17 Khasiat Daun Kentut Untuk Kesehatan Dan Pengobatan Herbal

Khasiat Daun Kentut dipercaya sangat ampuh dalam mengatasi perut kembung, rematik, bengkak, mengeluarkan racun dalam tubuh, dan juga bisa menambah selera makan jika dikonsumsi sebagai sayur. Namun tidak hanya itu saja, jika digunakan dan diolah secara tepat, daun kentutan ini juga berfungsi sangat baik sebagai obat herbal yang dijadikan ramuan yaitu jamu tradisional. Hal ini karena terdapat banyak sekali kandungan senyawa kimia alami yang tentunya baik dalam menunjang beberapa kinerja organ tubuh sehingga bisa lebih maksimal, sehat dan tercegah dari beberapa jenis penyakit.

Khasiat Daun Kentut Untuk Kesehatan Dan Pengobatan Herbal

Daun Kentut (Nama Latin : Paederia Scandens) adalah sejenis tanaman liar yang dapat tumbuh di pagar-pagar atau disemak yang habitat terdapat pada semua wilayah khususnya yang cukup akan air (mempunyai tanah lembab). Sedangkan hidupnya menjalar pada media yang terdapat pada sekitarnya, biasanya juga merambat pada pohon di pinggir tempat ia tumbuh. Diberbagai daerah khususnya di Indonesia, tanaman kentut ini dikenal dengan kasembuk'en, gum siki, sembukan, dan masih banyak lagi yang lainnya.

==> Lihat Juga : 10 Khasiat Bubuk Tokek Untuk Pengobatan Penyakit Kulit

Ciri dan deskripsi tanaman bisa dikenali dengan melihat bentuk daun dan aromanya yang hampir menyerupai bauk kentut. Oleh karena itu tidak heran jika tanaman ini disebut dengan daun kentutan. Tumbuh memanjat dengan batang berserat ukuran kecil berkulit cokelat (Hijau pada bagian yang masih muda/pucuk), sedangkan daun warna hijau dan bunga berwarna putih, pertumbuhan biasanya sangat cepat pada musim penghujan dan untuk ciri sepintas, silahkan cek lampiran gambar yang sudah kami sediakan diatas.

Apa saja sih kandungan senyawa kimia pada daun kentutan?
Jika dilansir dari berbagai sumber, ditemukan zat berupa Asperuloside, deacetylasperuloside, scandoside, paederosid, paederosidic acid dan gama-sitosterol, arbutin, oleanolic acid dan minyak menguap. Nah, dari kandungan inilah diperoleh jutaan khasiat yang membantu dalam menjaga kesehatan dan jga terkait pula dengan dunia kecantikan.

Untuk pemanfaatan, biasanya daun kentut dijadikan sebuah lalapan atau sayur yang sebelumnya dikukus atau dicampur dengan sayur lain sebagai bahan pembuatan botok, namun kadang juga dipadukan dengan ramuan lain untuk minuman sehat tradisional seperti jamu, dll.

17 Khasiat Daun Kentut Untuk Kesehatan Dan Pengobatan Herbal :
  1. Ampuh untuk mengatasi perut kembung karena mempunyai sifat karminatif yang berkemampuan untuk meluruhkan atau mengeluarkan angin dalam perut. Sangat cocok untuk obat sakit perut yang disebabkan oleh kembung.
  2. Mengurangi rasa nyeri karena mempunyai difat analgesik yang ampuh untuk meredam rasa sakit.
  3. Mencegah dan mengobati tekanan darah tinggi intinya baik dalam menjaga sirkulasi atau peredaran darah dalam tubuh.
  4. Penambah selera makan yang hilang, khususnya bagi anda yang masih dalam tahap pemulihan sehabis sakit.
  5. Sebagai obat terapi alami untuk menenangkan sistem syaraf dan otot.
  6. Mengatasi keseleo atau salah urat yang biasanya terjadi saat kita jatuh atau salah mijak jalan.
  7. Mengatasi sariawan serta gejala lain yang disebabkan khususnya untuk bibir pecarh-pecah dan sakit tenggorokan.
  8. Mencegah sembelit dan juga disentri karena cukup baik dalam melancarkan sistem pencernaan tubuh. Dan baik juga untuk pencegahan wasir atau ambeien.
  9. Menghentikan diare atau murus.
  10. Meluruhkan saluran kemih (diuretik) yang baik untuk melancarkan keluarnya air seni dan terkait juga untuk pencegahan kencing batu (batu ginjal), dll.
  11. Bersifat anti-inflamasi yang berfungsi untuk meredam bengkak dan radang khususnya pada indra penglihatan (Mata) dan telinga.
  12. Mengobati eksim dan gatal-gatal pada kulit.
  13. Melegakan sistem pernafasan, terkait dengan penyembuhan asma (sesak nafas) dan juga batuk.
  14. Menjaga kesehatan empedu, ginjal, dan juga usus.
  15. Mengobati caca ular atau yang juga dikenal dengan sebutan Herpes Zooster.
  16. Ampuh untuk menetralkan dan mengeluarkan racun dalam tubuh. Baik dikonsumsi oleh orang yang keracunan makanan.
  17. Bersifat menenangkan dan memberi kesan dingin pada lambung dan sistem pencernaan lainnya.

Bagaimana resep dan cara menggunakan daun kentut sebagai obat?
Dibawah ini kami sudah menyiapkan beberapa racikan sederhana dari daun kentutan yang mungkin dibutuhkan. Yuk langsung saja cek rangkuman berikut!
  • Sakit perut / kembung : Penggunaan cepat bisa menggunakan batang yang masih muda dan digunakan sebagai sabuk (tapi cara ini mungkin agak sedikit bau). Namun bisa juga dengan konsumsi, mengukus daun dan dimakan sebagai lalapan. 
  • Cacar Ular (Herpes Zooster) : Tumbuk daun dan tambahkan sedikit garam yang selanjutnya dibubuhkan pada area kulit yang ingin diobati.
  • Gatal dan Eksim : Haluskan beberapa lembar daun kemudian ditapalkan pada area kulit yang ingin disembuhkan.
  • Radang Telinga : Haluskan daun kentut dengan cara ditumbuk, tambah sedikit air, saring dan peras. Selanjutnya gunakan air tersebut sebagai obat tetes telinga.
  • Mata yang panas dan bengkak : Rebus daun kentut secukupnya dengan sedikit air hingga mendidih. Tunggu hangat kemudian bungkus dengan kain dan tempelkan pada area mata.
  • Sakit lambung yang melilit : Tumbuk daun dan tambahkan sedikit air hangat dan garam dapur. Peras kemudian minum.
  • Sariawan : Haluskan 1 genggam daun kentut, 5 ruas rimpang kunyit dan3 ruas rimpang temulawak dengan cara ditumbuk. Rebus dengan air hingga mendidih dan saring. Minum ramuan tersebut selagi hangat.

==> Baca Juga : 6 Khasiat Jamu Empot-Empot Madura Untuk Organ Kewanitaan

Nah demikianlah artikel singkat seputar 17 Khasiat Daun Kentut Untuk Kesehatan Dan Pengobatan Herbal. Semoga bisa membantu dan berguna bagi yang membutuhkan. Jangan Lupa dishare ya, caranya yaitu dengan menekan tombol share dibawah! Terima kasih!

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel