17 Khasiat Buah Bit Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

Khasiat Buah Bit memang sudah umum digunakan untuk berbagai jenis pengobatan herbal. Hal ini karena didalamnya terdapat kandungan gizi yang boleh dibilang sangat lengkap sehingga bisa membantu menyelesaikan segala permasalahan metabolisme tubuh menjadi lebih lancar dan berjalan dengan normal. Beberapa manfaat buah bit dipercaya bisa mengatasi anemia, melancarkan sistem pencernaan, menetralkan racun dalam tubuh, pewarna makanan alami dan masih banyak lagi yang lainnya. Nah oleh karena begitu banyaknya kegunaan tersebut, berikut ini kami akan merangkum beberapa fungsi yang ada keterkaitannya dengan penggunaan buah atau akar bit untuk pengobatan tradisional.
17 Khasiat Buah Bit Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

Buah Bit ( tergolong dalam kelas Beta Vulagaris) adalah salah satu alternatif bahan pangan yang termasuk dalam jenis umbi. Mempunyai warna yang cukup cukup kuat ( merah keunguan ) menjadikan buah ini sering dimanfaatkan sebagai pengganti bahan pangan dan juga pewarna makanan alami. Tidak hanya itu saja, buah ini juga bisa dimakan secara langsung guna sebagai obat alternatif yang berkemampuan untuk menyembuhkan berbagai jenis penyakit dalam tubuh. Nah, yang menjadi pertanyaan disini adalah : Apa saja kandungan senyawa alami pada buah bit? Mungkin beberapa keterangan dibawah ini bisa sedikit membantu dalam menjawa semua pertanyaan yang ingin anda ketahui.

==> Yuk Lihat Jugaa : 14 Khasiat Buah Matoa Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

Kandungan gizi serta senyawa alami yang terdapat pada buah bit diantaranya : Energi, Gula, Serat, Lemak, Protein, kalsium, zat besi, zink, kalium, natrium, fosfor, mangan, magnesium, asam folat, vitamin A, Vitamin C, Vitamin B6, Thiamine (vit.B1), Riboflavin (Vit.B2), Niasin (Vit.B3), Dan Asam Pantothenat (Vit.B5). Dari kandungan yang kaya inilah diperoleh jutaan manfaat yang baik untuk tubuh yang termasuk dalam dunia kesehatan ataupun kecantikan.

Beberapa penggunaan umbi bit merah bisa langsung dikonsumsi sebagai salad yang juga dipadukan dengan jenis sayuran lain. Namun bisa juga dengan direbus ataupun dipanggang sebelum bisa dimakan. Jika dalam dunia industri, warna merah yang terang pada bit sering dijadikan penguat warna pada jenis olahan saus, tomat, pemanis buatan, sereal, dan juga makanan olahan yang membutuhkan warna relatif lebih cerah. Tidak hanya itu saja, karena begitu besar kegunaan dari buah bit. Tidak jarang juga jika kalangan masyarakat menjadikan umbi ini sebagai jamu tradisional yang kemampuannya tidak kalah dengan obat alami lain. Untuk lebih detailnya, berikut beberapa daftar Manfaat Buah Bit Untuk Kesehatan Dan Juga Kecantikan.
  1. Sebagai sumber energi alami yang menjaga tubuh menjadi lebih sehat, tidak mudah sakit dan juga tidak mudah capek ataupun kehabisan tenaga.
  2. Penambah darah alami yang erat kaitannya untuk mengatasi anemia (kurang darah) serta gangguan lain yang masih berhubungan dengan lemas, letih, lesu, pucat ataupun hal lain yang disebabkan oleh kurangnya sel darah merah pada tubuh.
  3. Melancarkan sistem pencernaan seperti mengobati sembelit (susah BAB) dan juga feses yang terlalu keras.
  4. Bersifat diuretik yang kemampuanya cukup membantu dalam melancarkan saluran kemih sehingga baik untuk kesehatan ginjal dan mencegah terjadinya batu ginjal (kencing batu).
  5. Membantu menetralkan dan mengeluarkan racun dalam tubuh. Dalam hal ini organ hati dan juga kelenjar empedu akan lebih sehat dan bekerja lebih normal.
  6. Bersifat menenangkan dimana manfaatnya sangat cocok bagi anda yang sedang mengalami gangguan pikiran. Secara tidak langsung buah bit ini bisa mengurangi stres, depresi dan juga pikiran yang terlalu berat.
  7. Menjaga elastisitas pembuluh darah dan juga otot. Sehingga tidak tegang dan otot akan lebih santai.
  8. Menguatkan sistem imun atau daya tahan tubuh karena didukung dengan adanya vitamin C yang bertindak sebagai antioksidan alami sehingga tubuh tetap kuat dan tidak mudah terserang penyakit.
  9. Mencegah pertumbuhan sel tumor dan juga kanker menjalar dalam tubuh. Dalam hal boleh dibilang umbi bit merah baik sebagai anti-kanker.
  10. Menurunkan kadar kolesterol tinggi dalam darah.
  11. Melancarkan sirkulasi darah yang juga mampu mengatasi hipertensi (tekanan darah tinggi) dan terkait juga dengan peningkatan kinerja jantung sehingga berjalan normal.
  12. Menjaga kepadatan tulang dan juga gigi yang pada akhirnya tidak mudah rapuh ataupun keropos.
  13. Mengatasi dan membersihkan ketombe yang membandel pada kulit kepala.
  14. Menjaga elastisitas kulit sehingga bisa menunda penuaan dini dan menyamarkan garis halus pada wajah.
  15. Meregenerasi sel - sel tubuh yang rusak.
  16. Meningkatkan kecerdasan dan daya ingat khususnya bagi kalangan anak yang dalam masa pertumbuhan. Sedangkan untuk usia lanjut bisa dijadikan alternatif untuk menunda kepikunan dini.
  17. Pewarna rambut alami yang bisa dipadukan dengan pewarna lain sehingga bisa meminimalisir kerusakan rambut.

Bagaimana cara membuat ramuan dari buah bit? Nah, untuk menjawab pertanyaan ini, dibawah ini beberapa resep sederhana yang bisa anda gunakan untuk membuat jus dari umbi bit merah.

Resep 1 :
Siapkan buah bit secukupnya kemudian cuci dan kupas kulitnya. Blender dengan menambah sedikit air dan gula. Saring dan minum secara rutin.

Resep 2 :
Pertama anda harus mengukus atau merebus bit merah agar lebih mudah dikupas. Buang kulit dan blender dengan menambah air. Saring dan airnya bisa diminum.

==> Yuk Baca Juga : 7 Khasiat Biji Buah Durian Untuk Kesehatan

Sebenarnya bit merah ini bisa langsung dimakan sebagai salad atau lalapan. Namun bagi yang tidak suka, mungkin resep diatas bisa sedikit membantu dalam mengurangi rasa eneg sehingga lebih mudah dalam mengkonsumsinya. Mungkin hanya itu saja postingan mengenai 17 Khasiat Buah Bit Untuk Kesehatan Dan Kecantikan. Semoga bisa membantu!

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel