26 Khasiat Kayu Songga Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

Khasiat Kayu Songga memang dikenal berfungsi sangat baik untuk dunia kesehatan dan kecantikan. Beberapa Manfaat Kayu Songga ialah sebagai obat malaria, diabetes, mengatasi gangguan sistem pencernaan, penambah selera makan dan masih banyak lagi kegunaan lain yang tentunya masih terkait dengan kesehatan tubuh. Oleh karena itu, untuk sekedar menambah wawasan mengenai tanaman obat, untuk postingan kali ini kami akan merangkum kumpulan khasiat yang bisa didapat didapat dengan memanfaatkan kayu songga sebagai obat.

26 Khasiat Kayu Songga Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

Kayu Songga (Nama Latin atau ilmiah : Strychnos Ligustriana L.) adalah sejenis tumbuhan herbal dan sering juga dikenal dengan Bidara pahit. Tanaman ini sangat terkenal pada kalangan masyarakat Bima karena memang sudah digunakan sejak nenek moyang sebagai obat herbal. Mereka percaya bahwa tanaman ini berkhasiat sangat baik dalam menyembuhkan malaria. Keseluruhan bagian tanaman bisa dikonsumsi, salah satunya ialah biji dan juga batang yang diolah sebagai minuman penyegar (minuman kesehatan). Jadi dengan jutaan manfaatnya, sangat tidak heran jika kayu songga masih eksis sampai sekarang.


Meski ada penelitian yang menyebutkan adanya manfaat dari tanaman songga, namun secara resmi masih ada keterangan yang menyimpulkannya. Jadi kegunaan serta fungsinya hanya didengar dari mulut-kemulut dan sangat tidak umum atau tidak menyebar luas seperti jenis tanaman herbal lainya. Namun mereka masih percaya dan selalu menyempatkan untuk mengkonsumsi ramuan ini untuk mengetasi berbagai jenis penyakit dengan menggunakan berbagai metode. Dan untuk jaman sekarang, sudah banyak produk dari pohon songga seperti gelas atau cangkir, serbuk jamu, dan juga kemasan dari kayu songga yang bisa didapat secara online.

Obat herbal memang tidak lekang oleh waktu, selain minimnya pelayanan kesehatan pada pedalaman (pedesaan), masyarakat juga sulit untuk mengakses puskesmas dan unit kesehatan lainnya. Jadi mau tidak mau mereka masih saja menggunakan pengobatan alternatif yang salah satunya ialah herba dari kayu songga. Nah, yang dipertanyakan disini adalah : Apa saja sih Manfaat Kayu Songga untuk kesehatan? Yuk langsung saja simak daftar-daftar manfaat yang bisa didapat dengan mengkonsumsi jamu kayu songga.

26 Khasiat Kayu Songga Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

1. Kaya Akan Antioksidan
Kayu songga berperan sebagai antioksidan alami yang baik untuk menangkal radikal bebas. Dalam hal ini fungsinya ialah menguatkan sistem imun tubuh khususnya bagi seorang perokok sehingga tidak mudah sakit atau mengalami gangguan kesehatan.

2. Obat Herbal Untuk Malaria
Meski belum dilakukan penelitian secara intensif, namuan banyak kalangan masyarakat yang sudah mencoba menggunaka obat herbal ini untuk berbagai jenis penyakit. Salah satunya ialah untuk menyembuhkan malaria serta mengurangi efek yang ditimbulkan.

3. Mengobati Penyakit Kencing Manis
Peranan penting lainnya dari penggunaan kayu songga ialah untuk megontrol kadar gula dalam darah. Sangat baik untuk terapi penyembuhan diabetes (kencing manis) yang juga terkait dengan kadar gula darah tinggi dalam tubuh.

4. Melancarkan Sirkulasi Darah
Apabila anda mempunyai keluhan penyakit mengenai sistem peredaran darah, tentu bisa juga memanfaatkan kayu songga sebagai terapi alternatif untuk melancarkan sirkulasi darah dalam tubuh. Dalam hal ini kayu songga mampu mengatasi hipertensi (tekanan darah tinggi) serta masalah lain yang masih berhubungan

5. Herba Untuk Cacingan
Kemampuan yang sangat baik dalam mengeluaran cacing ini terdapat pada katu songga sehingga lambung dan usus anda akan terbebas dari cacing. Dengan begitu anda dan keluarga akan terbebas dari masalah cacingan.

6. Menaikkan Selera Makan
Mengalami penurunan selera makan dan tak kunjung kembali dalam waktu lama? Tentu kayu songga bisa membantu anda untuk mengembalikan selera tersebut pada posisi normal. Bahkan sangat baik dikonsumsi oleh kalangan orang yang dalam masa pemulihan pasca sakit.

Selain dari beberapa manfaat kayu songga yang sudah kami sebutkan diatas, tentu adapula daftar selanjutnya yang mungkin perlu juga anda ketahui. Dari kesemua khasiat tersebut ialah :
  1. Mengatasi anemia (kurang darah) karena mendukung tubuh untuk mempercepat produksi sel darah merah dalam tubuh.
  2.  Mengatasi berbagai macam gangguan sistem pencernaan seperti sembelit, menjaga kesehatan usus, dll.
  3. Membersihkan darah yang terkait dengan pencegahan penyakit kulit seperti gatal dan mampu mebersihkan jerawat pada wajah.
  4. Menyembuhkan luka akibat gigitan ular berbisa serta mengurangi dampak racun yang disebabkan.
  5. Mencegah ejakulasi prematur (lemah syahwat) khususnya bagi kalangan pria yang tidak normal akan kejantanan.
  6. Penambah tenaga alami sehingga tubuh tidak lemah.
  7. Obat herbal untuk mengobati cacar air.
  8. Mempercepat penyembuhan dan penuaan bisul.
  9. Mengurangi dampak tubuh atau badan yang mengalami panas dingin.
  10. Meringankan gejala asam urat, rematik dan nyeri pada persendian.
  11. Terapi untuk menyembuhkan paru-paru basah.
  12. Mencegah terjadinya infeksi pada kandungan.
  13. Melancarkan produksi dan keluarnya ASI khususnya bagi kalangan ibu yang sedang menyusui.
  14. Melancarkan sistem pernafasan yang terkait penyembuhan asma (sesak nafas).
  15. Meringankan gejala panas dalam dan juga sakit pada tenggorokan.
  16. Mengatasi masalah lambung dan mengurangi nyeri pada saat sakit perut.
  17. Mengurangi gejala stroke.
  18. Obat alami untuk mengurangi sakit pinggang dan pegal linu.
  19. Mencegah terjadinya efek alergi pada kulit.
  20. Membantu mengurangi bau badan berlebih.

Bagaiamana cara menggunakan kayu songga sebagai obat?
Ada banyak cara yang bisa digunakan untuk mendapat manfaat dari kayu herbal ajaib ini. Salah satunya ialah dengan dijadikan sebuah gelas sehingga pemakaiannya bisa sangat awet dan berkepanjangan. Meski jaman sudah serba canggih, namun penggunaan kayu songga masih tidak kalah dan tetap eksis sampai sekarang. Nah untuk menggunakan, cukup tuangkan air pada gelas dan diamkan beberapa menit sebelum diminum. Gunakan air dingin agar gelas kayu bisa awet. Atau bisa juga dengan menelan biji buah songga sebanyak 3 biji secara langsung dan juga bisa dipadukan sebagai jamu dengan bahan lain. Rasa yang sangat pahit, kadag orang akan enggan untuk meminumnya, namun alternatifnya bisa dihilangkan dengan buah asam atau bubuk kopi sebagai peredam rasa pahit.

Penggunaan untuk alergi kulit dan bau badan, rebus kayu songga dengan air secukupnya hingga mendidih. Campur dengan air dingin hingga diperoleh air yang lebih hangat, selanjutnya bisa digunakan sebagai mandi.

Sekedar Himbauan, untuk pederita darah rendah dan mempunyai sakit maag. Alangkah baiknya jika tidak terlalu banyak mengkonsumsi ramuan ini. Karena ditakutkan akan menimbulkan dampak yang tidak diinginkan.

Bagaimana Cara Mendapatkan Kayu Songga?
Dijaman yang sudah serba canggih seperti sekarang, tentu anda akan dipermudah dengan segala media yang ada. Anda hanya memerlukan ponsel dan sambungan internet supaya bisa mencari informasi terkait dengan produk kayu songga ini. Jika anda memang benar-benar berminat untuk memperoleh kayu songga dan ingin merasakan sendiri khasiatnya, anda bisa menghubungi :

Telp : -
Website : -

Demikianlah artikel singkat mengenai 26 Khasiat Kayu Songga Untuk Kesehatan Dan Kecantikan. Semoga bisa membantu dan berguna bagi anda yang membutuhkan. Jangan lupa dishare jika artikel ini bermanfaat. Terima kasih!

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel