6 Khasiat Daun Yodium Untuk Luka

Khasiat Daun Yodium ini sudah sangat familiar dan dikenal secara luas oleh kalangan masyarakat. Sebab sejak dulu getah daun dari tanaman ini sering dijadikan obat khususnya dalam menyembuhkan luka. Manfaat Daun Yodium diantaranya ialah menghentikan darah, mempercepat penyembuhan luka, mencegah pembengkakan dan masih banyak lagi yang lainnya. Nah, bagi anda yang penasaran akan fungsi obat pada daun yodium, berikut kami sudah merangkumnya untuk anda. Yuk simak saja langsung keterangan singkat dibawah ini!

6 Khasiat Daun Yodium Untuk Luka

Daun Yodium (Nama Latin atau Ilmiah : Jatropha multifida L.) adalah sejenis tanaman yang sering ditemukan sebagai tanaman hias pada lingkungan sekitar. Bisa juga dibilang bahwa pohon yodium ini difungsikan sebagai pagar hidup dengan multi-fungsi untuk aptotik hidup yang getah daun ini bisa dijadikan obat untuk menyobati luka. Beberapa nama daerah dari daun yodium sering dikenal dengan sebutan betadine, jarak gurita, balacai batai, jarak tintir, dan juga jarak cina. Dikarenakan tanaman ini lebih mudah tumbuh, maka bisa ditanam dilingkungan apa saja. Entah itu dibonsai (ditanam pada pot) atau juga alternatif lainnya.

==> Yuk Lihat Juga : 12 Khasiat Empedu Ular Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

Deskripsi tanaman bisa anda kenali dengan melihat lampiran gambar yang sudah kami sediakan diatas. Namun untuk lebih jelasnya, maka kami akan mencoba untuk memberikan sedikit penjelasan terkait. Tanaman Yodium bisa tumbuh hingga tahunan, berbentuk semak, mempunyai akar tunggang, ketinggian batang umumnya mencapai tinggi hingga 2 meter. Daun bersegi lima seperti layaknya daun singkong, namun terdapat gerigi pada bagian tepi daun. Dan jika dipatahkan (pada bagian tangkai daun) akan mengeluarkan getah kental dan getah inilah yang sering dijadikan oba luar yang bisa langsung digunakan.

Namun yang sering menjadi pertanyaan ialah : Apa saja kandungan senyawa pada tanaman yodium? Mempunyai rasa yang pahit, daun yodium mempunyai kandungan berupa alkaloid, saponin, tanin, HCN, beta sitosterol, kampesterol, alpha amirin, stigmasterol, dan 7-alfa-diol. Nah, dari kandungan inilah diperoleh jutaan manfaat yang mungkin saja tidak anda sadari sebelumnya.

6 Khasiat Daun Yodium Untuk Luka

#1. Menghentikan Pendarahan
Getah dari daun yodium akan mengeluarkan getah jika dipatahkan. Jika ditempelkan langsung pada luka yang masih baru, maka darah pada luka tersebut akan cepat berhenti. Hal ini karena getah tersebut mempunyai kemampuan untuk menggumpalkan darah yang keluar akibat luka.

#2. Sebagai Anti-bakteri Alami
Luka yang anda alami bisa saja terdapat bakteri sehingga akan sulit sembuh. Jika bakteri tersebut dibiarkan, maka ada kemungkinan luka anda akan membusuk karena terjadinya infeksi. Sebagai langkah awal pencegahan terjangkitnya bakteri, ada baiknya jika segera melakukan pengobatan dengan daun yodium. Karena getah tanaman ini bisa membunuh bakteri dan mencegah berkembang lebih lanjut.

#3. Meringankan Gejala Terkilir
Mungkin anda tidak sadar bahwa terkilir (sering disebut juga salah urat) merupakan suatu bentuk bergesernya urat sehingga aliran darah menjadi tidak lancar. Dengan begitu akan ada pembengkakan yang muncul. Cukup bubuhi dengan daun yodium yang sudah ditumbuk halus, maka luka terkilir anda akan cepat sembuh.

#4. Menurunkan Demam
Demam atau suhu tubuh tinggi sering menjadi permasalahan pada semua kalangan. Tidak terkecuali anak-anak yang lebih rentan karena daya tahan tubuh belum maksimal. Nah, daun yodium bisa anda gunakan sebagai kompres herbal yang bisa menyerap panas serta mempercepat penurunan demam.

#5. Mempunyai Sifat Anti-Inflamasi
Hal ini terkait dengan adanya benturan secara tidak sengaja atau juga terjatuh dan menyebabkan luka. Masalah ini terkadang menimbulkan radang yang dibarengi dengan rasa nyeri (cenat-cenut). Bagaimana mengatasinya? Anda sudah bisa menjawab sendiri yaitu dengan cara menapalkan daun daun yodium (duhaluskan terlebih dahulu) pada area kulit yang terdapat radang.

#6. Menjaga Kesehatan Gigi
Membersihkan gigi dengan sikat memang menjadi rutinitas kita sehari-hari. Namun apa anda tidak berpikir bahwa menyikat gigi saja tidak akan memaksimalkan kebersihan bakteri atau sisa makanan. Maka dari itu, anda bisa membuat obat kumur alami yang terbuat dari daun yodium. Fungsinya ialah sebagai anti-bakteri dan juga mencegah pertumbuhan kuman yang mungkin saja menyebabkan sakit gigi.

Jika melihat banyaknya daftar manfaat diatas, tentunya anda jga bertanya-tanya tentang bagaimana cara menggunakan daun yodium sebagai obat. Maka dari itu, berikut kami juga sudah menyediakan tata cara pemakaian yang baik dan benar. Yuk langsung simak saja!

# Menurunkan Demam
Pertama anda persiapkan dulu daun yodium secukupnya (3 hingga 5 tangkai) yang masih segar. Kemudian cuci hingga bersih dan ditumbuk hingga halus dan membentuk adonan yang bisa dibentuk. Selanjutnya tempel pada kening serta didiamkan hingga mengering dengan sendirinya.

# Sebagai Obat Kumur
Obat kumur dari daun yodium ini baik digunakan sebelum anda menyikat gigi. Cara penggunaan ialah dengan menyiapkan sekitar 2 buah biji tanaman yodium. Haluskan dan seduh dengan air hangat. Selanjutnya gunakan sekitar 10 menit sebelum sikat gigi.

# Mengobati Luka
Tidak hanya untuk luka saja, melainkan juga untuk mengempiskan bengkak, mencegah infeksi dan lain sebagainya. Selanjutnya ambil daun dari 1 tangkat pohon yodium serta oleskan getah yang keluar pada luka. Memang sedikit agak perih dengan sensasi dingin, namun efek ini akan mempercepat pengeringan luka dan membuat luka anda tidak busuk karena infeksi. Jika pemberian getah dalam waktu yang tepat, mungkin dalam seminggu luka anda akan sembuh dan kulit mulai mengelupas.

==> Yuk Baca Juga : 30 Khasiat Daun Afrika Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

Demikianlah artikel singkat yang bisa kami tulis mengenai 6 Khasiat Daun Yodium Untuk Luka. Semoga bisa membantu dan berguna bagi anda yang membutuhkan. Jangan lupa dishare ya...!!! Terima kasih!

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *