16 Khasiat Kencur Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Khasiat Kencur memang terbukti cukup ampuh untuk mengatasi masuk angin, perut kembung, maag, dan juga batuk. Dalam hal ini, kencur memang sudah digunanakan sejak dahulu kala sebagai pengobatan herbal yang dikenal dengan manfaat sangat baik bagi kesehatan maupun kecantikan. Oleh karena itu, dibawah ini kami merangkum sedeikit keterangan yang tentunya terkait dengan kandungan serta manfaat kencur untuk kesehatan tubuh kita.

Kencur (Nama latin : Kaempferia galanga) adalah sejenis tanaman yang tergolong dalam suku rimpang atau temu-temuan. Nama lainnya juga dikenal dengan kencor, cekur, kaciwer, ceuko, cekuh, sekuh, asauli, sukung, umpa dan cekir. Banyak dari kalangan masyarakat yang membudidayakan rimpang yang satu ini karena memang mempunyai daya jual tinggi yang mempunyai fungsi sebagai rempah (bumbu masakan) dan juga berkhasiat obat.
16 Khasiat Kencur Untuk Kesehatan dan Kecantikan
Ciri dan deskripsi kencur bisa dikenali dari daunnya yang sedikit sekitar 3 hingga 5 lembar saja terletak berhadapan. Bunga majemuk dan rimpang berukuran kecil dengan warna putih. Karena ukurannya yang mungil, ada juga yang menanam kencur dengan media pot karena habitat hidupnya banyak didapat pada tanah yang gembur dan lembab.

Nah, yang jadi pertanyaan disini adalah : Apa saja kandungan senyawa pada kencur? Serta apa saja khasiat yang bisa didapat dari air kencur? Yuk kita simak jawaban singkat dibawah ini, siapa tahu dengan membaca rangkuman dibawah, sobat bisa menambah wawasan serta pengetahuan lebih mengenai rimpang kencur selaku salah satu tanaman obat yang bisa ditanam pada lingkungan sekitar sebagai apotik hidup.

Kandungan senyawa pada kencur memang boleh dibilang lumayan banyak. Sangat pantas jika dibandingkan dengan kumpulan khasiat dari kencur. Komposisi zat tersebut berupa : Mineral, pati, minyak atsiri, alkaloid, asam sinamat, asam anisat, etil ester, metil kanil, gom, borneol, kamphene, penta dekaan, dan paraeumarin.

16 Khasiat Kencur Untuk Kesehatan dan Kecantikan :
  1. Bersifat sebagai anti-kanker. Hal ini sangat berguna untuk mengatasi dan mencegah pertumbuhan sel kanker dan tumor dalam tubuh.
  2. Melancarkan sirkulasi darah yang juga terkait dalam pencegahan hipertensi (tekanan darah tinggi).
  3. Bersifat anti-inflamasi atau peradangan terutama untuk radang usus.
  4. Melancarkan sistem pencernaan, salah satunya berguna untuk mengatasi susah BAB (sembelit).
  5. Bersifat anti-racun yang berkemampuan untuk mengeluarkan racun dari dalam tubuh.
  6. Kaya akan antiksidan yang mampu menjaga sistem kekebalan tubuh sehingga daya tahan terhadap penyakit bisa lebih kuat.
  7. Menyembuhkan masuk angin serta gejala yang disebabkan seperti perut kembung, begah, mual dan lain-lainnya.
  8. Menghentikan diare yang ampuh mempercepat penyembuhan mencret utamanya pada kalangan anak-anak.
  9. Mengembalikan stamina serta tenaga akibat capek kerja / kelelahan.
  10. Mempercepat penyembuhan batuk dan sakit tenggorokan.
  11. Mengatasi sesak nafas atau asma.
  12. Meringankan sakit kepala dan juga sejenisnya seperti migrain.
  13. Pembersih darah alami yang tehubung dengan pencegahan penyakit kulit serta mengurangi resiko jerawat.
  14. Melangsingkan tubuh dan mempercepat proses pengecilan perut buncit.
  15. Mencerahkan wajah dan menjaga tetap bugar, cerah dan merona.
  16. Mengatasi pegal linu, nyeri otot dan sakit pinggang.
Bagaimana resep dan cara menggunakan kencur sebagai obat?
Rimpang kencur memberi kesan hangat, entah itu digunakan pada bagian luar tubuh ataupun dengan dikonsumsi. Sebenarnya resepnya sangatlah sederhana, salah satunya ialah dengan membuat ramuan beras kencur. Tapi demi lengkapnya artikel sederhana ini, mungkin resep berikut bisa berguna.
  • Untuk obat luar : Siapkan beberapa rimpang kencur kemudian dicuci bersih. Haluskan dengan cara digeprek atau ditumbuk kasar yang kemudian dioleskan pada area yang sakit. Penggunaan ini bisa diterapkan pada sakit lutut, nyeri sendi dan sakit pinggang.
  • Konsumsi : Cuci bersih kencur kemudian dikunyah dengan menggunakan garam dapur. Cara ini bisa diterapkan untuk meringankan mual dan masuk angin.
  • Dijadikan ramuan : Cara ini tidak butuh langkah rumit, sobat bisa baca 7 Khasiat Jamu Beras Kencur untuk melihat resep dan cara pembuatan.
Demikianlah artikel singkat mengenai 16 Khasiat Kencur Untuk Kesehatan dan Kecantikan. Semoga bisa membantu!

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel