9 Khasiat Bunga Anyelir Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

Khasiat Bunga Anyelir mungkin tidak begitu umum dikarenakan bentuk dan warna bunga yang sangat mencolok. Padahal jika dipelajari lebih lanjut, ada begitu banyak Manfaat Bunga Anyelir bagi kesehatan. Salah satunya ialah untuk diare, menyembuhkan sembelit, membersihkan darah, peluruh kencing dan masih banyak lagi yang lainnya. Nah, bagi anda yang ingin menambah wawasan terkait dengan tanaman obat dari bunga, mungkin artikel yang akan kami bagikan ini bisa sedikit membantu!
9 Khasiat Bunga Anyelir Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

Anyelir (Nama latin atau ilmiah : Dianthus caryophyllus) sering juga dikenal dengan bunga teluki adalah sejenis bunga yang sering dijadikan tanaman hias dan sering ditanam pada media pot. Umumnya bunga ini sudah sangat populer dikarenakan bentuk bunga cukup menarik dan bisa memperindah lingkungan. Tidak hanya itu saja, ada berbagai macam varian warna yang menjadi ciri khas dari bunga ini.

==> Yuk Lihat Juga : Khasiat Sayur Bening Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

Bunga Anyelir diduga berasal dari Mediterania dan Terbagi dalam dua jenis. Seperti satu bunga dalam setiap tangkai dan terdapat banyak bunga pada satu tangkai. Pada umumnya bunga ini bisa bertahan hidup hingga 20 bulan dengan tinggi hingga 2 m. Tapi agar bisa mencapai tinggi maksimal, anda harus mengikat batang pada bahan pendukung seperti bambu atau tanaman lain disekitarnya. Klasifikasi dari kerajaan plantae, kelas magnoliopsida, dan family Caryophyllaceae.

Apa saja kandungan senyawa pada bunga anyelir? Jika melihat dari begitu banyaknya manfaat bunga anyelir bagi kesehatan. Pastinya menimbulkan tanda tanya yang masih terkait dengan senyawa kimia yang terdapat didalamnya. Adapun kandungan tersebut diantaranya : Saponin, krisoeriol glukosid, isoorientin glukosid, isovitexin glukosid, sitosterol glukopiranosid, glukopiranosid, diancinenosid dan hideragenin, serta masih banyak lagi senyawa lainnya.

Mungkin bagi sebagian orang sudah bisa menebak apa saja kegunaan dari bunga anyelir ini untuk pengobatan jika melihat dari segi kandungan yang sudah kami sebutkan diatas. Namun bagi anda yang ingin mengetahui secara detail mengenai fungsi tersebut, ada baiknya jika melihat daftar manfaat yang sudah kami rangkum dibawah ini.

9 Khasiat Bunga Anyelir Untuk Kesehatan Dan Kecantikan :
  1. Menghentikan Diare : Bagi anda yang mempunyai masalah dengan sistem pencernaan. Bunga anyelir sangat cocok untuk menyembuhkan diare atau murus.
  2. Menyembuhkan Infeksi Saluran Kemih (ISK). Meski tidak semua orang mengalami masalah dengan saluran kemih, namun gejala infeksi bisa saja terjadi. Sedangkan untuk mengatasinya, alternatif yang bisa anda gunakan ialah dengan bunga anyelir.
  3. Bersifat Anti-Inflamasi : Sifat alami ini sangat baik untuk mengobati radang atau eksim yang terjadi pada kulit.
  4. Obat Herbal Kencing Batu : Penyakit yang juga dikenal dengan batu ginjal ini merupakan masalah yang terkait dengan sistem urine. Adanya pengendapan zat kapur didalam saluran kemih sehingga butuh ramuan khusus untuk mengeluarkannya. Salah satu cara yang bisa anda pilih ialah dengan ramuan bunga anyelir.
  5. Meingankan sakit kepala yang sangat cocok untuk menyambuhkan pusing, migrain dan gejala lainnya yang masih terkait.
  6. Mengatasi sembelit sehingga cocok untuk anda yang sedang mengalami feses keras dan kesulitan untuk buang air besar.
  7. Sebagai peluruh seni yang bisa melancarkan saluran kemih dan mempermudah keluarnya air kencing.
  8. Membantu melancarkan proses persalinan bagi kalangan ibu yang sedang melahirkan.
  9. Sebagai obat cuci darah yang mempunyai kemampuan untuk membersihkan darah kotor.
Bagaimana Cara Membuat dan Menggunakan Bunga Anyelir sebagai obat? Sebenarnya resep jamu dari bunga anyelir sangatlah mudah dan sederhana saja. Untuk lebih singkatnya, berikut beberapa rangkuman yang bisa anda ikuti!

1. Menyembuhkan Diare
Pertama anda harus menyiapkan 60gr daun anyelir atau sekitar 1 genggam. Cuci bersih kemudian direbus dengan setengah gelas air hingga mendidih. Saring dan minum air selagi hangat. Untuk hasil optimal, lakukan secara rutin 1x sehari hingga sembuh.

2. Meredakan Pusing (Sakit Kepala)
Untuk meringankan gejala sakit kepala, anda hanya butuh menyiapkan 10gr daun bunga anyelir. Cuci dan potong kecil kemudian diseduh dengan 20ml air mendidih. Diamkan sejenak hingga hangat, saring dan bisa langsung diminum airnya.

3. Mengobati Eksim (Radang atau Bercak Merah pada kulit)
Penyakit yang bisa dikenal dengan tanda bercak, memar dan noda merah pada kulit ini sering menjadi suatu masalah yang harus segera diatasi. Hal yang perlu anda lakukan ialah dengan menghaluskan daun kemudian tapalkan pada kulit yang terdapat eksim.

4. Peluruh Kencing Dan Bersih Darah
Tidak perlu takaran khusus untuk mengatasi masalah kesehatan seperti yang dimaksud. Pertama anda siapkan daun bunga anyelir secukupnya dan direbus dengan air hingga mendidih. Minum secara rutin hingga benar-benar dirasakan hasilnya.

==> Yuk Baca Juga : Khasiat Kulit Bawang Merah Untuk Kesehatan

Demikianlah ulasan singkat tentang 9 Khasiat Bunga Anyelir Untuk Kesehatan Dan Kecantikan. Semoga bisa membantu dan berguna bagi anda yang membutuhkan!

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel