9 Khasiat Kemenyan (Styrax) Untuk Dunia Pengobatan

Khasiat Kemenyan (styrax) umumnya dikenal luas sebagai pelengkap sesajen. Namun siapa sangka jika getah tanaman ini juga bermanfaat untuk obat dan bisa menyembuhkan berbagai jenis penyakit. Memang sangat aneh dan mungkin tidak terpikir, namun kenyataannya berbeda. Ada kemampuan farmakologis yang berfungsi untuk mengobati penyakit seperti anti-bakter, anti-kanker, dan juga bisa menyembuhkan luka. Nah maka dari itu, pada kesempatan kali, disini kami akan merangkum sedikit keterangan yang terkait dengan kebaikan kemenyan bagi kesehatan tubuh.
9 Khasiat Kemenyan (Styrax) Untuk Dunia Pengobatan

Kemenyan (Nama Latin : Styrax L.) adalah sejenis tumbuhan perdu yang tergolong dalam anggota Stryracaceae. Penyebarannya boleh dibilang sangatlah luas, terdapat di daerah Asia Timur, Tenggara khususnya bagi Negara yang mempunyai iklim tropis. Kemenyan terbagi dalam 130 spesies yang merupakan penghasil getah yang juga befungsi sebagai obat herbal cukup ampuh sebagai anti-kanker.

==> Lihat Juga : 13 Khasiat Tanaman Simpur Untuk Kesehatan

Ciri dan deskripsi tanaman bisa dikenali dengan melihat tinggi batang yang berkisar antara 2 hingga 14m. Mempunyai daun tunggal dan berbentuk bulat berwarna hijau. Bunga menggelantung dengan mahkota berwarna putih dengan perawakan malai terbuka serta rapat dalam kuntum. Sedangkan buah bulat batu memanjang dengan daging kering.

Namun yang jadi pertanyaan disini, Apa saja sih manfaat dari kemenyan untuk obat? Nah mungkin jawaban singkat yang kami berikan dibawah ini bisa menjawab.

Dirangkum dari berbagai sumber, kami menyimpulkan ada beberapa Khasiat Kemenyan (Styrax) Untuk Dunia Pengobatan. Berikut rincian singkatnya!
  1. Bersifat anti-kanker yang berfungsi sebagai penangkal dan penghambat segala jenis kanker dan tumor dalam tubuh. entah itu kanker serviks, paru-paru, dan lain sebagainya.
  2. Bersifat sebagai anti-bakteri yang berkemampuan untuk membunuh bakteri dan kuman merugikan dalam tubuh. Baik juga untuk menangkal radikal bebas yang berbahaya untuk kesehatan.
  3. Mempercepat penyembuhan luka karena bisa mencegah terjadinya infeksi pada kulit yang terluka. Entah itu luka bakar ataupun karena terjatuh dan terkena benda tajam.
  4. Menyembuhkan sakit gigi serta mampu meredam rasa nyeri yang ditimbulkan. Baik juga untuk menghilangkan bau mulut yang disebabkan bakteri.
  5. Sebagai alternatif menambal gigi berlubang, terkait juga dengan nyeri dan sakit gigi.
  6. Bersifat anti-racun yang membantu tubuh untuk menetralkan dan mengeluarkan racun dalam tubuh.
  7. Membantu penyembuhan pilek atau flu.
  8. Mengurangi gejala asma atau sesak nafas karena baik untuk melancarkan sistem pernafasan.
  9. Sebagai obat herbal terapi bronkitis.
Manfaat Lain kemenyan :
  • Sebagai pengusir nyamuk alami.
  • Bahan pembuatan parfum.
  • dll.
Cara penggunaan :
Kemenyan umumnya sudah berbentuk minyak (jika sudah masuk dalam industri perdagangan). Dan cara menggunakannya cukuplah mudah. Cukup oleskan minyak tersebut pada area kulit yang memar atau luka. Atau juga bisa juga dengan menguapkan minyak kemenyan yang dicampur dengan air kemudian dihirup untuk menyembuhkan flu, bronkitis, dll.

==> Baca Juga : 7 Khasiat Tanaman Stemona Untuk Kesehatan

Demikianlah artikel singkat mengenai 9 Khasiat Kemenyan (Styrax) Untuk Dunia Pengobatan. Semoga bisa membantu dan berguna bagi yang membutuhkan. Sekian dan sampai jumpa pada postingan kami selanjutnya!

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel