Khasiat Dan Manfaat Serta Kandungan Akar Langir

Khasiat Akar Langir memang sudah umum digunakan sebagai sabun atau shampo tradisional. Hal ini karena langir dipercaya sangat baik bagi kesehata kulit serta bisa mengurangi rasa gatal pada kulit kapala. Kebaikan langir lainnya ialah untuk mengobati radang yang diakibatkan sengatan lebah dan jenis serangga lainnya. Jadi tidak heran jika langir menjadi salah satu bahan herbal yang populer khususnya bagi kalangan masyarakat di Kalimantan.

Langir / Merbuan (Nama Latin : Albizia saponaria) adalah sejenis tanaman yang dimanfaatkan pepagan (kulitnya) untuk pengobatan. Penyebarannya boleh dibilang sangat luas, contohnya ialah Malaysia, Filipina, dan juga Indonesia. Karena hal ini didapat banyak nama lokal yang bisa dikenal dari pohon yang satu ini. Panggilan tersebut diantaranya merbuan, fofau, paten abal, salingkugi, dan bahasa inggrisnya whiteflower albizia.

Baca Juga : 20 Khasiat Gamat Atau Teripang Untuk Kesehatan

Ciri dan deskripsi tanaman bisa diketahui dengan melihat pohon yang berbentuk perdu kecil, daun majemuk menyirip ganda, bunga malay bongkol dan buahnya berupa polong. Sedangkan pertumbuhannya banyak didapat pada semak, hutan dan pinggiran pantai, dan tepi sungai yang hidup dan tumbuh secara liar.

Apa saja kandungan senyawa pada pepagan langir?
Jika dikutip dari wikipedia, kandungan tersebut berupa triterpenoid, alkaloid, flavonoid, dan tanin. Selain mempunyai manfaat, penggunaan secara berlebihan juga akan menyebabkan keracunan.

Manfaat dan Khasiat Langir :
  1. Sebagai sabun dan shampo yang bisa menghilangkan rasa gatal dan menyuburkan rambut. Caranya yaitu dengan menghaluskan kulit (pepagan) dengan cara ditumbuk kemudian dioleskan pada kulit.
  2. Obat herbal untuk sengatan lebah : Penggunaan dengan cara kulit diremas kemudian ditapalkan pada area kulit yang ingin diobati.
  3. Untuk Mengolah dan mengurangi racun pada umbi gadung.
  4. dll.
Lihat Juga : 15 Khasiat Lamtoro Atau Petai Cina Untuk Kesehatan

Mungkin hanya itu saja yang bisa kami sampaikan seputar Khasiat Dan Manfaat Serta Kandungan Akar Langir. Semoga pada kesempatan yang lain kami bisa menyempurnakan dan melakukan update sehingga pengetahuan ini menjadi lebih lengkap atau sempurna. Sekian dan selamat membaca!

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel