35 Khasiat Jamu Kunyit Asam Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

Khasiat Jamu Kunyit Asam sudah sangat familiar dan banyak dikenal oleh kalangan masyarakat di pedesaan. Hal ini dikarenakan Manfaat Jamu Kunyit Asam ini cukup membantu dalam melancarkan produksi ASI bai ibu yang sedang menyusui, bersifat anti-radang, menghambat pertumbuhan sel kanker, dan juga baik untuk mencegah penuaan dini. Namun tidak hanya lepas pada fungsi itu saja, melainkan masih banyak lagi kegunaan lain yang tentunya akan kami bahas tuntas pada postingan kali ini.

35 Khasiat Jamu Kunyit Asam Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

Jamu Kunyit Asam adalah suatu ramuan yang berbahan dasar rimpang kunyit dan daun asam jawa muda yang kemudian diolah sehingga menjadi minuman penyegar. Khasiat bagi tubuh tidak main-main, sebab didalamnya terdapat kandungan senyawa alami berupa serat, mineral, vitamin dan kandungan lainnya yang sangat membantu dalam menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah terserang penyakit. Pada umumnya jamu ini dibuat dengan tujuan yang sederhana, yaitu untuk merawat tubuh agar metabolisme berjalan lancar.


Perpaduan kedua bahan alami ini memperoleh sifat yang alami yang baik sehingga ikut membantu dalam mengatasi radang, membunuh bakteri, dan mengatasi masalah-masalah lain yang terkait dengan kinerja organ tubuh. Nah, yang menjadi pertanyaan disini adalah : Apa saja kandungan senyawa alami pada jamu kunyit asam? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, berikut beberapa lampiran yang kami ambil dari berbagai sumber di internet.

Kandungan jamu kunyit asam diantaranya : minyak atsiri, Kurkumin, magnesium, zat besi, seng, alumunium, natrium, kobalth, kalium, bismuth, kalsium, glukosa, fosfor, Vitamin C, Vitamin A, fruktosa, dan damar. Nah, dari senyawa inilah diperoleh jutaan manfaat yang kegunaan serta fungsinya terbilang cukup baik untuk menunjang beberapa kinerja organ tubuh. Untuk lebih ringkasnya, mungkin beberapa rangkuman dibawah ini bisa menjawab semua pertanyaan yang ingin anda ketahui.

35 Khasiat Jamu Kunyit Asam Untuk Kesehatan Dan Kecantikan :

1. Bersifat Mendinginkan
Hal ini didapat dari kunyit yang cukup baik untuk menurunkan demam serta mengurangi efek dari panas dalam. Tidak hanya itu saja, kunyit asem juga bermanfaat untuk mengatasi meriang dan gejala lain yang disebabkan oleh masuk angin.

2. Menetralkan Racun Dalam Tubuh
Jamu kunyit asam mempunyai fungsi sebagai detoksinasi guna menawarkan racun yang mengendap dalam tubuh. Khususnya racun yang ditimbulkan oleh berlebihnya pengunaan obat-obatan kimia yang anda konsumsi dalam jangka panjang.

3. Kaya Akan Antioksidan
Bagi anda yang gemar membaca, tentunya sudah paham betul dengan fungsi antioksidan bagi tubuh. Zat ini berguna untuk menjaga daya tahan tubuh dan menangkal radikal bebas yang bisa merugikan kesehatan. Selain itu kunyit juga membuat sistem imun menjadi lebih kuat yang pada akhirnya tubuh akan lebih kuat dan tidak mudah terserang penyakit.

4. Meringankan Gejala Maag
Maag sering juga dikenal dengan sebutan kelebihan asam lambung. Jika asam pada lambung naik, maka gejala yang akan ditimbulkan tidak bisa hindarkan. Pada umumnya gejala tersebut berupa mual, sakit perut, selera makan berkurang dan masih banyak lagi yang lainnya. Namun, kunyit asam disini akan membuat tingkat keasaman pada lambung lebih stabil.

5. Menjaga Berat Badan
Masalah ini biasanya menjadi suatu tantangan bagi kalangan orang yang mempunyai tubuh gemuk. Namun bisa juga digunakan bagi orang yang ingin mengontrol berat badan agar tidak berlebih. Serta terkait juga untuk pencegahan obesitas dan membuat tubuh anda tetap langsing. Kenapa demikian? Sebab kandungan pada ramuan ini bisa menekan rasa lapar dan mengurangi perasaan ingin makan anda yang begitu besar.

6. Bersifat Anti-septik
Terkadang anti-septik bisa anda dapat dengan mudah pada toko obat terdekat. Namun lebih aman lagi jika anda menggunakan ramuan dari kunyit asam. Sebab kunyit juga mempunyai antiseptik alami yang cukup baik untuk membunuh kuman dan mencegah tubuh terkena infeksi.

7. Melancarkan Produksi ASI
Bagi anda yang sedang menyusui, maka jamu kunyit asam bisa menjadi salah satu alternatif untuk memperbaiki kualitas ASI yang anda miliki. Dengan kuota yang lebih melimpah dan kualitas ASI lebih baik, maka pertumbuhan bayi anda akan berjalan lebih normal.

8. Mengurangi Radang Tenggorokan
Organ ini merupakan salah satu sistem pernafasan yang juga terkait dengan sistem pencernaan. Terjadinya radang pada tenggorokan biasanya disebabkan oleh masuk angin, panas dalam, dan juga asupan makanan yang mengurangi daya tahan tubuh. Namun untuk mengatasinya anda tidak butuh langkah yang rumit, cukup dengan mengkonsumsi kunyit asem secara rutin setiap hari hingga sembuh.

9. Mempercepat Penyembuhan Luka
Bagi anda yang mempunyai masalah dengan luka (khususnya luka bakar), maka tidak perlu khawatir dan bisa segera diatasi dengan hanya mengkonsumsi jamu kunyit asam. Kandungan anti-inflamasi dan antiseptik pada ramuan ini akan mempercepat dan membantu proses pengeringan pada luka. Diambil kesimpulan bahwa luka anda akan lebih cepat sembuh.

10. Melancarkan Sistem Pernafasan
Bagi anda yang mempunyai msalah dengan asma atau sesak nafas, maka salah satu ramuan yang bisa anda gunakan ialah jamu kunyit asam. Sebab selain mencegah radang pada tenggorokan, jamu ini juga berkhasiat sangat ampuh untuk mengurangi gejala kesulitan bernafas atau akibat alergi terhadap debu.

11. Mengurangi Perih Paparan Sinar Matahari
Bagi kalangan tertentu, terkena sinar matahari langsung akan membuat kulit terbakar dan mengalami iritasi. Terkadang juga akan membuat kulit anda luka dan bahkan perih tersebut dibarengi dengan rasa gatal yang tidak tertahankan. Nah, dengan adanya jamu kunyit asam, maka gejala seperti yang sudah dimaksud akan seger bisa ditangani.

12. Menghilangkan Bau Badan Yang Tidak Sedap
Kandungan nutrisi pada jamu kunyit asam mampu mengontrol keluarnya keringat berlebih pada kulit. Selain itu, senyawa berupa minyak atsiri membuat tubuh lebih harum dan mengurangi perkembangan bakteri pada kulit. Dengan begitu bakteri dan keringat penyebab bau badan akan lebih diminimalisir.

13. Mengatasi Kejang
Bagi anak yang sudah berumur 6 tahun keatas, terkadang masih saja mengalami kejang dikarenakan demam yang terlalu tinggi. Dan hal tersebut tidak bisa saja karena gejala typus (tipes) yang jika tidak segera ditangani akan bertambah parah. Jadi sebagai alternatif, anda bisa menggunakan ramuan jamu dari kunir asem ini.

14. Melancarkan Haid Yang Tidak Teratur
Masalah ini bisa terjadi pada semua kalangan wanita yang tidak memperhatikan kesehatan tubuh secara menyeluruh. Jadi keterlambatan datangnya masa haid sudah tidak asing dan mungkin anda juga sedang mengalaminya. Nah, ketika anda mengkonsumsi jamu kunyit asam ini. Maka proses menstruasi akan lebih lancar serta lebih teratur tiap bulannya.

15. Menjaga Stamina Tubuh
Sama halnya dengan minuman penambah tenaga, kunyit asam juga bisa menjaga tubuh tidak mudah lelah dan selalu bugar meskipun mengalami kepadatan aktifitas kerja setiap hari. Minum secara rutin, maka tubuh anda akan tetap sehat dan fit meskipun perkerjaan anda berat.

16. Menjaga Kelembapan Kulit
Dalam hal ini jamu kunyit asam mempunyai kandungan vitamin C dan serat yang mendukung pembentukan kolagen kulit sehingga bisa memperbarui sel-sel kulit yang rusak. Jadi kulit tidak mudah terkena penyakit seperti jamur ataupun mengalami dehidrasi (kekeringan).

17. Menunda Penuaan Dini
Jamu kunyit asam mempunyai sifat anti-aging yang berfungsi untuk menjaga dan memperbaiki sel-sel kulit rusak. Dengan begitu masalah kulit seperti pengeriputan, garis halus, mata panda, dan masalah lain yang terkait bisa anda atasi. Jika anda mengkonsumsinya secara rutin, maka anda akan tampak lebih awet muda dibanding dengan umur yang sebenarnya.

18. Meringankan Gejala Sariawan
Masalah ini terkait dengan panas dalam yang juga bisa menimbulkan bibir pecah-pecah, luka didalam mulut, sakit tenggorokan, dan masih banyak lagi yang lainnya. Hal ini karena sifat anti-bakteri yang baik untuk membunuh kuman yang berkembang dalam mulut.

19. Menjaga Kesehatan Mata
Bagi sebagian orang, indera penglihatan tidak selalu normal dan terkadang mengalami reaksi sensitif terhadap cahaya. Oleh karena adanya kandungan vitamin A yang cukup tinggi, maka jamu ini sangat baik dan bisa dikonsumsi secara rutin untuk mengatasi masalah tersebut.

20. Menjaga Kesehatan Ginjal
KInerja ginjal terkadang mengalami gangguan dimana dampaknya akan berimbas pada kencing batu, kesulitan buang air kecil dan lain sebagainya. Dalam hal ini jamu kunyit asam sangat baik untuk menjaga kinerja dan kesehatan ginjal secara maksimal.

21. Mengecilkan Perut Buncit
Selain mampu dalam melancarkan sistem pencernaan, jamu alami ini berkemampuan sebagai peluntur lemak yang menghancurkan lemak berlebih pada perut. Jadi bagi anda yang mempunyai perut gendut, ada baiknya jika mencoba dan membuatnya sendiri dirumah sebagai salah satu menu diet.

22. Menjaga Kesehatan Lambung
Minyak Atsiri pada jamu kunyit asam ampuh untuk membersihkan lambung dari berbagai jenis bakteri jahat. Bisa juga karena pemumpukan sisa makanan serta gas beracun yang tidak bisa keluar. Dalam hal ini jamu kunyit ini bisa membuang bakteri tersebut melalui saluran feses.

23. Mencegah Kolesterol Jahat
Masalah penuaan bisa muncul pada siapa saja yang kurang memperhatikan asupan makanan. Salah satunya ialah kadar kolesterol jahat yang terdapat pada saluran darah. Tapi dengan jamu kunyit asem masalah ini bisa segera teratasi.

24. Mengatasi Anemia
Tubuh terkadang mengalami anemia dikarenakan asupan makanan atau gaya hidup yang kurang sehat. Gejala kurang darah biasanya tidak jauh dari pucat, pusing, lemah, letih, lesu, dan lain sebagainya. Namun dengan ramuan ini masalah yang anda alami akan teratasi dan membuat tubuh anda lebih bugar.

25. Mencegah Penggumpalan Darah
Kunyit Asam berkhasiat untuk melancarkan sirkulasi atau peredaran darah dalam tubuh. Dengan begitu, aliran darah lebih normal dan bisa mencegah penggumpalan pada pembuluh serta jaringan tubuh secara menyeluruh.

26. Mengontrol Kadar Gula Darah
Gula darah yang tinggi bisa berakibat pada diebetes yang pada akhirnya akan membuat kesehatan tubuh menurun drastis. Jika dibiarkan, maka daging akan meleleh karena luka. Biasanya hal ini diawali pada jari kaki kemudian merambat pada bagian tubuh lain. Dengan ramuan kunyit asam, maka kadar gula darah lebih stabil dan membuat tubuh tetap sehat secara optimal.

27. Mengatasi Gejala Keputihan
Gejala ini terkadang muncul pada organ kewanitaan yang tidak terawat. Dan bisa juga dibarengi dengan keluarnya darah haid sehingga bercampur bau yang tidak sedap serta amis. Namun minyak atsiri pada kunyit asam membuat masalah tersebut bisa diminimalisir.

28. Mencegah Kanker Dan Tumor Pada Tubuh
Fungsi jamu kunyit asam bisa menghambat pertumbuhan sel tumor dan kanker pada tubuh. Jika dikonsumsi secara rutin sejak dini, maka kemungkinan besar anda akan terhindar dari gangguan kesehatan khususnya dari penyakit yang sudah kami maksud.

29. Menghentikan Diare
Meski dibilang melancarkan sistem pencernaan, senyawa minyak atsiri pada kunyit asam juga apuh untuk mengentalkan kotoran atau feses yang terlalu encer. Jika dikonsumsi secara rutin sebelum tidur, maka penyakit diare akan sembuh dengan cepat.

30. Mengobati Penyakit Kulit
Sifat anti-bakteri dan anti-inflamasi pada ramuan ini berkemampuan sangat baik dalam menyembuhkan penyakit kulit. Konsumsi ramuan secara rutin, maka bakteri dan jamur pada kulit akan mati sehingga kudis, kurap, bengkak serta ruam pada kulit akan sembuh.

31. Mengeluarkan Angin
Jika anda mengalami kembung, kunyit asam bisa mengeluarkan angin yang terjebak pada lambung dan usus. Biasanya gejala ini karena anda mengalami panas dalam dan juga kesulitan buang air besar.

32. Menyembuhkan Amandel
Amandel sebenarnya bukanlah sebuah penyakit. Namun karena terjadi pembengkakan, maka masalah ini bisa saja menganggu dan menimbulkan rasa nyeri ketika hendak menelan makanan. Untuk mengurangi radang tersebut, maka anda bisa mengkonsumsi jamu kunyit asam secara rutin.

33. Mempercepat Proses Persalinan
Kunyit Asam membuat ibu hamil lebih kuat dan sehat secara alami. Jika rajin mengkonsumsi, maka panggul akan lebih kuat, sistem peredaran darah lebih lancar, mengurangi rasa nyeri dan melancarkan proses persalinan (melahirkan).

34. Mencegah Kepikunan Dini (Alzheimer)
Alzheimer merupakan salah satu penyakit gangguan pada otak yang penderitanya akan menjadi pelupa. Masalah ini bisa muncul bagi orang yang selalu stres, terlalu banyak pikiran dan masalah serta lain sebagainya. Untuk mencegah hal tersebut, maka anda bisa memanfaatkan ramuan dari kunyit asam sebagai alternatifnya.

35. Mengobati Disentri
Disentri merupakan gangguan pencernaan yang bisa dikenali dengan susah BAB, Feses bercampur lendir dan darah, serta terasa sakit ketika hendak buang air besar. Masalah ini tidak akan muncul jika anda meminum jamu dari rimpang kunyit dan daun asam jawa.


Nah, demikianlah ulasan mengenai 35 Khasiat Jamu Kunyit Asam Untuk Kesehatan Dan Kecantikan. Semoga bisa membantu dan berguna bagi anda yang membutuhkan!

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel