengatasi Masalah Lambung
Tidak sedikit dari kalangan orang yang mengeluh akan penyakit maag. Hal ini dikarenakan tidak terkontrolnya kadar keasaman lambung sehingga sering terjadi nyeri, malas makan, mual dan lain sebagainya. Kondisi ini sangat tidak baik bagi kesehatan. Jadi ada baiknya jika anda lebih teratur makan dan mengkonsumsi ramuan herbal.

#10. Melancarkan Sistem Pencernaan
Khasiat ini sangat terkait dengan kesehatan sistem pencernaan. Dari mulai lambung, usus, hingga ke proses pembuangan kotoran. Dalam hal ini sistem pencernaan anda akan lebih lancar serta mencegah terjadinya sembelit (susah BAB).

Selain dari ke-10 manfaat daun pecah beling yang sudah kami sebutkan diatas. Terdapat pula khasiat lain yang diantaranya :
  1. Obat herbal yang mampu menghentikan disentri (feses berlendir) secara alami.
  2. Mengatasi kencing batu karena mampu menghancurkan batu ginjal.
  3. Mengobati penyakit liver (hepatitis) atau dikenal juga dengan penyakit kuning.

Bagaimana Resep dan cara menggunakan daun pecah beling untuk obat?
Sebenarnya tidaklah sulit untuk membuat ramuan dari tanaman pecah beling ini. Cukup dengan merebus daun dengan air secukupnya kemudian air rebusan tersebut bisa diminum. Atau juga bisa dengan menggosokkan pada kulit jika untuk penggunaan luar.


Demikianlah artikel mengenai 13 Khasiat Daun Pecah Beling Untuk Kesehatan. Semoga bisa membantu! Jangan lupa di share ya...! Terima kasih!

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel