15 Khasiat Biji Buah Pinang Muda Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

Khasiat Buah Pinang mungkin sudah familiar pada kalangan masyarakat desa. Sebab biji buah pinang muda sering dijadikan salah satu bahan herbal dalam pembuatan jamu tradisional yang kaya akan kegunaan serta fungsi yang menjadikan tubuh lebih bugar dan tercegah dari berbagai jenis penyakit. Oleh karena itu buah pinang muda masih eksis sampai sekarang ini. Dan beberapa Manfaat buah pinang muda ialah untuk menambah vitalitas atau kejantanan pria, menjaga kekencangan organ kewanitaan, menguatkan gigi dan gusi, mengatasi rabun dan masih banyak lagi yang lainnya. Tidak pada hanya buahnya, namun pohon pinang ini juga bisa dimanfaatkan akarnya sebagai obat herbal, dan rinciannya sudah kami tulis dengan judul 5 Khasiat Akar Pinang Untuk Kesehatan. Nah kembali pada topik, berikut rangkuman seputar kemapuhan biji buah pinang bagi tubuh.

15 Khasiat Biji Buah Piang Muda Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

Pinang  (Nama latin atau ilmiah : Areca Catechu L. )adalah sejenis tanaman palma yang masih satu keluarga dengan kurma. Mengenai perawakan dan ciri batang, pinang hampir sama persis dengan pohon kelapa yang ketinggian juga tidak kalah. Daun berpelepah warna hijua tua. Sedangkan buah buni kecil berserabut pada bagian kulit dan bijinya keras berwarna kecokelatan. Jika masih muda, buah pinang sering dijadikan ramuan dalam pembuatan jamu galian singset dan rapet wangi. Sedangkan jika sudah tua, pinang ini umum dikonsumsi sebagai pelengkap kapur sirih bagi kalangan sepuh atau lansia wanita. Beberapa nama lokal dari buah pinang sering dikenal dengan pineung, penang, jambe, pining, dan masih banyak lagi yang lainnya.

==> Yuk Lihat Juga : 8 Khasiat Rambusa Untuk Kesehatan

Yang masih jadi pertanyaan adalah apa saja kandungan senyawa pada biji buah pinang? Jika dilansir dari Wikipedia, buah pinang memiliki kandungan berupa Alkaloida yang mempunyai turunan seperti Arecaine, Arecoline, Arecaidine, Guracine, Arecolidine, dan Guvacoline yang kesemuanya bersifat adiktif dan sedikit racun. Namun jika dikonsumsi dengan skala tepat, buah pinang mempunyai banyak sekali khasiat yang baik untuk tubuh.

15 Khasiat Biji Buah Pinang Muda Untuk Kesehatan Dan Kecantikan :
  1. Menyembuhkan cacingan khususnya untuk cacing pita.
  2. Mengatasi disentri (berak yang disertai nanah).
  3. Mengobati diare berdarah atau dikenal juga dengan wasir.
  4. Mengatasi Kudisan atau penyakit kulit yang disebabkan oleh jamur.
  5. Mempercepat penyembuhan luka pada kulit.
  6. Obat herbal untuk terapi penyembuhan rabun mata.
  7. Menjaga kekencangan dan elastisitas organ kewanitaan.
  8. Meningkatkan vitalitas atau kejantanan pria secara alami.
  9. Menguatkan gigi dan juga gusi sehingga tidak mudah keropos atau berdarah.
  10. Menghentikan pendarahan berlebih. Entah itu pada luka atau mentruasi.
  11. Meringankan gejala sakit pinggang, pegal linu dan nyeri pada otot.
  12. Mengecilkan rahim pasca melahirkan.
  13. Mengatasi wajah berminyak dan membersihkan jerawat.
  14. Menghentikan diare dan difteri.
  15. Menghilangkan dan menyamarkan tanda penuaan dini seperti garis halus dan pengeriputan.
Bagaimana resep dan cara menggunakan buah pinang untuk obat?
Jika dilansir dari berbagai sumber, ada banyak sekali cara pembuatan ramuan dari biji buah pinang ini. Namun untuk memudahkan dan tidak terlihat ribet, dibawah ini kami sudah merangkum beberapa resep yang mungkin saja bisa membantu. Adapun racikan dan cara menggunakan pinang tersebut diantaranya :
  • Mengecilkan Organ Kewanitaan : Ada dua metode untuk mendapat manfaat ini. Yang pertama ialah dengan cara mengkonsumsi dan mengusapkan langsung pada organ vital. Untuk konsumsi, cukup siapkan sekitar 1 butir biji buah pinang kemudian ditumbuk hingga halus. Seduh dengan secangkir air mendidih dan diminum selagi hangat. Untuk obat oles, siapkan 1 pinang muda, tumbuk hinga berubah menjadi gel. Usapkan pada area kewanitaan secara merata. Untuk hasil maksimal, dianjurkan dilakukan 2 jam sebelum melakukan hubungan.
  • Mata Rabun, Gigi dan Gusi : Kunyah pinang yang masih muda dan usahakan menyebar pada seluruh area mulut. Selanjutnya bisa ditelan.
  • Mencegah Pendarahan, mimisan, diare, sakit pinggang, dll : Cukup siapkan 1 butir pinang muda, tumbuhk kasar dan direbus dengan 1 gelas air hingga tersisa setengah. Minum 1x sehari secara rutin.
  • Kudis, luka dan Jamur kulit : Haluskan buah pinang, dan kalau bisa dicampur dengan sedikit kapur sirih. Selanjutnya oleskan secara merata pada kulit.
  • Cacingan : Siapkan 1 butir pinang muda, 1 ruas temulawak dan kunyit. Cuci bersih semua bahan dan tumbuk kasar. Selanjutnya direbus dengan 1,5 gelas air hingga mendidih. Saring dan bagi dua, selanjutnya bisa diminum 2x sehari.
Bagaimana? Masih ragu akan khasiat buah pinang? Selain mudah didapat, buah ini juga mempunyai banyak kegunaan. Fungsi lainnya ialah bahan utama pembuatan pewarna dan penyamak alami. Untuk penyebarab, pohon pinang bisa ditemukan di Negara-negara Asia seperti Malaysia, Singapura, Thailand, Myanmar dan tentunya Indonesia.

==> Yuk Baca Juga : 23 Khasiat Daun Serai Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

Demikianlah artikel singkat mengenai 15 Khasiat Biji Buah Pinang Muda Untuk Kesehatan Dan Kecantikan. Semoga bisa membantu dan berguna bagi yang membutuhkan. Jangan lupa dibagikan dengan teman-teman yang lain ya...! Terima kasih!

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel