17 Khasiat Daun Benalu Dan Efek Sampingnya Bagi Kesehatan

Khasiat Daun Benalu mungkin belum begitu umum karena tidak banyak dari kalangan masyarakat yang memanfaatkannya. Padahal jika anda pelajari lebih lanjut, ada begitu banyak Manfaat Daun Benalu Bagi kesehatan. Salah satu dari kegunaan tersebut diantaranya ialah sebagai obat kanker, tidur mendengkur, epilepsi, menjaga kesehatan jantung, mencegah radang dan masih banyak lagi yang lainnya. Nah, bagi anda yang ingin tahu lebih lanjut tentang apa saja fungsi obat dari daun benalu, berikut ini kami sudah merangkum beberapa rincian dimana isinya menjelaskan tentang berbagai cara pengolahan dan hasil yang akan didapat oleh tubuh.

Khasiat Daun Benalu

Sebelum anda mengetahui apa saja manfaat daun benalu, mungkin anda juga harus tahu seperti apa ciri dan bentuk dari tanaman yang dianggap parasit tersebut. Jika dilansir dari Wikipedia, Benalu (nama latin atau ilmiah : Loranthus) adalah salah satu tanaman yang tergolong dalam suku Loranthaceae. Termasuk tumbuhan parasit karena hidupnya menggantungkan (menempel) pada tanaman lain khususnya pada pohon yang tinggi seperti mangga dll. Tanaman ini sangat mudah dijumpai pada dahan (ranting) khususnya pada daerah tropis seperti Indonesia. Biji tumbuhan ini mengandung getah yang menyerupai lem sehingga bisa menempel dengan mudah pada pohon lain dengan bantuan burung. Benalu bisa menyerap makanan dari pohon inangnya sehingga boleh dibilang sangat merugikan. Maka dari itu banyak dari kalangan petani yang langsung membersihkan serta tidak membiarkan tanaman benalu ini berkembang. Karena jika tidak, akan membuat pohon inang akan kering atau terburuknya hingga mati.

==> Yuk Lihat Juga : 5 Khasiat Egoji Untuk Kesehatan

Bagaimana pohon benalu ini berkembang? Diatas kami menjelaskan, penyebaran dari daun benalu dibantu dengan adanya burung. Awalnya burung memakan buah dan biji benalu, kemudian burung akan membuang kotoran dan menempel pada dahan yang nantinya menjadi inang. Nah, karena biji dari benalu bersifat lengket, maka dengan menempelnya biji tersebut pada dahan akan berubah menjadi kecambah yang kemudian tumbuh sebagai calon benalu muda. Hal ini terjadi seterusnya hingga petani pada kebun akan membasminya.

Yang sering menjadi pertanyaan disini adalah : Apa saja manfaat Daun Benalu Untuk Kesehatan? Sebenarnya benalu terbagi dalam begitu banyak jenis. Salah satunya sudah kami bahas pada artikel sebelumnya yaitu 8 Khasiat Daun Kitolod dan juga 11 Khasiat Tanaman Akar Angin Untuk Kesehatan. Disitu kami juga sudah membahas secara detail dan terperinci akan segala khasiat yang bisa anda dapat untuk tubuh. Namun untuk topik kali ini boleh dibilang sangat berbeda, sebab jika dilihat dari bentuk dan habitat hidup, tanaman ini cukup berbeda.

Untuk menyingkat waktu membaca serta menyempurnakan pengetahuan anda akan segala khasiat dari daun benalu, berikut ini kami merangkum beberapa jawaban dari semua pertanyaan yang ingin anda ketahui. Dahulu benalu sangat terkenal sebagai pengobatan herbal china, namun seiring dengan perkembangan zaman yang semakin canggih, obat-obat alami semakin dilupakan. Ini selengkapnya!!!

17 Khasiat Daun Benalu Dan Efek Sampingnya Bagi Kesehatan

#1. Menyembuhkan Kanker
Pada daun benalu terdapat kandungan atau zat kimia alami yang bisa menghambat dan membunuh sel kanker pada tubuh. Hal ini sudah lama diteliti dan banyak digunakan sebagai obat alternatif pada kalangan masyarakat Eropa. Kanker merupakan sejenis penyakit mematikan yang paling ditakuti, namun dengan adanya alternatif ini, tentunya akan sangat membantu dalam mengurangi serangan sel yang merugikan kesehatan tersebut.

#2. Diperkaya Antioksidan
Anda pastinya sudah paham betul akan fungsi antioksidan bagi tubuh. Dengan adanya antioksidan alami pada daun benalu, tentunya tubuh anda akan terbebas dari serangan radikal yang bisa merugikan kesehatan. Salah satu diantaranya ialah sel kanker.

#3. Mengatasi Tumor
Tumor merupakan sel yang jika dibiarkan akan berubah menjadi kanker ganas. Dan daun benalu mempunyai difat anti-tumor yang bisa menghambat atau bisa membunuh pertumbuhannya dalam tubuh. Dikarenakan daun benalu memperkuat sistem pertahanan terhadap penyakit, maka tidak mustahil juga bila dikonsumsi secara rutin akan membuat tubuh anda terhindar dari sel seperti tumor.

#4. Melancarkan Sirkulasi Darah
Darah mempunyai fungsi sebagai penyuplai oksigen pada seluruh tubuh. Jika peredraan tidak lancar, maka tidak menutup kemungkinan akan menyebabkan beberapa jenis penyakit yang terkait didalamnya. Salah satu imbas dari tidak lancarnya sirkulasi darah ialah pembuluh darah pecah, radang, dan juga tekanan darah tinggi.

#5. Menurunkan Tekanan Darah
Tekanan darah tinggi atau yang juga dikenal dengan hipertensi umumnya sering terjadi pada siapa saja yang kurang memperhatikan kesehatan. Tekanan darah tinggi menyebabkan kinerja jantung tidak berjalan normal. Dan jika hal ini anda biarkan, maka dampak buruk yang bisa anda rasakan tidak bisa dihindari. Dikarenakan daun benalu mempunyai sifat anti-hipertensi, maka alternatif ini tidak bisa anda anggap remeh.

#6. Mengatasi Tidur Mendengkur
Tidur mendengkur atau yang juga dikenal ngorok tidak bisa anda anggap remeh. Sebab bisa jadi gejala tersebut merupakan suatu pertanda bahwa tubuh anda sedang dalam keadaan tidak sehat. Tidur mendengkur sering terjadi pada orang yang mengalami obesitas (kegemukan) dan juga hal lain seperti radang tenggorokan serta penyakit lain yang belum terdeteksi. Mendengkur pada saat tidur terlelap akan memicu penyumbatan saluran pernafasan dan hal tersebut sangat berbahaya bagi anda jika tidak segera ditangani. Maka dari itu anda harus menjaga berat badan, berolah raga lebih rutin, dan mengkonsumsi daun benalu sebagai pengganti teh.

==> Yuk Simak Juga : 18 Khasiat Goji Berry Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

#7. Menjaga Kesehatan Jantung
Dikarenakan peredaran darah lancar dan tekanan yang terjadi berjalan normal, maka secara tidak langsung akan berimbas pada kinerja organ jantung. Kandungan senyawa alami pada daun benalu mempunyai manfaat yang cukup baik dalam merawat jantung aga tetap sehat. Seperti halnya mengembalikan kinerja jantung yang detaknya tidak normal, mencegah stroke dan lain sebagainya. Cara yang bisa anda lakukan ialah dengan mengkonsumsi teh dari daun benalu serta mengkonsumsinya secara rutin hingga gejala-gejala yang disebabkan bisa diatasi.

#8. Meringankan Pusing
Anda sering mengalami sakit kepala? Mungkin hal tersebut merupakan imbas dari dampak penyakit lain atau memang dalam keadaan pikiran terlalu berat. Pusing merupakan penyakit yang lumayan menyiksa dan bisa menghambat aktifitas harian anda. Untuk mengobati pusing tersebut, anda bisa memaksimalkan fungsi dari daun benalu.

#9. Mengatasi Epilepsi
Epilepsi atau yang juga dikenal dengan gangguan sistem syaraf merupakan salah satu penyakit yang sudah sangat umum diderita oleh siapa saja. Penderita epilepsi akan sangat kesulitan mengontrol tubuh dan mungkin akan mengalami sulit bergerak. Dan untuk mengatasi masalah tersebut, tidak sedikit dari kalangan masyarakat cina yang memanfaatkan daun benalu sebagai obat alternatifnya.

#10. Mengobati Radang Persendian
Daun benalu mempunyai sifat anti-inflamasi yang bisa mengurangi efek dari peradangan. Jika anda mengalami radang sendi, maka salah satu obat herbal yang bisa anda gunakan ialah daun benalu. Manfaat yang bisa anda dapat ialah menyembuhkan radang (bengkak) dan juga mengurangi nyeri yang ditimbulkan.

#11. Menjaga Kepadatan Tulang Dan Gigi
Daun benalu mempunyai banyak sekali kandungan mineral yang fungsinya cukup baik dalam menjaga kesehatan dan kekuatan tulang serta gigi. Zat tersebut bisa mencegah tulang keropos dan tulang tubuh anda menjadi lebih kuat secara alami.

#12. Obat Herbal Hepatitis
Hepatitis atau penyakit yang merupakan gangguan pada organ hati ini sering menjangkiti siapa saja yang kurang menjaga kesehatan. Hepatitis bisa dikenal dengan penyakit kuning atau juga terdapat sel kanker dan tumor pada organ yang dimaksud. Dan untuk menjaga organ hati menjadi lebih sehat serta alternatif untuk mengobati penyakit hepatitis, maka daun benalu merupakan salah satu solusi yang bisa anda terapkan.

#13. Mencegah Keguguran
Jika membahas keguguran, tentunya terkait juga dengan kesehatan kehamilan (kandungan). Dan agar janin dalam kandungan anda tetap sehat, pastinya anda akan melakukan berbagai cara untuk menjaganya tetap tumbuh dan sehat hingga proses melahirkan. Dikarenakan terkadang bagi ibu hamil mengalami pendarahan, maka untuk mencegah tragedi buruk tersebut, maka anda bisa menggunakan daun benalu sebagai obat herbal yang bisa mencegah keguguran.

#14. Bersifat Anti-bakteri
Lingkungan sangat mempengaruhi kesehatan khususnya bagi anda yang hidup pada wilayah kurang bersih. Lingkungan kotor tentunya menyimpan bakteri serta radikal bebas lain yang pada akhirnya sangat merugikan kesehatan. Dan untuk menangkal tubuh dari serangan bakteri, maka daun benalu merupakan salah satu alternatif alami yang bisa anda gunakan sebagai jamu.

#15. Obat Herbal Untuk Wasir Dan Disentri
Dua jenis penyakit terkait dengan sistem pencernaan. Wasir atau ambeien merupakan penyakit yang bisa dikenali dengan adanya campuran darah pada feses (saat BAB), sedangan disentri terdapat lendir atau cairan kental yang terlihat seperti nanah. Bagaimana cara menyembuhkannya? Tentunya anda bisa memaksimalkan fungsi dari daun benalu dan mengkonsumsinya hingga penyakit yang anda derita sembuh.

#16. Menetralkan Racun
Sebenarnya manfaat ini terkait dengan kesehatan organ hati yang fungsinya juga ikut andil dalam menawarkan racun yang masuk melalui makanan yang kita konsumsi. Banyak sekali jenis racun yang sangat berbahaya bagi kesehatan. Sehingga mau tidak mau anda harus mengambil langkah tepat agar racun tersebut bisa di netralisir. Disini manfaat daun benalu bisa membantu anda dalam mengatasi racun tersebut dan mengeluarkannya melalu kotoran.

#17. Menjaga Kesehatan Ginjal
Organ ginjal mempunyai peranan penting dalam mengatur sekresi tubuh. Salah satunya ialah mengeluarkan urine dan juga hal lain yang masih terkait. Jika kinerja ginjal terganggu, maka banyak sekali dampak yang bisa terjadi karenanya. Salah satu penyakit yang biasanya terjadi karena gangguan ginjal ialah kencing batu (batu ginjal), dan saluran kemih menjadi tidak normal. Untuk mengatasi masalah tersebut, anda bisa menggunakan daun benalu sebagai obat alternatif.

Efek Samping Pada Daun Benalu

Nah, dengan begitu banyaknya manfaat yang tersimpan pada tanaman parasit tersebut. Adapula efek samping yang menjadi dampak negatif jika dikonsumsi secara tidak tepat. Maka dari itu, anda harus menggunakan langkah yang benar agar efek samping dibawah ini bisa anda hindari. Beberapa dampak negatif tersebut diantaranya : Diare (murus), membuat perut terasa sakit, kembung, menghilangnya selera makan, mulut menjadi kering, kepala menjadi pusing, mata berkunang-kunang, terparah bisa juga menyebabkan kematian jika anda mengkonsumsi daun benalu ini secara berlebihan. Maka dari itu, anda harus lebih pintar dan memanfaatkan daun benalu sewajarnya saja.

==> Yuk Baca Juga : 5 Khasiat Jamu Awet Ayu Untuk Tetap Tampil Muda

Demikianlah ulasan singkat yang bisa kami bahas mengenai 17 Khasiat Daun Benalu Dan Efek Sampingnya Bagi Kesehatan. Semoga apa yang kami tulis ini bisa membantu dan memberikan manfaat bagi semua orang yang membutuhkan. Jangan lupa dishare ya...!!! Terima kasih!

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel