7 Khasiat Cuka Beras Untuk Kesehatan

Khasiat Cuka Beras pada dasarnya sudah umum dan diketahui oleh beberapa kalangan tertentu. Entah itu mengenai manfaat cuka beras yang berwarna merah ataupun putih. Namun dari sisi lain ada juga yang belum paham akan fungsi dan kegunaan cuka beras. Nah oleh karena hal itu, disini kami akan memberikan sedikit rangkuman yang siapa tahu bisa membantu dan memberikan jawaban dari setiap pertanyaan yang ingin anda ketahui. Untuk lebih jelasnya, mari kita baca artikel ini sampai selesai.

7 Khasiat Cuka Beras Untuk Kesehatan

Sebelumnya apakah anda tahu bahwa cuka beras sudah populer dibelahan dunia? Dan dari yang kami baca dari beberapa media di internet, cuka beras ini terbagi dengan jenis cuka beras asli (alami tanpa campuran), dan cuka beras yang mempunyai aroma. Sepintas cuka beras ini dipercaya bisa menjaga dan menurunkan kolesterol tinggi dalam darah. Namun anda harus membaca artikel ini sampai selesai supaya argumen atau manfaat sepintas diatas diketahui benar adanya.


Apa itu cuka beras? Bagaimana proses awal pembuatan sehingga muncul produk dari cuka beras? Nah pada awal sejarahnya, cuka beras dibuat hanya sebagai produk sampingan sake (arak beras dari Jepang). Namun banyak juga digunakan untuk campuran (rempah/bumbu) dalam pembuatan sushi. Pada sekitar 20 tahun lalu, cuka beras mulai diperkenalkan pada jajaran pasar dunia khususnya Amerika. Dan hingga kini cuka beras sudah mulai dikenal luas serta menjadi salah satu produk yang laris karena semakin banyak penggemar (konsumen).

Bahasan diatas hanya seputar cuka beras asli. Bagaimana dengan cuka beras aroma? Yang beraroma ini merupakan olahan cuka beras yang dipadukan dengan pemanis serta campuran garam. Hal ini yang menjadikan cuka beras populer karena mempunyai cita rasa yang begitu manis, lembut dan tidak begitu asam dibanding dengan cuka putih yang anda kenal sekarang. Sedangkan perbedaan cuka beras asli dan beraroma ialah keduanya dipadukan dengan tambahan gula dan aroma ringan supaya mempunyai rasa halus, lembut dan menyegarkan. Namun cuka beras dengan tambahan tersebut umunya dipadukan dengan rempah Italia, bawang putih yang dibakar, lada merah, oregano, dan daun kemangi. Penggunaan sangat cocok sekali untuk tambahan perasa makanan yang dihidangkan dalam kehidupan anda. Bisa dibedakan dari segi rasa mampun aroma serta bisa juga dijadikan sebagai bumbu masak serba guna.

Bagaimana cara menggunakan cuka beras? Cuka ini mempunyai peranan yang serba guna dan bisa digunakan hampir pada semua jenis masakan yang anda gemari. Cuka ini bisa digunakan langsung pada salad, masakan daging, masak sayur, dan lain sebagainya. Dikarenakan cuka ini tidak mempunyai kandungan lemak maupun kolesterol, maka anda sangat aman dan tidak perlu khawatir meski mengkonsumsinya setiap hari. Nah menginjak pada topik yang tertera pada judul, berikut rincian yang sudah kami rangkum!

7 Khasiat Cuka Beras Untuk Kesehatan

#1. Menyeimbangkan pH Tubuh
Perlu anda ketahui, cuka beras mempunyai kandungan asam amino dimana fungsinya terbilang baik dalam menjaga dan menyeimbangkan pH dalam tubuh. Terkait pula untuk pencegahan jenis penyakit yang ditimbulkan oleh tidak seimbangnya keasaman dalam tubuh.


#2. Mempunyai Sifat Analgesik
Sifat ini banyak didapat dari obat-obat yang banyak terjual dipasaran. Entah itu dari apotek, warung, toko, gerai dan lain sebagainya. Analgesik mampu meredakan nyeri atau sakit yang ditimbulkan oleh penyakit. Entah itu sakit gigi, radang, dan penyakit-penyakit lain yang masih terkait.

#3. Memiliki Sifat Anti-Inflamasi
Manfaat ini sangat cocok bagi tubuh untuk mengatasi masalah peradangan (pembengkakan) pada tubuh. Anti-inflamasi sering diberikan oleh dokter untuk mengatasi beberapa masalh penyakit seperti radang jerawat pada wajah, bengkak akibat benturan, dan penyakit lain yang menimbulkan efek peradangan.

#4. Melancarkan Sistem Pencernaan
Khasiat ini terbilang sudah sangat umum dan tidak asing lagi bagi kalangan masyarakat. Sebab masalah yang sering terjadi ialah mengerasnya feses dikarenakan kekurangan cairan serta serat makanan. Cuka beras bersifat melancarkan sistem pencernaan dimana fungsinya ialah untuk mencegah sembelit dan melancarkan BAB.

#5. Menjaga Kepadatan Tulang
Meski tidak ada penjelasan secara medis, banyak sekali yang percaya bahwa cuka beras bisa memperbaiki keadaan tulang yang retak dan patah. Hal ini sudah dibuktikan oleh  Jyosuke dari Jepang yang merawat kakak iparnya karena mengalami tulang lepas dari sendinya. Awalnya dia tidak percaya namun dengan penggunaan secara teratur (dikompreskan), seiring waktu tulang yang diobati tersebut sembuh total.

#6. Mencegah Obesitas
Dengan adanya manfaat ini maka tidak sedikit dari kalangan orang yang menjadikan cuka beras sebagai salah satu treatment diet. Hal ini terpegaruh dari sistem pencernaan yang mampu mencegah penumpukan racun dan membuangnya melalui saluran pencernaan. Dengan begitu anda akan terhindar dari obesitas (kelebihan berat badan) serta mempunyai postur tubuh yang lebih ideal.

#7. Menambah Selera Makan
Kebanyakan penggunaan cuka beras ialah untuk konsumsi dan menambah aroma pada masakan. Hal ini akan lebih menggugah selera dan menjadikan anda lebih lahap dalam menyantap makanan. Tidak perlu khawatir meski makan banyak, cuka beras cuka bisa memperlancar saluran pencernaan, memaksimalkan penyerapan sari makanan dan meminimalkan penumpukan racun serta lemak dalam tubuh.


Demikianlah sedikit ulasan yang mampu kami tulis terkait 7 Khasiat Cuka Beras Untuk Kesehatan. Mungkin dilain kesempatan kami akan melakukan update dan memperbarui artikel yang kami buat ini. Jangan lupa dishare ya! Terima kasih.

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel