17 Khasiat Kaktus Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

Khasiat Tanaman Kaktus tidak terkenal pada bagian batang, getah, dan bunganya saja. Namun untuk sekarang ini semakin populer buah Naga yang masih tergolong dalam jenis kaktus dan mulai umum dibudidayakan guna memenuhi kebutuhan pangan sehari-hari. Mungkin sebagian orang akan berpikiran bahwa kaktus tidak bermanfaat sama sekali. Namun jika anda pelajari lebih lanjut, ada begitu banyak Manfaat Tanaman Kaktus yang bisa anda dapat untuk menjaga kesehatan dan juga kecantikan tubuh. Nah, oleh karena itulah pada kesempatan ini kami akan mencoba untuk memberikan sedikit rangkuman terkait dengan kegunaan serta fungsi tumbuhan kaktus bagi kehidupan sehari-hari.

Khasiat Kaktus Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

Kaktus (nama latin atau ilmiah : Cactaceae) adalah sejenis tanaman gurun yang sering dijumpai pada tempat-tempat kering nan tandus. Bagi sebagian besar jenisnya, tanaman ini diselimuti duri yang sekaligus menjadi pelindung bagi dirinya sendiri. Dengan kemampuan tumbuh meskipun dalam waktu lama tanpa air, kaktus mempunyai akar yang panjang yang fungsinya untuk memaksimalkan penyerapan air dalam tanah yang kemudian akan diserap dan disimpan pada ruang yang terdapat pada batangnya. Daun kaktus berubah bentuk menjadi duri guna mengurangi penguapan sehingga dengan cara inilah tanaman ini bisa tumbuh dengan baik meski pada tempat panas, kering dan tanpa air dalam jangka waktu relatif lama.


Untuk jaman yang sudah serba canggih ini, banyak dari jenis kaktus yang sudah dibudiayakan. Salah satunya ialah sebagai tanaman hias (bentuk mini) dibonsai serta ditanam pada media pot. Jenis lain bisa anda kenal dengan buah naga (buah dari kaktus jenis tertentu), lidah buaya, dan juga bunga wijaya kusuma. Pada keseluruhan sudah banyak diteliti dan menyimpan jutaan manfaat yang bisa anda gunakan untuk kebutuhan sehari-hari. Nah, untuk mengetahui lebih detail mengenai apa saja Manfaat Kaktus Untuk Kesehatan, berikut beberapa rangkuman yang mungkin saja bisa menjawab semua pertanyaan yang ingin anda ketahui.

17 Khasiat Kaktus Untuk Kesehatan Dan Kecantikan :

1. Bersifat Anti-Kanker
Antioksidan pada kaktus bisa menghambat pertumbuhan sel tumor dan juga kanker dalam tubuh. Dalam hal ini perkembangan sel merugikan tersebut tidak akan berjalan normal dan bahkan mungkin akan mati seiring dengan pemakaian secara teratur. Antioksidan memang baik untuk tubuh khususnya dalam menjaga kesehatan secara optimal.

2. Menjaga Daya Tahan Tubuh
Terkait juga dengan antioksidan, fungsi kaktus terbukti ikut membantu dalam menguatkan sistem imun dan menangkal radikal bebas yang merugikan. Dengan kaktus pula daya tahan tubuh akan lebih kuat sehingga tidak mudah terserang penyakit.

3. Bersifat Anti-alergi
Pada tanaman kaktus terdapat pula senyawa flavonoid yang mempunyai peran aktif untuk menangkal terjadinya alergi pada tubuh. Meski tidak bisa menyembuhkan 100%, namun paling tidak bisa mengurangi gejala dan juga mampu menghilangkan gatal pada eksim atau ruam yang terdapat pada kulit.

4. Mempercepat Penyembuhan Luka
Bagi anda yang mempunyai masalah dengan luka dan ingin mencegah dari terjadinya infeksi. Mungkin penggunaan kaktus sangat dibutuhkan guna mempercepat proses pengeringan pada luka. Yang perlu anda lakukan hanyalah menghaluskan kaktus (bagian batang) dan dibubuhkan pada luka.

5. Mengatasi Gigitan Serangga
Dalam hal ini kaktus mempunyai manfaat untuk meredam gigitan atau sengatan serangga beracun. Salah satunya ialah tawon, kalajengking, dan juga ular. Untuk penggunaan, cukup dengan menghaluskan batang kaktus yang kemudian ditapalkan pada luka yang dimaksud. Fungsi lain ialah untuk mengurangi nyeri dan radang pada luka gigitan tersebut.

6. Mengontrol Kadar Gula Darah
Banyak dari kalangan orang (khususnya yang sudah berusia lanjut) mempunyai masalah dengan gula darah. Hal ini berkemungkinan juga akan menderita diabetes (kencing manis) yang dampaknya sangat buruk bagi kesehatan. Kaktus mempunyai kandungan pektin yang berfungsi sebagai penyeimbang kadar gula darah sehingga ampuh untuk menyembuhkan diabetes.

7. Menurunkan Kadar Kolesterol Jahat
Kolesterol atau yang juga dikenal dengan LDL jahat terdapat pada aliran darah yang berakibat tidak normalnya metabolisme tubuh. Jika tidak segera ditangani, maka banyak kemungkinan kondisi tubuh tidak akan sehat dan mungkin muncul komplikasi. Selain baik untuk gula darah, pektin pada kaktus juga ikut membantu dalam menurunkan kandungan kolesterol pada darah.

8. Mencegah Penuaan Dini
Kandungan kaktus kaya akan mineral dan juga vitamin C yang mendukung perawatan kulit secara alami. Diperkaya juga dengan elektrolit yang baik untuk mencegah dan menghambat proses penuaan pada kulit. Jika anda mengkonsumsi kaktus secara rutin, maka kulit akan tetap cantik, terhindar dari pengeriputan dan juga kulit anda akan tetap lembab.

9. Bersifat Anti-Racun
Kandungan taurin pada kaktus mempunyai manfaat yang cukup baik untuk mendetoksinasi atau mengeluarkan racun dalam tubuh. Tidak hanya itu saja, taurin tersebut juga mendukung kinerja ginjal sehingga bisa menetralkan tumpukan racun dan mengeluarkannya melalui feses.

10. Bersifat Anti-mikroba
Dalam hal ini mikroba bisa saja berupa virus, kuman atau makhluk kecil lain yang merugikan tubuh. Kaktus mempunyai kandungan anti-mikroba yang juga baik untuk menjaga kulit dari gangguan jamur serta masalah lainnya yang masih terkait. Contohnya berupa iritasi, infeksi, dan ruam pada kulit.

11. Menurunkan Demam
Hal ini didukung dengan adanya sifat anti-piretik yang baik untuk meredam dan menurunkan panas tubuh yang tinggi. Cocok juga untuk kalangan anak-anak atau bagi anda yang sedang mengalami suhu tubuh tinggi.

12. Mengurangi Nyeri Rematik
Gejala yang ditimbulkan oleh reumatik diantaranya sakit pada persendian, kesulitan menggerakkan tubuh, gangguan pada sistem otot dan masih banyak lagi yang lainnya. Kaktus mempunyai senyawa alami berupa betalains yang bisa meringankan gejala rematik.

13. Menambah Selera Makan
Bagi anda yang mempunyai masalah dengan makanan (biasanya masalah ini sering terjadi pada orang yang habis sakit) Selera makan akan berkurang serta sangat sulit untuk menormalkannya. Dengan alternatif kaktus, maka keinginan makan anda akan bertambah sehingga masa pemulihan yang anda jalani bisa berjalan normal.

14. Memurnikan Oksigen Dan Radiasi
Manfaat ini bisa anda dapat dengan menanam atau merawat kaktus sebagai tanaman hias. Dalam hal ini radiasi yang bisa diredam ialah dari ponsel (sinyal), laptop, serta beberapa alat elektronik lainnya yang ada didalam rumah anda. Selain itu dengan meletakkan kaktus bonsai pada ruangan akan membuat oksigen lebih bersih.

15. Mencegah Anemia
Pada jenis kaktus tertentu, terdapat pula kandungan zat besi yang ikut membantu dalam mencegah terjadinya kekurangan sel darah merah pada tubuh. Selain itu bisa juga untuk mencegah hipertensi dan pembekuan sel darah pada pembuluh.

16. Merawat Wajah Dan Mencegah Jerawat
Kaktus kaya akan vitamin C yang mampu merawat kulit wajah khususnya dalam mengatasi dan mengontrol minyak berlebih. Dengan begitu wajah akan lebih berseri dan bersih dari gangguan jerawat ataupun komedo.

17. Alternatif Bahan Pangan
Pada kalangan masyarakat tertentu, kaktus juga diolah menjadi tepung sebagai bahan dasar pembuatan kue. Dengan kandungan karbohidrat yang tidak kalah dengan sagu, kaktus juga baik dalam menambah tenaga dan menjaga tubuh tetap bugar.


Sekian untuk postingan tentang 17 Khasiat Kaktus Untuk Kesehatan Dan Kecantikan. Semoga bisa berguna dan membantu bagi anda yang membutuhkan!

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel