7 Khasiat Temu Giring Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

Khasiat Temu Giring sudah dikenal luas secara turun-temurun. Tanaman obat yang masih dalam lingkup rimpang ini baik dan banyak digunakan dalam pembuatan jamu herbal yang kaya akan kebaikan. Beberapa manfaat temu giring tersebut diantaranya dipercaya bisa menyembuhkan sakit perut, penyakit kulit seperti gatal-gatal, kudis, obesitas, dan juga baik untuk dunia kecantikan yang berperngaruh dalam menjaga kulit tetap sehat dan cantik secara alami. Oleh karena itu, pada kesempatan kali ini kami akan mencoba memberikan sedikit keterangan yang membahas seputar fungsi dan kegunaan Temu Giring Sebagai Obat.

7 Khasiat Temu Giring Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

Temu Giring (Nama Latin : Curcuma heyneana) adalah sejenis tumbuhan yang digunakan sebagai obat-obatan herbal dalam ramuan (racikan) jamu tradisional dikalangan pedesaan. Jika dilihat dari klasifikasi, temu giring ini masih satu keluarga dengan temulawak, temu ireng, lengkuas dan jenis empon-empon lainnya. Bedanya hanya pada aroma dan warna rimpang serta khasiat yang bisa didapat untuk tubuh.


Ciri dan deskripsi tanaman bisa dikenali dengan melihat batang pohonnya yang tegak. Ketinggian batang mencapai rata-rata hingga 2m. Merupakan tumbuhan tahunan yang mempunyai akar (rimpang) sedikit memanjang, sempit dan membengkok kebagian bawah. Berdaun hijau dengan ujung lancip berukuran sedikit lebar memanjang, Bunga keluar dari sampaing batang semu dan bermahkota berwarna merah. Mayoritas rimpang temu giring ini tumbuh kebawah dengan bentuk bujur sangkar. Daging rimpang menyerupai temu mangga dan mempunyai rasa pahit.

Apa saja kandungan senyawa kimia alami pada temu giring?
Jika kami lansir dari berbagai sumber. Temu giring mempunyai kandungan berupa minyak atsiri, piperazin sitrat, damar, pati, amilum, lemak, dan tanin. Dari zat inilah ditemukan khasiat yang cukup besar untuk kesehatan maupun kecantikan. Penasaran? Yuk simak rangkuman berikut!

Khasiat Temu Giring Untuk Kesehatan Dan Kecantikan :
  1. Obat herbal Cacingan yang ampuh untuk menangkal serangan cacing pita. Hal ini karena didukung adanya kandungan piperazin sitrat yang ampuh untuk mengeluarkan cacing dalam tubuh.
  2. Menjaga dan merawat sistem pencernaan khususnya lambung dan usus. Sangat baik untuk digunakan sebagai obat sakit perut karena bisa mengurangi asam lambung yang berlebih. Jika anda mengalami sakit perut yang melilit, mungkin temu giring salah satu solusinya.
  3. Mengobati penyakit kulit seperti kudis, gatal-gatal, korengan,dll.
  4. Menjaga kulit tetap halus, bersih, merona dan tetap kencang.
  5. Membantu mengurangi bau mulut dan juga bau badan berlebih.
  6. Mempercepat penyembuhan luka, khususnya yang diakibatkan oleh benturan, terjatuh atau terkena benda tajam.
  7. Menjaga tubuh tetap langsing dan mencegah terjadinya obesitas (kegemukan). Khasiat ini karena temu giring bisa melancarkan sistem pencernaan yang membantu menghambat pembentukan racun dalam kotoran.
Resep Penggunaan :
  • Cacingan : Siapkan sekitar 40gr rimpang temu giring kemudian dicuci bersih dan tumbuk kasar. Rebus dengan 200cc air hingga tersisa setengahnya. Selanjutnya bisa diminum selagi hangat dengan menambah sedikit garam dapur untuk meredam rasa pahit.
  • Luka dan Bau Badan dan penyakit kulit : Sediakan rimpang temu giring secukupnya, cuci dan haluskan serta campurkan juga sedikit tawas. Selanjutnya tinggal bubuhkan ramuan pada kulit yang ingin diobati.
  • Umum : Untuk dikonsumsi sebagai jamu tradisional, kadang temu giring dipadukan dengan bahan lain seperti temulawak, sambiloto, dan juga beras putih yang disangrai. Namun untuk lebih mudah, cukup siapkan 30gr temu giring dan 2 ruas temulawak. Cuci dan tumbuk hingga halus serta mengeluarkan air. Rebus dengan 2 gelas air hingga mendidih. Selanjutnya bisa diminum selagi hangat. Jangan lupa ditambah garam dapur secukupnya.
Sebenarnya masih banyak resep lain untuk mengolah temu giring sebagai obat, seperti contohnya jamu pahitan, jamu encok, dan penambah stamina tubuh yang hilang. Serta juga baik untuk anak yang lagi dalam masa pertumbuhan guna menjaga kesehatan secara maksimal dan tidak mudah sakit.


Demikianlah artikel singkat mengenai 7 Khasiat Temu Giring Untuk Kesehatan Dan Kecantikan. Semoga bisa membantu bagi yang membutuhkan. Jika tulisan ini dirasa berguna, jangan lupa dishare ya, caranya cukup lihat pada tombol share dibawah. Terima kasih!

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel