17 Khasiat Dan Manfaat Air Kelapa Untuk Dunia Kesehatan Serta Kecantikan

Apa Khasiat Air Kelapa? mungkin pertanyaan ini muncul dari benak anda. Sangat tidak heran, sebab air dari buah ini sering kita jumpai pada tempat-tempat umum yang menyediakan minuman penyegar. Sedikit mengupas mengenai kelapa, buah ini dikenal dengan pokok seribu guna yang tidak hanya digunakan pada bagian buahnya saja. Melainkan dari batang, daun dan lidinya dijadikan bahan kebutuhan sehari-hari. Beberapa manfaat air kelapa sangat dikenal sebagai pengganti cairan atau ion tubuh yang hilang saat berkeringat. Intinya tubuh tidak akan mudah dehidrasi atau kekurangan cairan yang habis akibat melakukan kegiatan sehari-hari. Namun apa ada lagi fungsi dan kegunaan lain dari air kelapa? Mungkin rangkuman singkat dibawah ini bisa menjawab semua pertanyaan yang sudah anda lontarkan diatas.

17 Khasiat Dan Manfaat Air Kelapa Untuk Dunia Kesehatan Serta Kecantikan

Air kelapa merupakan salah satu jenis minuman yang paling banyak jadi favorit. Kenapa demikian? Rasanya yang manis dan segar secara alami, menjadikan air dari buah ini tidak menyebabkan rasa eneg jika dikonsumsi berlebihan. Dibalik kelebihan tersebut, ada juga kandungan gizi yang mendukung adanya khasiat baik bagi tubuh sehingga menjadi lebih segar dan mencegah terjadinya dehidrasi. Manfaat lainnya juga cukup baik untuk ibu hamil, menyusui, dan menjaga kesehatan kulit serta sistem pencernaan tubuh. Adapun manfaat tersebut didapat karena air kelapa mengandung senyawa yang terkait dengan beberapa isotonik dan vitamin serta mineral yang dibutuhkan oleh tubuh dalam melakukan kinerjanya.


Apa saja kandungan Air pada buah kelapa?
Jika dilansir dan dirangkum dari berbagai sumber, buah kelapa mempunyai nilai gizi berupa Asam folat, Asam Nikotinat, Asam Pantothenat, biotin, riboflavin Protein (alanin, arginin, asam aspartat, asam glutamat, histidin, fenilalanin, tirosin), Vitamin B6, dan vitamin c. Nah, dari kandungan inilah diperoleh jutaan manfaat yang bisa didapat oleh tubuh khususnya bagi dunia kesehatan maupun kecantikan.

Berikut 17 Khasiat Dan Manfaat Air Kelapa Untuk Dunia Kesehatan Serta Kecantikan :
  1. Mencegah dan menghilangkan dehidrasi. Perlu diketahui, dehidrasi bisa disebabkan oleh banyak faktor yang salah satunya ialah terlalu banyak mengeluarkan keringat, diare, puasa, atau penyakit lain yang terkait. Dengan begitu, meminum air kelapa bisa mengembalikan cairan tubuh yang hilang.
  2. Mencegah terjadinya penumpukan lemak atau juga obesitas (kelebihan berat badan). Sebab air kelapa minim dengan kalori dan juga lemak. Sehingga secara tidak langsung bisa mengurangi berat badan dan menjaga tubuh tetap langsing.
  3. Mencegah diabetes (kencing manis). Manfaat ini terkait dengan rendahnya kalori yang menjadikan tubuh bisa mengontrol kadar gula darah.
  4. Menjaga kesehatan jaringan kulit yang berimbas pada penundaan kerusakan pada sel kulit. Jadi diambil kesimpulan, air kelapa juga bisa mencegah penuaan dini seperti pengeriputan, penyeimbangan PH kulit, dan menjaga kelembapan kulit secara merata.
  5. Menjaga kesehatan sistem pencernaan dari radang dan tingkat keasaman. Manfaat ini didapat karena terdapat kandungan asam laurat yang berfungsi sebagai pencegah terjadinya gangguan pada sistem pencernaan.
  6. Meningkatkan sistem imun atau daya tahan tubuh terhadp serangan penyakit. Baik untuk menjaga tubuh tetap kuat dan tidak mudah sakit.
  7. Kaya akan antioksidan yang bermanfaat sebagai penangkal radikal bebas seperti polusi, dan lain sebagainya. Terkait dengan sistem imun, antioksidan juga ampuh untuk menjaga tubuh tetap bekerja secara optimal.
  8. Bersifat mendinginkan dan memberikan efek segar pada tubuh. Jika dikutip secara ringkas, air kelapa berguna untuk mengontrol suhu tubuh.
  9. Mencegah terjadinya pembentukan batu ginjal serta juga menghancurkan kencing batu. Sebab kandungan kalium didalamnya berperan sebagai pemroses alkali urine sehingga melarutkan batu ginjal.
  10. Menjaga kekuatan kuku dan tulang sehingga tidak mudah patah dan rusak. Baik bagi anda yang memperhatikan kecantikan kuku, entah itu kuku kaki maupun tangan.
  11. Mencegah dan menanggulangi terjadinya kerontokan rambut. Manfaat air kelapa ini baik untuk menjaga rambut tetap kuat sehingga tidak mudah patah dan bercabang.
  12. Baik untuk ibu hamil yang membantu dalam memenuhi kebutuhan vitamin C dan asam folat. Selain itu juga berperan penting dalam mengurangi rasa mual dan keinginan muntah.
  13. Menjaga sirkulasi atau sistem peradaran darah. Terkait dengan pencegahan tekanan darah tinggi (hipertensi).
  14. Membersihkan toksin atau racun dalam tubuh. Jadi tidak heran jika kebanyakan orang yang mengalami keracunan diberi air kelapa. Hal ini karena air kelapa bisa mengeluarkan dan menetralkan racun dalam tubuh.
  15. Meredakan dan mengurangi rasa lelah, letih dan lesu. Baik dikonsumsi oleh anda yang beraktifitas berat (pekerja berat) guna mengembalikan stamina tubuh.
  16. Mencegah terjadinya infeksi pada saluran kemih. Karena selain bersifat diuretik, air kelapa kaya akan manfaat yang berhubungan dengan sistem metabolisme tubuh seperti pencernaan dan saluran kencing.
  17. Membesihkan dan menyembuhkan jerawat pada wajah dengan cepat.
Meski terdapat berjuta kegunaan, air kelapa harus dikonsumsi sesuai takaran atau anjuran dari dokter jika yang membutuhkan adalah kalangan anak-anak (balita). Sehingga tidak terjadi hal-hal yang tidak dinginkan. Sebab apa saja yang dilakukan secara berlebihan sangatlah tidak baik bagi tubuh kita. Pada orang dewasa, dianjurkan tidak melebihi kapasitas. maksimum bisa meminum 2 gelas perhari. Jika pada bayi, alangkah baiknya jika dikonsultasikan terlebih dahulu dengan dokter atau yang sudah ahli.


Demikianlah artikel singkat mengenai 17 Khasiat Dan Manfaat Air Kelapa Untuk Dunia Kesehatan Serta Kecantikan. Semoga bisa membantu dan memberi referensi bagi yang membutuhkan. Jangan lupa dishare ya jika postingan ini bermanfaat!

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel