8 Khasiat Ikan Betok Untuk Kesehatan

Khasiat Ikan Betok sangatlah tidak bisa disepelakan. Karena salah satu jenis ikan yang tidak disukai orang ini juga mempunyai kemampuan farmakologi yang baik untuk menyembuhkan berbagai jenis penyakit. Kenapa demikian? sebab pada dagingnya juga tersimpan kandungan gizi yang tidak kalah dengan ikan lainnya yang hidup di air tawar. Jadi alangkah baiknya jika kita juga mengkonsumsinya guna memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh yang mungkin tidak terdapat pada ikan jenis lain.

8 Khasiat Ikan Betok Untuk Kesehatan

Ikan Betok (Nama Latin atau ilmiah : Anabas testudineus )adalah jenis ikan yang hidup di air tawar. Umumnya ditemukan pada empang, sungai air keruh, rawa, dan juga selokan-selokan pada pematang sawah. Jika di pulau jawa, ikan ini dikenal dengan sebutan betik atau betok. Sedangkan puyu untuk bahasa malay dan pepuyu untuk panggilan di daerah banjar. Ukuran ikan memang tidak bisa tumbuh besar, mungkin hanya berkisar antar 5 hingga 15cm. Sedangkan warna sisik ikan biasanya berwana hijau tua dan agak kehitaman. Terdapat duri keras pada insang serta ikannya berstektur keras sehingga yang memegangnya harus berhati-hati agar tangannya tidak terluka oleh duri ikan ini. Ikan ini juga mempunyai labirin yang bisa bertahan hidup lebih lama meski bukan didalam air.


Apa saja kandungan gizi yang terdapat pada ikan betok?
Sebenarnya nutrisi dari ikan betok tidak beda jauh dengan jenis ikan lainnya. Betok mempunyai kandungan berupa omega 3, zat besi, protein, fosfor, dan masih banyak lagi yang lainnya.

8 Khasiat Ikan Betok Untuk Kesehatan :
  1. Mempercepat penyembuhan luka selayaknya ikan lele dan gabus. Sehingga baik dikonsumsi oleh kaum ibu pasca operasi.
  2. Menjaga dan meregenerasi sel otot yang rusak, sebab dalam ikan betok terdapat kandungan protein yang berfungsi untuk menunjang perkembangan otot.
  3. Melancarkan sirkulasi atau peredarab darah yang juga terkait dengan pencegahan hipertensi (tekanan darah tinggi).
  4. Mencegah terjadinya pengeroposan tulang (osteoporosis) dimana manfaat ini dikaitkan dengan adanya fosfor yang cukup tinggi pada daging ikan betok.
  5. Mencegah anemia terkait dengan pembaruan sel darah merah (hemoglobin) yang rusak.
  6. Meningkatkan kecerdasan khususnya bagi kalangan anak-anak dalam masa pertumbuhan dan pelajar.
  7. Mencegah kepikunan karena protein dalam ikan betok ini juga berfungsi sebagai penambah dan penguat daya ingat.
  8. Menambah selera makan yang baik dikonsumsi oleh orang dalam taham pemulihan sehabis sakit.
Bagaimana cara mengolah dan memasak ikan betok?
Karena ikan ini jarang dikonsumsi, maka dari itu sangat sedikit yang berbagi mengenai menu atau resep untuk menjadikan ikan ini sebagai bahan konsumsi. Selain kulit dan sisiknya yang keras, warna dan bentuknya juga kurang menarik. Jadi untuk melengkapi, dibawah ini kami lampirkan juga resep sederhana yang mungkin bisa membantu!

# Resep 1
Buang sisik ikan hingga bersih (buang juga kotoran dalam perutnya). Kemudian dibelah namun tidak sampai putus (sama saja dengan mengiris ikan lainnya). Untuk bumbu bisa memadukan ulekan ketumbar, asam jawa, dan sedikit garam. Ulek dan beri sedikit air yang selanjutnya dibalurkan pada daging ikan yang sudah dicuci. Langkah selanjuntya bisa digoreng pada minyak panas hingga krispi.

# Resep 2
Untuk cara dan bumbu mungkin sama persis dengan yang diatas. Namun cara mengolahnya sedikit berbeda. Cara ini tidak dengan menggoreng namun menjemurnya hingga kering. Dan setelah kering barulah digoreng.


Demikianlah artikel singkat mengenai 8 Khasiat Ikan Betok Untuk Kesehatan. Semoga bisa membantu dan berguna bagi yang membutuhkan. Jangan lupa dishare ya...! Terima kasih!

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *