10 Khasiat Ikan Belut Untuk Kesehatan

Khasiat Ikan Belut baik untuk semua kalangan, entah itu pria, wanita, ibu hamil, anak-anak. Hal ini karena kandungan gizi didalamya tidak kalah dengan jenis ikan lainnya. Manfaat Belut secara sepintas ialah untuk melancarkan sirkulasi darah, menjaga kesehatan mata, anemia, kenker, dan menguatkan tulang. Namun selain itu masih banyak lagi fungsi lain yang terkait dengan kesehatan. Maka dari itu, untuk menambah wawasan seputar belut, kali ini kami akan memberikan sedikit rangkuman dimana dalam artikel ini kami akan membahas dengan singkat, padat dan jelas tentang apa itu belut serta kegunaannya bagi tubuh. Berikut rinciannya.

10 Khasiat Ikan Belut Untuk Kesehatan

Belut adalah sejenis ikan yang mempunyai bentuk memanjang seperti ular. Jika dilihat dari jenisnya, ada belut listrik, belut sawah, belut sungai (sidat), dan belut mata kecil. Umumnya belut mempunyai habitat pada tanah liat atau gembur dan sering dijumpai pada perairan-perairan tropis di Indonesia. Belut merupakan jenis ikan memanjang dan tidak mempunyai tulang rusuk. Karena bentuknya itu, kadang orang merasa eneg karena hampir menyerupai ular. Padahal jika kita pelajari, belut mmepunyai kandungan nutrisi yang paling banyak dibutuhkan oleh tubuh. Salah satu ciri belut ialah : Ukuran memanjang berkisar antara 30cm hingga setengah meter lebih (tergantung ukuran dan usia belut), berkulit licin karena mempunyai lendir, bibirnya kecil memanjang serta mempunyai gigi yang lumayan tajam. Sedangkan warna kulit tergantung dimana habitat hidupnya, jika disawah bisa berwarna hijau agak kehitaman, dan jika sungai berwarna kuning agak kecokelatan pada bagian atas punggung.


Nah, Apa saja sih kandungan gizi pada belut?
Jika kami lansir dari berbagai sumber, belut mmepunyai nutrisi berupa : Kalsium, lemak, fosfor, zat besi, kalori, karbohidrat, protein, Vitamin A, Vit. B, Omega 3, Omega 6, Vitamin C, Magnesium, Asam Folat, Selenium, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Khasiat Ikan Belut Untuk Kesehatan :
  1. Mencegah Anemia. Hal ini karena terdapat kandungan zat besi dimana fungsinya cukup baik untuk mencegah tubuh kekurangan sel darah merah (hemoglobin) dan juga masalah lain terkait seperti tubuh lemah, sering pusing, dll.
  2. Melancarkan sirkulasi atau peredaran darah dalam tubuh. Manfaat ini terkait dengan zat besi dimana bisa mencegah penggumpalan darah dan juga mencegah hipertensi.
  3. Menambah dan mengembalikan stamina khususnya bagi kalangan pria yang lemah serta capek akibat kerja.
  4. Menjaga kesehatan mata serta mengembalikan kejernihan pandangan. Baik untuk mencegah rabun atau mata minus.
  5. Baik untuk ibu menyusui guna menopang kebutuhan gizi bagi janin khususnya dalam menunjang pertumbuhan bayi.
  6. Menguatkan tulang, gigi, dan juga kuku. Menopang juga pertumbuhan anak, dan mencegah terjadinya pengeroposan tulang (osteoporosis).
  7. Baik Untuk ibu hamil yang ingin menjaga dan memaksimalkan pertumbuhan janin dalam kandungan. Hal ini karena belut kaya akan asam folat dan protein dimana bisa membantu dalam meningkatkan perkembangan khususnya sistem syaraf dan otak. Belut juga dipercaya bisa mempermudah proses melahirkan.
  8. Menguatkan sistem imun dalam menjaga kesehatan sehingga tidak mudah sakit atau terserang penyakit.
  9. Menghangatkan tubuh dan juga mengatasi berbagai masalah sistem pencernaan.
  10. Menambah selera makan.
Belut juga mengandung koelsterol jahat yang berbahaya bagi tubuh jika dikonsumsi berlebihan. Jadi ada baiknya jika kita memakannya dengan wajar agar efek samping ini tidak muncul.


Demikianlah artikel mengenai 10 Khasiat Ikan Belut Untuk Kesehatan. Semoga bisa membantu dan berguna bagi anda yang membutuhkan. Jangan lupa dishare ya...! Terima kasih!

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel