20 Khasiat Bunga Ajeran Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

Khasiat Bunga Ajeran sebenarnya sudah pernah kami posting sebelumnya. Dalam artikel tersebut kami sudah melampirkan beberapa Manfaat Bunga Ajeran yang diantaranya ialah penurun demam, obat penyakit kulit, diabetes, asma dan masih banyak lagi yang lainnya. Namun guna menambah wawasan terkait tanaman obat tersebut, maka pada kesempatan ini kami akan menulis ulang sehingga keterangan yang kami berikan bisa lebih lengkap dan tentunya akan bisa menjawab semua pertanyaan yang ingin anda ketahui.

20 Khasiat Bunga Ajeran Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

Ajeran (nama latin atau ilmiah : Bidens pilosa L.) adalah sejenis tanaman liar yang mempunyai banyak sekali nama panggilan. Habitatnya bisa disembarang tempat yang terkadang mudah ditemui pada pekarangan, kebun, sawah atau tanah yang terbengkalai. Jika dilihat dari segi klasifikasi, ajeran ini masih tergolong dalam suku Asteraceae yang kebanyakan jenisnya terdapat pada pulau Jawa. Sedangkan ciri ataupun sedikit deskripsi dari tanaman bisa anda kenal dengan hanya melihat lampiran gambar diatas.


Nah, yang menjadi pertanyaan disini adalah : Apa saja kandungan senyawa kimia alami pada bunga ajeran? Dikutip dari berbagai sumber yang kami rangkum di internet, zat kimia yang terdapat pada bunga ajeran ialah fitosterin-B yag sifatnya sebagai anti-inflamasi, anti-piretik, hemostatis, dan antiseptik. Serta diperkaya juga dengan antioksidan didapat dari asam klorogenat, quercetin, dan asam caffeoylquinic. Tidak luput juga zat lain berupa heptanyl, centaurein, fenol, jacein, saponin, zat samak, minyak atsiri, alkaloid, dan zat pahit. Rasa dari ramuan obat tanaman ajeran ialah sangat pahit namun bersifat mendinginkan.

Khasiat Bunga Ajeran Untuk Kesehatan Dan Kecantikan :
  1. Mengurangi nyeri pada penderita rematik. Sebab fungsinya cukup membantu dalam meredam dan menghilangkan rasa sakit pada persendian yang ditimbulkan oleh gejala penyakit reumatik.
  2. Obat herbal pruritis yang berkemampuan untuk menghilangkan gatal-gatal pada kulit.
  3. Mengontrol kadar gula darah yang cukup baik untuk mengobati diabetes dikarenakan bisa menurunkan gula darah yang tinggi.
  4. Mengobati Malaria yang didukung dengana adanya kandungan flavonoid sehingga bisa melawan protozoa penyebab dari malaria.
  5. Meringankan Gejal wasir (ambeien) bagi anda yang mempunyai aktifitas yang kurang gerak. Sangat cocok untuk pekerja kantoran yang kebanyakan kerjanya hanyalah duduk.
  6. Mempercepat penyembuhan luka atau borok berkepanjangan pada kulit. Dengan hanya dihangatkan pada api kemudian dibubuhkan pada luka.
  7. Bersifat Antipiretik yang ampuh untuk menjaga suhu dan menurunkan demam tinggi pada tubuh.
  8. Bersifat Anti-inflamasi yang mengurangi radang atau pembengkakan khususnya pada usus buntu.
  9. Meringankan Gejala sakit gigi seperti nyeri, cenat-cenut, pembengkakan dan juga menghentikan pendarahan pada gusi.
  10. Menghentikan diare atau murus yang biasanya terjadi karena adanya kuman atau virus dalam usus.
  11. Mengobati sakit tenggorokan dan juga gejala lain seperti yang disebabkan batuk dan influenza.
  12. Mengatasi iritasi yang terjadi pada mata. Salah satunya ialah kemasukan debu dan menjadikan mata menjadi merah. Hal yang perlu anda lakukan hanyalah menyeduh daun ajeran kemudian gunakan air tersebut untuk mencuci mata.
  13. Bersifat anti-racun yang mendetoksinasi tubuh sehingga menjaga kinerja hati untuk lebih bekerja maksimal dan ampuh juga untuk menetralkan racun serta mengeluarkannya melalui feses.
  14. Bersifat Analgesik yang baik untuk mengatasi sakit kepala, migrain, pusing dan lain sebagainya.
  15. Mengatasi sembelit atau susah BAB dikarenakan berkemampuan untuk melancarkan sistem pencernaan.
  16. Mempercepat pematangan bisul sehingga bisa sembuh dalam jangka waktu lebih singkat.
  17. Bersifat anti-cacing yang sangat baik untuk mengobati cacingan khususnya bagi kalangan anak-anak.
  18. Menyembuhkan asma yang berpengaruh pada lancarnya sistem pernafasan.
  19. Obat herbal untuk meringankan batuk dan mengeluarkan dahak membandel pada tenggorokan.
  20. Mengurangi gejala pegal linu dikarenakan cukup baik dalam menjaga stamina dan menghilangkan rasa lelah yang disebabkan aktifitas kerja.
Untuk anda yang belum paham dengan cara pengolahan atau meramu tanaman ajeran sebagai obat. Alangkah baiknya jika membaca juga postingan kami terdahulu yaitu Khasiat ketul untuk kesehatan. Karena disitu kami juga sudah memberikan beberapa resep sederhana yang mungkin saja bisa membantu!

==> Yuk Baca Juga : 17 Khasiat Kaktus Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

Mungkin hanya iitu saja yang bisa kami sampaikan terkait 20 Khasiat Bunga Ajeran Untuk Kesehatan Dan Kecantikan. Semoga apa yang kami tulus ini bisa berguna untuk orang yang membutuhkan!

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel