14 Khasiat Ikan Betutu Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

Khasiat Ikan Betutu mungkin masih sedikit yang tahu. Hal ini karena bentuk ikan yang kurang menarik dan tempat habitatnya yang kurang meyakinkan. Padahal jika dipelajari lebih lanjut, manfaat ikan betutu ini juga tidak kalah dengan ikan gabus, lele atau jenis ikan konsumsi lainnya. Beberapa fungsi dan kegunaan ikan betutu ini diantaranya cukup baik untuk penyembuhan luka pasca operasi, menghaluskan kulit, mengatasi patah tulang, meringankan nyeri dan masih banyak lagi yang yang lainnya. Oleh karena itu, untuk sekedar menambah wawasan seputar kandungan gizi dan manfaat ikan betutu, berikut sudah kami rangkum beberapa keterangan singkat terkait dengan kelebihan ikan betutu dibanding ikan lainnya.

Khasiat Ikan Betutu Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

Betutu (nama latin atau ilmiah : Oxyeleotris marmorata) adalah sejenis ikan air tawar yang habitat atau tempat hidupnya bisa ditemukan didanau, sungai (muara), dan juga tempat-tempat lain seperti tambak dan empang. Diberbagai daerah, ikan ini juga dikenal dengan sebutan boboso, belosoh, blusu, bakut, bakutut, ikan bodoh, gabus bodoh, ikan hantu dan masih banyak lagi yang lainnya. Kenapa disebut dengan ikan bodoh? Karena ikan betutu tergolong ikan pemalas yang memangsa makanannya hanya bila dihampiri. Boleh dibilang ikan betutu jarang bergerak dan tempat bersarang biasanya di batu-batu dan tanah liat didasar sungai.


Untuk ciri dan deskripsi, sebenarnya bisa langsung melihat cuplikan gambar diatas. Namun untuk sedikit melukiskan seperti apa keadaan sesungguhnya, betutu ini hampir sama persis dengan ikan kerapu yang kulit dan bintik-bintik pada sisiknya terdapat corak kehitaman. Sedangkan bentuknya sedikit memanjang dan ukuran tubuh hanya berkisar antara 15 hingga 30cm saja. Ikan betutu juga terbilang binatang yang aktif dimalam hari untuk mencari mangsa. Sedangkan untuk warna bisa menyesuaikan dengan tempat hidup kadang berwarna kuning agak putih, kadang juga hitam dengan bintik kuning. Mulut berukuran lebar, terdapat sirip lebar pada bagian bawah, sisik kasar dan ekornya berbentuk seperti kipas memundar.

Apa saja kandungan gizi dari ikan betutu?
Jika dilansir dan dirangkum dari beberapa sumber, betutu mempunyai kandungan nutrisi yang lumayan lengkap. Gizi ini mencakup Vitamin B Kompleks (B1, B2, Dan B6), Vitamin E, Albumin, dan yang lainnya berupa ezim serta hormon. Nah, dari kandungan inilah diperoleh jutaan khasiat yang baik untuk dunia kesehatan maupun kecantikan.

Khasiat Ikan Betutu Untuk Kesehatan Dan Kecantikan :
  1. Mengurangi Resiko terkena serangan jantung serta penyakit lain terkait seperti stroke.
  2. Menjaga kulit tetap halus dan terhindar dari kering, mengelupas, dan garis halus.
  3. Mempunyai kemampuan untuk terapi penyembuhan autis.
  4. Menjaga sistem imun atau daya tahan tubuh terhadap serangan penyakit.
  5. Mempercepat penyembuhan luka khususnya luka akibat jahitan pasca operasi (melahirkan, dll). dan juga luka bakar atau tergores dan lecet.
  6. Mencegah penyakit hepatitis atau segala gangguan terhadap organ ginjal yang salah satunya ialah penyakit kuning.
  7. Mencegah penuaan dini terkait dengan menyamarkan garis halus atau pengeriputan pada wajah.
  8. Menjaga wajah tetap bersinar dan meroba secar alami.
  9. Meningkatkan vitalitas atau kenjantanan bagi kaum lelaki. Sangat cocok bagi anda yang ingin menjaga kebugaran tubuh sebagai lelaki.
  10. Terapi penyembuhan patah tulang dimana prosesnya akan dipercepat daripada sebelumnya.
  11. Menjaga kesehatan tulang dan juga gigi dimana kemampuan ini untuk mencegah pengeroposan tulang atau osteoporosis.
  12. Meringankan gejala nyeri pada otot atau luka. Hal ini boleh dibilang juga ikan betutu bersifat analgesik yang ampuh untuk meredam rasa sakit.
  13. Menjaga dan meningkatkan kadar albumin dalam tubuh dimana hal ini terkit dengan pencegaha penyakit liver, hepatitis, dan sirosis hati.
  14. Meningkatkan kecerdasan otak dan pola pikir dalam mengingat sesuatu. Hal ini karena kandungan protein didalamnya sangat baik dalam menunjang perkembangan sel otak khususnya pada kalangan anak-anak.
Daging ikan betutu mempunyai tekstur yang sangat lembut dan gurih. Sedangkan untuk menggorengnya, dianjurkan untuk tidak membuang sisiknya agar pada proses penggorengan daging tidak hancur. Baiknya jika dipepes agar kandungan didalamnya tidak hilang terlalu banyak.

==> Yuk Baca Juga : 8 Khasiat Ikan Arwana Untuk Meningkatkan Keberuntungan

Demikianlah artikel singkat mengenai 14 Khasiat Ikan Betutu Untuk Kesehatan Dan Kecantikan. Semoga bisa membantu dan berguna bagi yang membutuhkan. Jangan lupa dishare ya...! Terima kasih!

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel