5 Khasiat Tanaman Tanjung Untuk Kesehatan

Khasiat Tanaman Tanjung sebagai obat memang kurang begitu umum dikalangan masyarakat. Sebab mereka hanya tahu bahwa buah yang dihasilkan mempunyai rasa yang begitu pekat sedikit manis ketika matang. Padahal jika dipelajari lebih lanjut, ada begitu banyak kebaikan yang bisa didapat dari pohon tanjung ini. Seperti contohnya ialah untuk menyembuhkan demam, menghentikan diare, sakit tenggorokan, pusing dan lain sebagainya. Oleh karena itu, untuk sekedar menambah wawasan dan pengetahuan mengenai tanaman obat, maka pada kesempatan kali ini disini kami akan mencoba menulis sedikit referensi terkait dengan Manfaat Tanaman Tanjung Untuk Dunia Pengobatan. Yuk lanjut saja membacanya!

5 Khasiat Tanaman Tanjung Untuk Kesehatan

Tanjung (Nama Latin : Mimusops elengi L.) Adalah tanaman perdu berbunga yang juga menghasilkan buah. Pohon ini berasal dari India, Burma, Dan Srilanka yang kemudian menyebar luas hingga juga ditemukan didaratan Indonesia yang juga memiliki iklim tropis. Di Indonesia, pohon tanjung dikenal dengan sebutan berbeda pada setiap wilayahnya. Beberapa nama lokal tersebut disebut Blincong, tanjong, tanju, angkatan, keupula cange, kahikis, kahekis, rakes, kariskis, dan juga wilaja.


Ciri dan deskripsi tanaman bisa dikenal dengan bentuk batang yang tidak rata, ketinggian mencapai rata-rata hingga 15m. Pepagan (kulit) kayu berwarna cokelat kasar. Daun tunggal berwarna hijua mengkilap pada bagian atas. Bunga berwarna putih berkelamin dua dengan aroma sangat harum. Dan buah buni dengan warna hijau bergetah pada saat muda. Dan berubah menjadi kuning kemudian merah ketika sudah matang. Biji warna hitam memanjang berkulit keras dan licin. Umumnya bunga dijadikan pengharum alami pada lemari pakaian dan rambut oleh kalangan lansia di pedesaan.

Nah, yang jadi pertanyaan disini adalah : Apa saja kandungan senyawa pada pohon tanjung?
Jika dilansir dari beberapa sumber, pepagan tanjung memiliki senyawa berupa alkaloid dan tanin, sedangkan biji yang di ekstrak akan menghasilkan beberasa asam lemak yang juga membantu dalam dunia pengobatan herbal.

Apa saja 5 Khasiat Tanaman Tanjung Untuk Kesehatan?
  1. Bersifat antipiretik yang berkemampuan untuk meredam panas (demam) cara menggunakan yaitu dengan merebus pepagan secukupnya kemudian diminum selagi hangat.
  2. Menghentikan diare atau murus pada anak-anak. Bisa dengan merebus pepagan dan juga bunganya yang kemudian air rebusan tersebut diminum 2x sehari.
  3. Menyembuhkan pusing atau sakit kepala. Resepnya yaitu dengan menghaluskan daun dengan cara ditumbuk. Kemudian tambah sedikit air dan tapalkan pada ubun-ubun atau kening sebagai pengganti kompres.
  4. Menyembuhkan sakit tenggorokan dan suara parau. Cara menggunakan yaitu dengan menyeduh akar tanjung dan mencampurkan sedikit asam cuka. Selanjutnya bisa diminum sebagai sirup.
  5. Menambah stamina atau tenaga para lelaki. Berkhasiat juga sebagai viagra alami yang ampuh untuk mengembalikan kejantanan. Cara mengugunakan yaitu rebus pepagan (kulit batang) secukupnya, tambahkan sedikit madu dan telur ayam kampung. Minum semingu sekali.
Pemanfaatan pohon tanjung tidak hanya bagi dunia kesehatan saja. Namun kayunya yang berkualitas bagus juga baik digunakan sebagai bahan mebel atau perabot rumah yang boleh dibilang tahan akan serangan rayap.


Demikianlah artikel singkat mengenai 5 Khasiat Tanaman Tanjung Untuk Kesehatan. Semoga apa yang kami tulis disini bisa berguna dan membantu bagi yang membutuhkan. Cukup sekian dan sampai jumpa pada tulisan kami selanjutnya!

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel