14 Khasiat Buah Matoa Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

Khasiat Buah Matoa mungkin belum begitu umum dan tidak diketahui oleh kalangan masyarakat luas. Padahal kegunaannya terbilang sangat ampuh dan bisa menjadikan tubuh sehat lebih optimal. Manfaat Buah Matoa ini dipercaya bisa menyembuhkan berbagai jenis penyakit yang diantaranya sebagai anti-kanker, menghilangkan stres, dan juga kaya antioksidan dimana kemampuannya sangat baik dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh agar tidak terkena serangan penyakit. Nah oleh karena itu, untuk sekedar menambah wawasan terkait dengan tanaman obat, maka pada kesempatan ini kami akan mencoba untuk memberikan sedikit ulasan tentang fungsi buah matoa sebagai obat herbal.
14 Khasiat Buah Matoa Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

Matoa (Nama latin atau ilmiah : Pometia Pinnata) adalah sejenis tanaman penghasil buah yang merupakan khas dari daratan Papua. Tumbuhan ini tergolong pohon besar yang mempunyai tinggi rata-rata hingga 18 meter. Namun untuk saat ini penyebarannya juga terdapat pada Sulawesi dan Maluku sehingga kemungkinan untuk mendapat dan merasakan manfaat buah ini lebih mudah. Umumnya tanama matoa tumbuh pada dataran rendah sekitar 1200m dari permukaan laut, pada daerah kering dan juga mempunyai suhu iklim sedang. Lebih mudah adaptasi dan buah tidak mudah rusak meskipun diserang oleh serangga. Daging buah mempunyai ciri kenyal, namun tetap mempunyai rasa yang manis dan menyegarkan. Ada beberapa jenis lain yang daging buah juga lembek dan sedikit agak lengket.

==> Yuk Lihat Juga : 5 Khasiat Batu Mustika Getah Kilayu

Jika dilihat dari klasifikasi, tentunya masih tidak jauh dari kerajaan plantae yang tergolong dalam jenis tanaman. Dengan nama latin seperti yang sudah kami sebutkan diatas dan ciri buah bisa dikenali dengan kulit tebal dan berwarna hijau keunguan dan dagingnya buahnya putih bening kenyal hampir sama dengan rambutan. Nah, yang jadi pertanyaan disini adalah : apa saja kandungan gizi dari buah matoa? mungkin beberapa rangkuman singkat dibawah ini bisa menjawabnya.

Jika dirangkum dari berbagai sumber, buah matoa mempunyai nilai gizi yang lumayan tinggi dan juga lengkap. Kandungan tersebut berupa vitamin dan juga mineral yang baik untuk tubuh. Beberapa diantaranya ialah Vitamin C, Vitamin E, Dan Vitamin A serta mineral lain berupa serat yang fungsinya sangat baik bagi sistem pencernaan tubuh.

14 Khasiat Buah Matoa Untuk Kesehatan Dan Kecantikan :
  1. Kaya antioksidan yang baik untuk menagkal radikal bebas dan menjaga sistem imun tubuh agar tidak mudah sakit.
  2. Melancarkan sistem peredaran darah yang terkait dengan pencegahan hipertensi (tekanan darah tinggi).
  3. Menunda penuaan dini yang baik untuk menjaga kesehatan kulit dan mencegah timbulnya keriput pada wajah.
  4. Meringankan gejala stres dimana fungsi ini sangat baik dalam mengurangi pikiran berat akibat beratnya pekerjaan.
  5. Mencerahkan wajah dan mencegah timbulnya jerawat sehingga kulit menjadi lebih halus dan bersih.
  6. Mencegah pertumbuhan sel tumor dan kanker dalam tubuh.
  7. Melindungi kulit dari paparan sinar UVA dan UVB yang bisa merusak dan membuat kulit menjadi gelap.
  8. Menjaga kesehatan jantung dan mencegah terjadinya stroke, jantung koroner dan jantung berdebar.
  9. Mengatasi gejala gangguan ginjal seperti kencing batu, gagal ginjal, dll.
  10. Mengatasi batu empedu.
  11. Mengontrol kadar gula darah yang baik untuk mencegah diabetes mellitus (kencing manis).
  12. Menjaga kesehatan mata dan mengembalikan kejernihan pandangan.
  13. Membuat kulit tetap putih, mulus dan lembut seperti kulit bayi.
  14. Membersihkan Racun dalam tubuh dan mengeluarkannya melalui keringat dan sistem pencernaan.
Karena begitu banyaknya manfaat yang bisa didapat, buah matoa menjadi semakin populer dan bahkan sudah dipasarkan secara online. Cara mengkonsumsi sangat mudah (sama persis dengan buah yang lain) dan juga tentunya berimbas sangat baik untuk dunia kesehatan dan juga kecantikan tubuh.

==> Yuk Baca Juga : 7 Khasiat Biji Bunga Teratai Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

Demikianlah artikel singkat mengenai 14 Khasiat Buah Matoa Untuk Kesehatan Dan Kecantikan. Semoga bisa membantu dan berguna bagi anda yang membutuhkan. Jangan lupa dishare ya...!

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel