13 Khasiat B Complex Bagi Kesehatan Tubuh

Khasiat B Complex banyak kita baca diberbagai media seperti portal berita, sosial media, blog kesehatan, koran dan lain sebaginya. Namun hal tersebut hanya berupa kesimpulan saja, sedangkan jika dibahas lebih detail, ada begitu banyak Manfaat vitamin B Kompleks yang mungkin saja belum anda ketahui. Nah, disini kami akan mencoba untuk memberikan sedikit rangkuman terkait dengan fungsi dan kegunaan vitamin b compleks bagi kesehatan atau kecantikan. Untuk lebih singkatnya, mari kita simak beberapa rincian singkat dibawah berikut!

5 Khasiat B Complex Bagi Kesehatan Tubuh

Sepintas mengenai vitamin yang satu ini, B Complex merupakan satu kelompok vitamin B yang terbagi dalam beberapa jenis yang masing-masing mempunyai keistimewaan tersendiri. Dari kesemua vitamin yang termasuk b compleks ini memilik manfaat yang cukup unik dan memang dibutuhkan oleh tubuh dalam kehidupan sehari-hari. Beberapa diantaranya ialah : Vitamin B1, B2, B3, B5, B6, B7, B9, dan vitamin B12. Karena kesemua vitamin ini dibutuhkan oleh semua proses metabolisme tubuh, sangat tidak heran jika asupan nutrisi khususnya yang mengandung vitamin ini paling tidak bisa terpenuhi. Vitamin ini juga mempunyai fungsi terkait dan terhubung antara satu dengan yang lain (bersinergi) sehingga jika tubuh anda kekurangan dari salah satu vitamin B Kompleks ini akan menimbulkan ketidakseimbangan pada tubuh. Meski anda sedang mengatur pola makan (diet), harus dipastikan terlebih dahulu bahwa semua kebutuhan vitamin anda sudah cukup dan terpenuhi.

==> Yuk Lihat Juga : 7 Khasiat Bulu Perindu Untuk Pengasih

Pada sebagian besar Vitamin B Complex bisa atau bersifat larut dalam air. Meski tubuh mempunyai asupan vitamin B berlebih, maka sisa yang masih ada akan diekskresikan melalui sistem urine (Saluran kemih). Vitamin B juga termasuk essensial yang pada dasarnya tubuh tidak bisa menyimpan ataupun memperoduksi sendiri. Jadi bisa anda simpulkan bahwa vitamin B harus didapat dari asupan makanan ataupun minuman yang anda konsumsi dalam kehidupan sehari-hari. Dan anda tidak perlu khawatir akan kekurangan vitamin B, karena sebagian besar makanan yang kita konsumsi sudah terdapat zat ini yang salah satunya ialah nasi, jagung, jenis sayur dan daging yang menjadi bahan konsumsi harian anda.

Nah yang menjadi pertanyaan disini adalah : Apa saja manfaat dan fungsi vitamin b kompleks bagi tubuh? Mungkin rincian yang sudah kami tulis dibawah ini bisa menjawab semua pertanyaan yang ingin anda ketahui. Namun sebelum itu, ada baiknya jika anda mengetahui terlebih dahulu fungsi dari masing-masing zat vitamin B seperti B1, B2 dan lain sebagainya. Agar penjelasan yang kami berikan lebih singkat, yuk langsung saja pada topik.

Manfaat Dan Fungsi Masing-masing Vitamin B Kompleks
  1. Vitamin B1 (Thiamine) : Mempunyai fungsi untuk membantu sel tubuh dalam menghasilkan energi, menjaga kesehatan jantung, dan menunjang metabolisme karbohidrat.
  2. Vitamin B2 (Riboflavin) : Berguna dalam melindungi tubuh dari berbagai jenis penyakit seperti kanker, migrain, serta katarak pada mata.
  3. Vitamin B3 (Niacin) : Berfungsi untuk melepaskan energi dari zat-zat nutrien, menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah, mengatasi gangguan pada sistem persendian dan juga bisa mengurangi depresi.
  4. Vitamin B5 (Asam Panthothenate) : Bermanfaat untuk mengurangi adanya alergi, mengatasi kelelahan seperti (letih, lesu, dan lemas), mengurangi migrain, membantu sistem syaraf, dan melancarkan metabolisme tubuh. Vitamin ini juga penting untuk aktivitas kelenjar adrenal yang khususnya dalam proses pembentukan hormon.
  5. Vitamin B6 (Pyridoxine) : Menunjang produksi sel darah merah (mencegah anemia), meringankan gejala hipertensi (tekanan darah tinggi), dan melancarkan menstruasi serta meringankan asma (sesak nafas).
  6. Vitamin B7 (Biotin) : Berkhasiat sebagai elemen pembentukan kuku, pembentukan rambut, dan juga berperan penting dalam pelepasan energi dari karbohidrat.
  7. Vitamin B9 (Asam Folic) : Baik untuk ibu yang sedang mengandung karena bisa membantu dan menjaga janin khususnya dalam mengontrol perkembangan, serta ikut andil dalam pembentukan hemoglobin (sel darah merah) yang sangat terkait erat dengan pencegahan anemia (kurang darah).
  8. Vitamin B12 (Cobalamine) : Serupa dengan B9, Vitamin b12 ini sangat baik dalam membantu pembentukan sel darah merah dan menjaga serta merawat sistem syaraf dalam tubuh.

Jika anda sudah melihat daftar manfaat dari masing-masing elemen vitamin B Kompleks tentunya sudah menebak sendiri apa saja fungsi yang bisa anda peroleh. Namun tidak hanya itu saja, anda juga harus paham akan kelebihan dan dampak kekurangan Vit. B bagi tubuh. Oleh karena itu, supaya anda tidak merasa mengambang akan pengetahuan terkait dengan vitamin yang dimaksud, maka dibawah ini kami juga sudah menyediakan rincian singkat yang mungkin saja bisa menjawab semua pertanyaan yang ingin anda ketahui. Untuk lebih singkatnya, yuk langsung saja pada topik.

5 Khasiat B Complex Bagi Kesehatan Tubuh

#1. Menjaga Asupan Energi Bagi Tubuh
Meski anda sedang menjalani terapi diet (penurunan berat badan), sepatutnya anda juga harus memperhatikan segala jenis makanan yang anda konsumsi. Sebab dengan nutrisi yang terjaga, maka walaupun anda sedang diet, tidak ada dampak buruk yang nantinya muncul pada diri anda. Dalam hal ini Vitamin B sangat dibutuhkan oleh tubuh khususnya dalam memproduksi energi. Vitamin ini bisa mengubah glukosa (gula) dan karbohidrat menjadi energi. Agar proses perubahan tersebut berjalan sebagaimana mestinya, anda membutuhkan vitamin B2, B3, B5, B6, dan Vit. B7. Jika asupan yang tersedia kurang, mungkin anda akan mengalami penutunan produksi energi yang akibatnya akan menimbulkan perasaan letih, lesu, dan mudah lelah.

==> Yuk Simak Juga : 6 Khasiat Daun Yodium Untuk Luka

#2. Menjaga Sistem Pencernaan Tetap Stabil
Untuk menjaga sistem pencernaan tetap berjalan baik, anda membutuhkan asupan Vitamin B guna melancarkan saluran pencernaan. Dalam hal ini Vit. B membantu tubuh untuk memproduksi HCI (asam klorida) yang fungsinya ialah untuk memecah lemak, protein, karbohidrat dan mengubahnya menjadi energi. Vitamin terkait diantaranya Vit. B1, B2, B3, Dan B6. Jika tubuh anda kekurangan vitamin yang dimaksud maka tidak menutup kemungkinan bahwa anda akan mengalami gangguan sistem pencernaan serta tubuh akan kekurangan nutrisi penting dikarenakan penyerapan sari makanan tidaklah maksimal.

#3. Menstabilkan Kinerja dan Kesehatan Sistem Syaraf
Peranan ini lebih banyak pada fungsi Vitamin B5. Sebab zat yang dimaksud akan diperlukan oleh kelenjar adrenal untuk memaksimalkan kinerja khususnya dalam memproduksi hormon yang berpengaruh bagi sistem saraf. Selain itu, untuk menjaga kinerja seluruh sistem syaraf dalam tubuh, anda membutuhkan dukungan dari vitamin B1, B6, serta Vit. B12. Tidak terkecuali pula syaraf-syaraf yang terdapat pada otak. Imbas dari kekurangan B Complex bagi sistem syaraf ialah anda akan mudah stres, depresi, sering cemas dan mungkin akan mengganggu kehamilan jika anda sedang mengandung.

#4. Mengontrol Kadar Kolesterol Dalam Darah
Kolesterol tubuh terbagi dalam kategori baik dan juga jahat. Sedangkan Vitamin B3 akan membantu tubuh dalam menurunkan kandungan kolesterol jahat (LDL) tersebut. Tidak hanya mengurangi saja, namun jga ikut membantu produksi kolesterol baik sehingga tubuh akan terhindar dari serangan penyakit seperti serangan jantung, hipertensi (tekanan darah tinggi), dan juga meminimalkan gejala stroke. Kenapa demikian? Sebab B3 akan membuat pembuluh darah lebih lentur dan mencegah mengeras ataupun kaku.

#5. Menjaga Kesehatan Rambut Dan Kuku
Mengutip sepintas mengenai vitamin B, peranana penting dari zat ini sangat baik bagi RNA, DNA dan produksi beberapa elemen penting sel-sel tubuh. Salah satunya ialah bagi kesehatan kulit, kesehatan kuku dan pertumbuhan rambut. Jadi pertumbuhan anggota tubuh yang dimaksud akan lebih stabil dan meregenerasi sel-sel yang rusak. Dalam hal ini vitamin yang dibutuhkan ialah B5, B1, B2, B3, B9, B7 Dan B12. Jika tubuh anda kekurangan vitamin yang sudah kami sebut, maka dampaknya kulit anda menjadi kering, kusam, muncul garis halus (keriput), wajah mudah berjerawat, ruam (bintik merah), rambut rontok, kuku mudah patah (kaku), dermatis, dan tanda-tanda penuaan lainnya.

Dengan begitu banyak khasiat vitamin B Kompleks diatas, ada pula efek samping dari sisi baik yang anda peroleh. Meskipun vitamin ini larut air, namun kelebihan vitamin B akan menimbulkan dampak negatif seperti asam urat, muncul masalah pada kulit dan juga gula darah akan naik secara drastis. Jika gula darah sudah tidak terkontrol, maka bisa menimbulkan gejala diabetes (kencing manis). Tips sederhananya anda juga patut memperbanyak gerak (olahraga) guna memaksimalkan pembakaran lemak dan gula menjadi energi.

Efek lain dari sisi negatif ialah bisa menyebabkan komplikasi yang berpengaruh bagi jantung serta organ hati. Kelebihan Vit. B3 akan memicu gangguan indera penglihatan, sering mual bahkan muntah, menambah parah sakit maag, dan mungkin kepala anda akan terasa sering pusing. Kelebihan Vitamin B9 akan mengganggu fungsi obat bagi anda yang menjalankan kemoterapi, serta gangguan lain yang mungkin saja tidak terpikirkan oleh anda. Jadi bagi anda yang sering mengkonsumsi suplemen Vitamin B Kompleks, ada baiknya jika dikonsultasikan terlebih dahulu dengan dokter.

==> Yuk Baca Juga : 17 Khasiat D-Collagen Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

Demikianlah ulasan singkat mengenai 5 Khasiat B Complex Bagi Kesehatan Tubuh. Semoga bisa membantu dan memberikan sedikit referensi bagi anda yang penasaran akan manfaatnya bagi tubuh. Jangan lupas dishare dengan teman-teman yang lain ya...!!! Terima kasih!

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel