12 Khasiat Terong Ungu Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

Khasiat Terong Ungu mungkin sudah umum dan banyak diketahui oleh semua kalangan masyarakat. Manfaat Terong Ungu ini mempunyai kemampuan yang cukup baik dalam menjaga kesehatan tubuh dikarenakan kaya akan kandungan gizi  Nah, dengan nutrisi tersebut kegunaan terong bagi dunia konsumsi sangat membantu dalam memberi nutrisi, menjaga kesehatan jantung, menjaga metabolisme tubuh, baik untuk diet dan juga masih banyak lagi yang lainnya. Nah oleh karena itu, bagi anda yang ingin mengetahui secara detail apa saja fungsi terung ungu untuk kecantikan, berikut kami sudah merangkum beberapa keterangan yang kami ambil dari beberapa sumber di internet.

12 Khasiat Terong Ungu Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

Terung Ungu dengan nama latin atau ilmiah Solanum Melongena adalah sejenis tumbuan yang menghasilkan buah dan tergolong dalam jenis sayur-sayuran. Jika dilihat dari asal muasal, buah sayur ini diduga berawal dari India dan Srilanka. Sedangkan untuk klasifikasi, terung masih satu kerabat dengan leunca, kentang dan buah tomat.


Ciri-ciri dari tanaman biasanya bisa dikenali dengan tumbuhannya yang merupakan terna tahunan, batang mempunyai ketinggian hingga 40 hingga 150m, daun berukuran besar (sedikit ditumbuhi bulu halus sedikit kasar). Bunga warna putih, ungu dengan mahkota mempunyai 5 lobus (kelopak). Benang sari kuning dan buahnya bulat lonjong memanjang dengan warna hijau dan juga ungu. Untuk ciri sepintas, mungkin anda bisa melihat lampiran gambar yang sudah kami sediakan diatas.

Nah, yang menjadi pertanyaan disini adalah : Apa saja kandungan gigi pada buah terong ungu? Hampir sama dengan postingan kami sebelumnya (baca : Khasiat Terong Belanda). Kandungan dari terung ungu merupakan mineral dan juga vitamin yang baik untuk tubuh. Nutrisi tersebut berupa zat besi, Vitamin C, nasinin, fitonutrien, asam folat, serat, triptofan, magnesium, Vitamin K, Kalium, Tembaga, Mangan, Vitamin B, dan karbohidrat. Dari nilai gizi inilah diperoleh jutaan manfaat yang kesemuanya ikut andil dalam menjaga metabolisme tubuh berjalan lebih normal. Untuk lebih lengkapnya, yuk anda simak rincian berikut!

12 Khasiat Terong Ungu Untuk Kesehatan Dan Kecantikan :
  1. Menjaga Kesehatan Jantung : Pastnya anda sudah tahu betul apa itu tugas dari jantung. Organ ini mempunyai fungsi untuk mengedarkan darah pada seluruh tubuh. Jika terdapat gangguan pada organ jantung, maka tidak menutup kemungkinan bahwa anda akan mengalami komplikasi seperti stroke, jantung berdebar tidak normal, dan terparah ialah serangan jantung. Terong ungu disini mempunyai kemampuan untuk melenturkan pembuluh darah sehingga sirkulasi lebih lancar dan tidak memperberat kinerja jantung.
  2. Mencegah Hipertensi : Tekanan darah tinggi sering juga menjadi suatu permasalahan yang harusnya tidak terjadi pada anda. Penyakit ini disebabkan oleh berbagai faktor yang salah satunya ialah genetik (turunan) atau karena memang pola hidup anda yang kurang sehat. Terkait juga dengan kinerja jantung, darah yang mengalir akan lebih normal dengan hanya mengkonsumsi sayur terung ungu.
  3. Mengontrol Gula Darah : Diabetes atau yang juga dikenal dengan kencing manis merupakan suatu situasi yang disebabkan oleh tingginya kadar gula dalam darah. Dampak bagi tubuh sangat buruk dan bahkan terparah akan membuat daging meleleh khususnya pada bagian jari kaki. Nah, menurut beberapa penelitian, terong ungu berkemampuan untuk menurunkan kadar gula darah sehingga secara tidak langsung bisa dijadikan alternatif untuk pengobatan diabetes.
  4. Bersifat Anti-Kanker : Pada dasarnya makanan yang kita konsumsi sudah mengandung obat yang bisa menjaga kesehatan organ secara menyeluruh. Nah, Kandungan antioksidan yang terdapat pada terong ungu berfungsi cukup baik untuk menghambat pertumbuhan sel kanker dan tumor menjalar dalam tubuh. Tepatnya pada jenis kanker yang menyerang usus besar.
  5. Bersifat Anti-Bakteri : Manfaat ini sangat baik bagi tubuh untuk meminimalisir adanya virus dan juga kuman yang masuk dalam tubuh. Dengan begitu sistem pencernaan lebih sehat dan tubuh terhindar dari serangan penyakit.
  6. Menjaga Kinerja Otak : Terong Ungu mempunyai kandungan berupa anthocyanin yang mampu menutrisi sel otak. Kandungan ini juga bisa melindungi sel otak dari kerusakan sehingga kinerja tidak terganggu dan membuat otak lebih mudah dalam berpikir.
  7. Mencegah Anemia : Pastinya anda sudah paham betul dengan apa yang namanya anemia. Penyakit ini merupakan masalah kesehatan dikarenakan kekurangan hemoglobin (sel darah merah) yang menjadikan tubuh terlihat pucat, pusing, lemas dan lain sebagainya. Terong Ungu kaya akan zat besi yang cukup baik dalam mencegah dan mengatasi kekurangan sel darah merah pada tubuh.
  8. Sebagai Alternatif Terapi Berhenti Merokok : Jika anda membaca secara mendetail, terong ungu juga mempunyai kandungan nikotin dimana senyawa ini juga terdapat pada rokok. Jika dikonsumsi secara rutin (terong ungu), maka sangat dipercaya bisa menekan keinginan merokok dalam kehidupan anda sehari-hari.
  9. Meningkatkan Tenaga : Bagi kalangan pria yang ingin selalu menjaga stamina, maka terong ungu sangat cocok dijadikan bahan yang baik untuk mengatasi hal tersebut. Kandungan terong ungu cukup mumpuni dalam menambah tenaga dan stamina kalangan pria khususnya untuk meningkatkan hubungan dengan istri.
  10. Menurunkan Berat Badan : Terong ungu sering sekali digunakan sebagai bahan pangan (diet) yang sangat membantu dalam menjaga berat badan tetap stabil. Dan bagi yang kelebihan berat, bisa juga mengkonsumsi sayur ini guna menurunkan berat berlebih tersebut. Terong ungu bisa dibilang pencegah obesitas karena sistem pencernaan lebih lancar dan meminimalisir penumpukan racun dalam tubuh.
  11. Menjaga Kelembapan Kulit : Terong ungu mempuyai kandungan mineral yang cukup tinggi sehingga bisa mencegah dehidrasi (tubuh kekurangan cairan). Bagi anda yang mempunyai masalah dengan kulit kering serta mengelupas, mungkin dengan mengkonsumsi sayur ini masalah anda akan segera teratasi. Banyak juga yang beranggapan bahwa terong ungu baik untuk kelembapan kulit kepala.
  12. Mencegah Penuaan Dini : Buah sayur ini juga kaya akan vitamin E yang baik untuk kulit. Dalam hal ini kulit anda akan tetap terjaga, terhindar dari pengelupasan (kulit kering dan bersisik) serta membuat kulit tetap mulus dan kenyal. Beberapa tanda penuaan lainnya ialah keriput atau garis halus pada wajah. Jadi jika anda ingin tetap awet muda, maka alternatif yang bisa anda gunakan ialah dengan menjadikan sayur terong ungu sebagai menu harian untuk anda makan dalam kehidupan sehari-hari.
Bagiaman cara mengolah dan mengkonsumsi terong ungu? Sebenarnya jawaban yang anda butuhkan sudah anda ketahui. Sebab semua olahan bisa disesuaikan dengan selera anda. Pada kalangan masyarakat desa, terong terkadang dibakar dan dimakan dengan sambel terasi. Atau juga diolah sebagai kuah lodeh, digoreng dan masih banyak lagi resep lainnya.


Demikianlah uraian singkat mengenai 12 Khasiat Terong Ungu Untuk Kesehatan Dan Kecantikan. Semoga bisa membantu dan berguna bagi anda yang membutuhkan!

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel