7 Khasiat Tanaman stemona Untuk Kesehatan

Khasiat Stemona mungkin belum familiar dikalangan masyarakat Indonesia. Padahal tanaman ini mempunyai manfaat cukup banyak bagi kesehatan tubuh. salah satu kebaikannya ialah membunuh parasit dalam tubuh seperti cacing, meredakan batuk dan masih banyak lagi yang lainnya. Maka dari itu, untuk sekedar manambah wawasan dan pengetahuan mengenai tanaman obat. Pada kesempatan kali ini kami akan mencoba untuk merangkum sedikit informasi terkait dengan fungsi akar stemona bagi kesehatan.

7 Khasiat Tanaman stemona Untuk Kesehatan

Stemona adalah sejenis tanaman berbunga yang tergolong dalam keluarga / genus stemonaceae. Jika dilihat dari klasifikasi, tanaman ini terbagi dalam 27 spesies. Dan tersebar dari daratan Australia serta Asia Tenggara, utara dan dan Asia Timur. Beberapa spesies stemona tersebut diantaranya agusta, australiana, javanica, japonica, lucida, mairei dan masih banyak lagi yang lainnya.


Stemona mempunyai kandungan senyawa berupa alkaloid yang juga terdapat racun didalamnya. Sehingga sangat tidak baik jika dikonsumsi dalam dosis tinggi. Pada umumnya herbal yang satu ini digunakan dalam dunia pengobatan cina dan dikhususkan untuk mengobati penyakit kulit. Sifat kimia mempunyai rasa manis dan sedikit pahit, dan suhu netral. Apa saja sih manfaat stemona untuk kesehatan? Berikut rinciannya!

7 Khasiat Tanaman stemona Untuk Kesehatan :
  1. Bersifat anti-parasit yang berkemampuan untuk membunuh dan mengeluarkan cacing dalam tubuh. Baik juga untuk obat cacingan alami.
  2. Bersifat antibiotik yang berkemampuan untuk membunuh kuman dan bakteri.
  3. Menyembuhkan segala jenis batuk seperti batuk rejan, batuk kering dan batuk berdahak.
  4. Melancarkan sistem pernafasan yang terkait untuk pencegahan asma (sesak nafas).
  5. Membunuh kutu (entah itu kutu rambut ataupun kutu air pada kulit).
  6. Menjaga kesehatan paru-paru dan sistem pernafasan lainnya.
  7. Merawat penyakit pertuisis.
Cara penggunaan :
Siapkan 3gr akar stemona yang sudah dikeringkan. Rebus dengan 400c air selama 20 menit dan selanjutnya bisa disaring. Minum selagi hangat.

Efek Samping :
Penggunaan yang berlebihan tentunya sangat tidak baik dan berakibat buruk bagi tubuh. Maka dari itu sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi sesuai dosis (jangan sampai dosis terlalu tinggi) takaran kebutuhan. Dampak yang mungkin dialami ialah diare, gangguan limpa, dan depresi pernafasan.


Demikianlah artikel singkat mengenai 7 Khasiat Tanaman stemona Untuk Kesehatan. Semoga bisa berguna! Jangan lupa dishare jika artikel ini membantu! Terima kasih!

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel