14 Khasiat Ubi Talas Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

Khasiat Ubi Talas memang sangat berpengaruh bagi dunia kesehatan dan kecantikan. Manfaat Ubi Talas tersebut mencakup kesehatan jantung, pencernaan, perawatan tubuh, dan juga menguatkan sistem imun atau daya tahan tubuh terhadap serangan penyakit. Hal ini tentunya tidak luput dari kandungan gizi didalamnya. Jika dibanding dengan jenis ubi yang lain, talas ini tidak kalah dalam segi kegunaan bagi kinerja beberapa organ tubuh. Oleh karena itu, untuk memperluas pengetahuan terkait, pada kesempatan ini kami akan mencoba memberikan sedikit rangkuman yang membahas apa saja fungsi dari ubi talas bagi kesehatan dan kecantikan.

14 Khasiat Ubi Talas Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

Talas (Nama latin atau ilmiah : Colocasia esculenta L.) adalah sejenis umbi dari suku talas-talasan yang juga dikenal dengan sebutan Talas Bogor. Tanaman penghasil ubi ini diduga berasal dari Asia Tenggara dan Asia Tengah, dimana Negara-negara yang termasuk, kesemuanya mempunyai iklim tropis dan sub-tropis. Dan di Indonesia, ubi talas disebut dengan banyak sekali nama panggilan berbeda. Tergantung dengan lokasi serta tempat hidup di daerah masing-masing. Umbi mempunyai banyak sekali kandungan karbohidrat yang kebanyakan dimanfaatkan sebagai bahan pembuatan tepung, bubur, digoreng, dan juga sebagai bahan alternatif pembuatan kue. Namun selain itu, ubi talas juga mengandung getah, dimana getah ini bisa menyebabkan gatal (hanya jenis tertentu) sehingga sebelum dimakan harus diolah dulu dengan benar serta tidak dikonsumsi berlebihan.


Apa saja kandungan gizi pada ubi talas?
Jika kami lansir dari beberapa sumber, ubi talas mempunyai nilai nutrisi berupa karbohidrat, serat, protein, lemak, abu, fosfor, kalsium, zat besi, Vitamin B, Vitamin C, Mineral (air), serta senyawa berupa villose, saponin dan polifenol.

14 Khasiat Ubi Talas Untuk Kesehatan Dan Kecantikan :
  1. Bersifat anti-inflamasi yang sangat berguna untuk mencegah dan mengatasi peradangan pada tubuh. Umum dijadikan obat bengkak atau memar.
  2. Melancarkan sistem pencernaan dimana manfaat ini terkait dengan pencegahan sembelit, kesehatan usus dan lambung.
  3. Menjaga kesehatan jantung yang juga terkait dengan pencegahan stroke. Hal ini karena umbi talas berkemampuan unutk mencegah menciutnya arteri pada peredan darah.
  4. Meningkatkan sistem imun atau daya tahan tubuh sehingga tubuh tidak mudah terserang penyakit.
  5. Melancarkan sistem sirkulasi atau peredaran darah. Dimana fungsi ini sangat baik bagi anda penderita hipertensi atau tekanan darah tinggi.
  6. Bersifat sebagai anti-aging alami yang berguna untuk mencegah penuaan dini, seperti menyamarkan garis halus dan pengeriputan.
  7. Baik untuk menurunkan berat badan. Manfaat ini juga baik bagi penderita obesitas dan bisa digunakan sebagai menu diet untuk menjaga tubuh tetap langsing.
  8. Menghilangkan rasa capek atau lelah akibat kerja. Kegunaan ini sangat cocok untuk anda yang pekerja berat.
  9. Sebagai sumber tenaga dimana bisa menunjang dan memenuhi kebutuhan energi harian tubuh.
  10. Menjaga kesehatan otot dan sistem syaraf.
  11. Menguatkan tulang dan juga gigi sehingga tidak mudah keropos atau terkena osteoporosis.
  12. Mencegah tubuh terserang sel kanker dan juga tumor.
  13. Mencegah anemia (kekurangan sel darah merah) serta mengatasi gejala yang disebabkan seperti lemah, letih, lesu, dll.
  14. Meningkatkan daya ingat dan tingkat kecerdasan otak. Dimana kemampuan ini cukup baik untuk mencegah kepikunan dan meningkatkan konsentrasi.

Dalam kehidupan sehari-hari, umumnya talas dimanfaatkan daunnya sebagai pembungkus seperti ikan, dll. Namun dibalik manfaat tersebut, ada juga efek samping yang akan timbul jika dikonsumsi dengan cara yang salah. Beberapa diantaranya ialah memicu batu ginjal, gatal-gatal, perut begah, asam urat, dan juga beberapa gangguan sistem pencernaan lainnya


Demikianlah kutipan singkat mengenai 14 Khasiat Ubi Talas Untuk Kesehatan Dan Kecantikan. Semoga bisa membantu dan berguna bagi anda yang membutuhkan. Jangan lupa dishare ya..! Terima kasih!

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel