16 Khasiat Jamur Tiram Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

Khasiat Jamur Tiram sudah umum dijadikan bahan konsumsi yang mempunyai citarasa unik dan banyak diolah menjadi makanan berupa sayur. Manfaat Jamur Tiram tersebut dipercaya mempunyai kemampuan dalam mendukung metabolisme tubuh berjalan secara normal. Jika dikutip dari berbagai sumber, jamur tiram berkemampuan untuk melancarkan sistem pencernaan, sebagai antioksidan, mencegah hipertensi, kanker dan masih banyak lagi yang lainnya. Nah, bagi anda yang ingin mengetahui secara detail mengenai apa saja kegunaan serta fungsi jamur tiram secara menyeluruh. Mungkin beberapa rangkuman singkat yang akan kami tulis berikut ini bisa membantu dalam memberikan jawaban akan semua pertanyaan yang ingin anda ketahui.

16 Khasiat Jamur Tiram Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

Apa sih jamur tiram? Nah, Jamur Tiram (nama latin atau ilmiah : Pleurotus Ostreatus) adalah sejenis jamur pangan yang termasuk dalam kelompok Basidiomycota. Jika dilihat dari segi klasifikasi, jamur ini masih dalam kelas Homobasidiomycetes dengan bentuk dan ciri umum warna putih hingga krem yang terdapat pada tudungnya. Yang menjadikan jamur ini mempunyai panggilan tiram ialah dikarenakan tudung tersebut setengahnya berbentuk lingkaran yang sangat mirip dengan cangkang tiram dan bentuk pada bagian tengahnya agak cekung. Jamur tiram juga masih kerabat dari Pleurotus Eryngii serta dikenal juga dengan panggilan King Oyster Mushroom. (dikutip dari wikipedia).


Karakter dan Siklus hidup dari jamur ini terbilang sangat simple. Tubuh dengan tangkai menyamping dan bagian tudung terkadang berubah menjadi hitam. Bisa tumbuh dialami bebas yang biasanya hidup menempel pada batang pohon. Namun keunikan dari jamur ini mempunyai citarasa kenyal dan nikmat sehingga tidak sedikit juga kalangan masyarakat yang memfavoritkannya sebagai alternatif sayur (bahan pangan). Untuk ciri sepintas, mungkin anda bisa melihat lampiran gambar yang sudah kami sediakan diatas.

Yang menjadi pertanyaan disini adalah : Apa saja kandungan gizi serta senyawa kimia alami pada jamur tiram? Pastinya dengan begitu banyak manfaat, terdapat pula kandungan gizi yang mendukung adanya kebaikan tersebut. Dari yang kami rangkum, jamur tiram mempunyai nutrisi berupa : Mineral, Karbohidrat, Protein, kalori, zat besi, kalsium, Vitamin B1, Vitamin B2, Serat, Lemak, Fosfor, Vitamin C, thiamine, riboflavin, niacin, natrium, magnesium, Serta terdiri dari 9 macam asam amino yang diantaranya mencakup Lisin, metionin, triptofan, valin, threonin, leusin, histidin, fenilanin, dan isoleusin. Dari kandungan inilah diperoleh jutaan khasiat yang baik untuk dunia kesehatan maupun kecantikan.

Khasiat Jamur Tiram Untuk Kesehatan Dan Kecantikan :

1. Menurunkan Kadar Kolesterol
Jika dikonsumsi secara rutin, jamur tiram berkhasiat untuk menurunkan kadar kolesterol darah yang tinggi. Dengan begitu beberapa gejala atau dampak dari penumpukan lemak pada darah tersebut bisa diminimalisir.

2. Bersifat Anti- Bakteri
Dalam hal ini jamur tiram mempunyai kegunaan untuk membunuh dan membasmi kuman atau bakteri jahat pada tubuh. Jadi dengan demikian tubuh akan lebih sehat dan terhindari dari bakteri jahat. Konsumsi secara rutin maka pertumbuhan bakteri dalam tubuh akan terhambat.

3. Menurunkan Berat Badan
Jamur tiram mempunyai manfaat yang cukup baik jika digunakan sebagai menu diet. Sebab selain melancarkan sistem pencernaan, jamur ini juga mampu mengontrol berat badan sehingga bisa dijadikan alternatif bagi anda yang ingin selalu tampil cantik dan tidak mengalami obesitas.

4. Mengatasi Anemia
Jamur Tiram mempunyai kandungan zat besi yang cukup membantu tubuh dalam memproduksi sel darah merah. Dengan begitu tubuh tidak akan mengalami kekurangan darah dan tidak mengalami yang namanya anemia. Dala hal ini anda juga akan terhindar dari beberapa gejala seperti tubuh mudah lelah, letih, pusing, gelap ketika bangun dan masih banyak lagi yang lainnya.

5. Baik Untuk Hamil
Jamur tiran juga sangat membantu dalam menjaga perkembangan janin dalam kandungan. Sebab nutrisi didalamnya bisa meningkatkan asupan oksigen pada seluruh tubuh serta memenuhi kebutuhan nutrisi yang dibutuhkan oleh calon bayi hingga masa persalinan telah tiba.

6. Mengontrol Kadar Gula Darah
Jika anda mengalami masalah dengan gula darah, maka salah satu solusi yang bisa anda ambil ialah dengan mengkonsumsi jamur tiram secara rutin. Sebab dengan begitu kadar gula akan lebih normal (terkontrol) sehingga secara tidak langsung akan mencegah terjadinya diabetes. Pastinya anda sudah paham dengan dampak yang ditimbulkan oleh kencing manis. Contohnya ialah terjadi luka dan melepuh pada bagian jari kaki (jika tingkat kadar gula sudah tinggi).

7. Mencegah Penyakit Lever
Lever adalah sejenis penyakit peradangan hati yang sering terkait dengan hepatitis (penyakit kuning) dan lain sebagainya. Dengan jamur tiram, fungsi hati akan lebih normal dan tercegah dari berbagai masalah yang sudah disebutkan. Jadi bisa diambil kesimpulan bahwa jamur tiram baik untuk menjaga kesehatan hati.

8. Bersifat Anti-Kanker
Tumor dan juga kanker merupakan suatu jaringan yang tumbuh dalam tubuh. Nah, beberapa kandungan yang terdapat pada jamur tiram berkemampuan untuk memecah jaringan tersebut sehingga secara tidak langsung bisa menghambat pertumbuhan sel yang dimaksud. Jika anda secara rutin mengkonsumsi jamur tiram, maka tidak menutup kemungkinan bahwa tubuh anda akan tercegah dari adanya sel tumor atau kanker.

9. Melancarkan Sistem Pencernaan
Masih terkait dengan penurunan berat badan. Sistem pencernaan yang lancar akan mempercepat proses penyerapan sari makanan dalam usus. Manfaat lainnya akan terhubung dengan pencegahan sembelit (susah BAB), mencegah wasir, dan mencegah feses menjadi keras. Jika anda rutin mengkonsumsi jamur tiram, maka penumpukan racun dalam tubuh akan diminimalisir.

10. Kaya Akan Antioksidan
Peran antioksidan ialah untuk menjaga kesehatan tubuh dan menangkal radikal bebas seperti kuman, virus dan bakteri yang merugikan. Antioksidan ini juga berfungsi sebagai penguat sistem imun sehingga tubuh tidak mudah terserang penyakit.

11. Mencegah Hipertensi
Tekanan darah tinggi sering terkait dengan tidak lancarnya aliran darah dalam tubuh. Dengan begitu asupan oksigen yang melalui darah tidak bekerja maksimal. Dikarenakan sirkulasi darah menjadi stabil, maka secara tidak langsung akan terhubung dengan kesehatan jantung dan juga mencegah anda terkena hipertensi.

12. Bersifat Anti-Mikroba
Dengan kandungan zat anti bakteri, anti-virus dan mikroba. Jamur tiram cukup membantu dalam penyembuhan luka pada kulit. Selain itu manfaat ini ada hubungannya dengan pencegahan infeksi serta mampu mengatasi virus penyebab HIV (Aids).

13. Meningkatkan Kecerdasan Otak
Kandungan Protein yang terdapat pada jamur tiram juga ikut andil dalam menjaga dan mendukung perkembangan sel syaraf dan otak. Sangat cocok bagi kalangan anak-anak yang masih dalam masa pertumbuhan. Jika secara rutin dikonsumsi setiap hari, maka tingkat kecerdasan dan daya ingat akan lebih kuat.

14. Memenuhi Kebutuhan Energi Harian Tubuh
Didukung dengan tingginya kandungan karbohidrat dan kalori pada jamur tiram. Maka tubuh anda tidak mudah lelah atau capek meskipun bekerja sangat keras. Sebab kedua kandungan tersebut bisa membuat tubuh lebih fit dikarenakan kebutuhan tenaga harian tubuh terpenuhi.

15. Mencegah Pengeroposan Tulang (osteoprosis).
Kandungan kalsium dan fosfor pada jamur tiram ikut membantu dalam menjaga kepadatan tulang maupun gigi. Dengan begitu tulang akan lebih kuat dan tidak mudah mengalami pengeroposan.

16. Menjaga Kelebapan Dan Kesehatan Kulit
Jamur tiram mempunyai vitamin C dan mineral yang membantu kulit agar tidak mudah kering. Sangat aman meskipun dikonsumsi setiap hari guna menjaga kulit tetap lembab, halus, dan terhindar dari perkembangan jamur yang menggangu. Dalam hal ini kulit anda akan tetap halus dan tidak mudah muncul tanda-tanda penuaan.

==> Yuk Baca Juga : 7 Khasiat Minyak Air Mata Duyung

Mungkin hanya itu saja yang bisa kami sampaikan mengenai 16 Khasiat Jamur Tiram Untuk Kesehatan Dan Kecantikan. Semoga bisa membantu dan berguna bagi anda yang membutuhkan!

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *