12 Khasiat Daun Asam Jawa Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

Khasiat Daun Asam memang sudah umum digunakan sejak dulu kala sebagai ramuan herbal alami yang kaya akan kegunaan. Manfaat Daun Asam tersebut mencakup sebagai peluntur lemak, obat batuk, melegakan sistem pernafasan, rematik, dan masih banyak lagi yang lainnya. Oleh karena itu, untuk memperluas wawasan mengenai tanaman obat, berikut ini kami sudah merangkum beberapa rincian terkait dengan fungsi asam jawa untuk pengobatan. Apa saja khasiat asam daun asam jawa tersebut? Berikut rangkuman selengkapnya.

12 Khasiat Daun Asam Jawa Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

Asam Jawa (nama latin atau ilmiah : Tamarindus Indica L.) adalah sejenis buah yang mempunyai rasa asam dan sering dipakai sebagai rempah atau bumbu dapur dalam berbagai jenis masakan. Pada buahnya (Asam Jawa) terkandung nilai nutrisi berupa karbohidrat, asam lemak, kalsium, kalori, fosfor, Vitamin A, B, C, mineral, dan juga protein. Sedangkan pada daunnya terdapat kandungan diantaranya berupa flavonoid dan saponin dimana kedua senyawa ini berfungsi cukup baik untuk menjaga sistem imun atau daya tahan tubuh terhadap serangan berbagai jenis penyakit.


Asam Jawa sejak dulu digunakan sebagai penurun kolesterol yang baik juga untuk menjaga kesehatan jantung dan sistem pernafasan. Nah, yang jadi pertanyaan disini adalah : apa saja manfaat daun asam jawa? yuk langsung saja pada topik.

Khasiat Daun Asam Jawa Untuk Kesehatan Dan Kecantikan :
  1. Melancarkan sistem pernafasan dimana fungsi ini sangat baik untuk mengobati asma (sesak nafas). Untuk menggunakan cukup siapkan 2 tangkai daun asam jawa dan daun adas pulowaras secukupnya. Rebus dengan 5 gelas air hingga tersisa 3 gelas. Selanjutnya bisa diminum 2x sehari hingga asma yang diderita benar-benar sembuh.
  2. Bersifat anti-piretik dimana kegunaannya sangat baik untuk penurun demam alami. Cara pengolahan hampir sama persis dengan pengobatan asma, yaitu siapkan bahan berupa 1 genggam daun asam dan daun adas pulowaras secukupnya. Rebus kedua bahan dengan 3 gelas air hingga mendidih dan diminum 2x sehari sampai suhu tubuh benar-benar turun.
  3. Meringankan gejala rematik yang pengunaannya dengan cara menyiapkan 2 genggam daun dan 3 biji asam jawa. Selanjutnya tumbuk hingga halus kemudian tapalkan pada area yang dikehendaki.
  4. Menyembuhkan Batuk Kering. Bahan yang perlu disiapkan ialah 1 genggam daun asam jawa dan 1 genggam daun saga. Rebus dengan 4 gelas air hingga tersisa 1 gelas. Saring dan bisa diminum 2x sehari ketika sudah dingin.
  5. Mengobati Malaria dengan cara menjadikan daun asam jawa sebagai ramuan yang bisa diminum setiap hari. Pengolahan bisa merebus daun asam jawa dengan irisan kunyit, selanjutnya bisa diminum secara rutin agar hasil yang didapat bisa maksimal.
  6. Meringankan gejala penyakit Hepatitis B (penyakit kuning) dimana fungsinya sangat baik dalam menjaga kesehatan organ hati. Pemakaian ialah dengan merebus daun asam jawa dan diminum 2x sehari sampai hasil benar-benar dirasakan.
  7. Mengontrol kadar gula darah dimana fungsi ini sangat cocok bagi anda penderita diabetes (kencing manis).
  8. Kaya Akan antioksidan alami yang baik untuk menguatkan sistem imun dan juga menangkal radikal bebas penyebab penyakit. Hal ini mendukung daya tahan tubuh menjadi lebih kuat sehingga tidak mudah sakit.
  9. Mengatasi Sakit Gigi Dan Gusi yang berkemampuan untuk membunuh bakteri dalam mulut. Sebab dalam asam jawa juga terdapat kandungan antiseptik yang baik untuk mengatasi kuman.
  10. Bersifat anti-inflamasi yang berguna untuk mencegah radang atau pembengkakan pada tubuh.
  11. Mengurangi nyeri dan kram pada saat menstruasi (haid.datang bulan). Rebus daun asam jawa, campurkan sedikit garam dapur dan minum secara rutin.
  12. Melunturkan lemak pada tubuh, entah itu pada bagian perut, paha, lengan dan juga pipi. Sangat sesuai dengan anda yang selalu ingin tampil cantik, langsing dan tidak obesitas.
Daun asam jawa memang paling umum dijadikan jamu yang dikenal dengan sinom. Untuk membuatnya cukup menyiapkan daun asam saja secukupnya dan dipadukan dengan irisan kunyit. Bersifat mendinginkan yang memang cocok untuk panas dalam dan juga sakit tenggorokan.


Demikianlah Artikel singkat mengenai 12 Khasiat Daun Asam Jawa Untuk Kesehatan Dan Kecantikan. Semoga bisa membantu dan berguna bagi anda yang membutuhkan! Jangan lupa dishare ya..! Terima kasih!

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel