13 Khasiat Daun Pecah Beling Untuk Kesehatan

Khasiat Daun Pecah Beling mungkin sudah umum bagi beberapa kalangan masyarakat. Hal ini karena banyak sekali kandungan senyawa alami yang mendukung kebaikan dari tanaman yang tergolong dalam jenis pagar hidup ini. Diantara manfaat daun pecah beling ialah untuk ambeien, hepatitis, diabetes, diare dan masih banyak lagi yang lainnya. Maka dari itu, untuk sekedar menambah wawasan mengenai tanaman obat, pada kesempatan kali ini kami akan mencoba untuk merangkum sedikit informasi terkait dengan kandungan dan manfaat daun pecah beling bagi kesehatan. Berikut rinciannya!

Khasiat Daun Pecah Beling Untuk Kesehatan

Pecah Beling (Nama Latin : Strobilanthes crispus L.) adalah sejenis tanaman pagar yang bisa didapat dengan mudah pada lingkungan sekitar. Nama lokal dari tanaman ini juga sering disebut dengan keji beling. Habitat hidup baik di daerah tropis karena berasal dari Madagaskar tak terkecuali juga di Indonesia. Klasifikasi masih dalam kerajaan plantae dan satu keluarga dengan Acanthaceae.


Ciri dan deskripsi tanaman bisa dikenali dengan melihat batang yang tumbuh perdu. Berbatang bulat dengan pepagan warna abu-abu, terdapat ruas dan mempunyai banyak cabang. Ketinggian batang rata-rata mencapai hingga 2m. Daun hijau dengan permukaan licin dan mengkilap serta bergerigi pada bagian pinggir daun. Sedangkan bunga menyerupai corong berbentuk gelondong dengan biji kecil warna cokelat. Untuk ciri sepintas, silahkan cek lampiran yang sudah kami sediakan diatas.

Apa saja Kandungan senyawa pada daun pecah beling?
Jika dilansir dan dirangkum dari berbagai sumber, ditemukan zat kimia alami yang diantaranya berupa Ferum, Fosfor, Glikosida, Kalium, Kalsium, Natrium, Vitamin C, B1, Vit. B2, dan tanin. Nah dari kandungan inilah diperoleh manfaat yang cukup baik bagi kesehatan tubuh kita.

13 Khasiat Daun Pecah Beling Untuk Kesehatan :
  1. Kaya akan antioksidan yang ampuh untuk menangkal radikal bebas.
  2. Menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah.
  3. Obat herbal untuk menyembuhkan kanker darah (Leukimia).
  4. Menurunkan kadar gula yang baik untuk menyembuhkan diabetes Mellitus.
  5. Menyembuhkan wasir atau ambeien..
  6. Melancarkan sistem pencernaan yang membantu dalam mengatasi sembelit (susah BAB).
  7. Menghentikan murus atau diare.
  8. Mengobati penyakit lever atau penyakit kuning (Hepatitis).
  9. Mengatasi maag atau masalah lambung.
  10. Menghancurkan batu ginjal atau yang lebih dikenal dengan kencing batu.
  11. Obat alami untuk disentri (Feses berlendir).
  12. Menjaga kesehatan dan kepadatan tulang sehingga tidak mudah keropos (Osteoporosis).
  13. Mengatasi gatal karena gigitan serangga.
Bagaimana Resep dan cara menggunakan daun pecah beling untuk obat?
Sebenarnya tidaklah sulit untuk membuat ramuan dari tanaman pecah beling ini. Cukup dengan merebus daun dengan air secukupnya kemudian air rebusan tersebut bisa diminum. Atau juga bisa dengan menggosokkan pada kulit jika untuk penggunaan luar.


Demikianlah artikel mengenai 13 Khasiat Daun Pecah Beling Untuk Kesehatan. Semoga bisa membantu! Jangan lupa di share ya...! Terima kasih!

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *