7 Khasiat Pandan Laut Untuk Kesehatan

Khasiat Pandan Laut memang sudah umum dan digunakan secara tradisional untuk beberapa jenis penyakit. Beberapa manfaat pandan laut tersebut diantaranya untuk hepatitis, lepra, sipilis, dan masih banyak lagi yang lainnya. Maka dari itu, untuk menambah wawasan mengenai tanaman obat, pada ulasan berikut kami akan merangkum secara lengkap apa itu tanaman panda laut serta kebaikan yang akan didapat oleh tubuh.

Khasiat Pandan Laut Untuk Kesehatan

Pandan Laut (Nama Latin : Pandanus odorifer) adalah tanaman sejenis pandan yang mudah ditemukan di daerah pesisir pantai. Bunga jantan mempunyai aroma harum sehingga digunakan untuk pengharum ruangan alami. Tanaman ini juga sering dikenal dengan Pandan pasir, pudak duri, samak laut, pudak laut, banga, bokungo, ponelo, lata banga. nipah, bau-bau, dll.

==> Lihat Juga : 12 Khasiat Bunga Oenothera Untuk Kesehatan

Ciri-ciri dan deskripsi tanaman bisa dikenali dengan melihat pohon yang tumbuh tegak hijau, bercabang banyak dengan daun menyerupai pedang tepinya berduri. Bunga berkelamin ganda sehingga terdapat bunga jantan dan betina. Berbuah batu hampir menyerupai nanas. Jika anda tahu pohon nanas, maka seperti itulah ciri umumnya. Jika masih kurang detail, mungkin dengan melihat lampiran gambar diatas bisa membantu!

7 Khasiat Pandan Laut Untuk Kesehatan :
  1. Melancarkan saluran kemih karena terdapat sifat diuretik (peluruh kencing).
  2. Menyembuhkan berbagai jenis penyakit kulit seperti gatal, kudis dan panu.
  3. Mengobati penyakit sipilis (sifilis).
  4. Mengontrol kadar gula darah sehingga baik untuk penderita diabetes mellitus (kencing manis).
  5. Obat herbal untuk hepatitis B (penyakit kuning) Serta masalah lain yang terkait dengan hati.
  6. Obat alami untuk penyakit lepra.
  7. Meringankan gejala cacar air dan mempercepat penyembuhannya.
Cara mengkonsumsi cukup dengan merebus akar kemudian minum air rebusan tersebut secara rutin siang dan sore hari. Tau bisa juga dengan menggunakan daun dan bunga yang masih muda (kuncup).
 
Manfaat lain baik untuk pengharum ruang, pakaian pada bunga. Kuncup bunga juga bisa dikonsumsi sebagai sayur, Daun bisa diolah sebagai bahan kerajinan sepert tas, tikar dan lain sebagainya.

==> Baca Juga : 5 Khasiat Tanaman Palasa Untuk Kesehatan

Demikianlah artikel singkat mengenai 7 Khasiat Pandan Laut Untuk Kesehatan. Semoga bisa membantu! Jangan lupa dishare ya...! Terima kasih!

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel