13 Khasiat Tanaman Simpur Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Khasiat Simpur sudah dikenal secara umum dan banyak digunakan sebagai ramuan herbal turun-temurun. Hal ini karena pepagan dari simpur ini dipercaya bisa menyembuhkan beberapa jenis penyakit seperti diabetes, sariawan, flu, dan demam. Apa semua itu benar? Nah untuk itu, pada kesempatan kali ini kami akan mencoba merangkum sedikit keterangan yang membahas seputar manfaat pepagan, daun dan bunga simpur. Apa saja kegunaan dan kebaikan tersebut? Yuk langsung saja kita lanjut membaca!

Khasiat Tanaman Simpur Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Simpur (Nama Latin : Dillenia Indica ) adalah sebuah tanaman berbunga yang berukuran besar dengan kualitas kayu boleh dibilang kualitas sedang. Pohon ini juga dikenal dengan sebutan sempu, sempur dan beberarapa nama lokal seperti simpor, mai-masan, zinbyum, dan katmon. Untuk penyebaran, simpur mudah ditemukan mulai dari Madagaskar, Asia dan juga Australia. Dan diiringi perkembangan zaman, kini tanaman berbunga ini juga bisa dijadikan tanaman hias yang biasa ditanam pada tempat umum dan dibonsai.


Cisi dan deskripsi tanaman bisa dikenali dengan melihat batang semak perdu berukuran besar dengan ketingian mencapai hingga 50m. Permukaan kulit (pepagan) halus namun terlihat retak-retak yang bisa mengelupas seperti kertas dengan warna cokelat kemerahan atau juga cokelat abu-abu. Pepagan berukuran tebal dan mengeluarkan getah bening ketika dipotong. Daun tunggal bergelombang, bergerigi dan bertulang menonjol, sedangkan bunga malay tumbuh pada ketiak daun. Buah terbentuk bumbung yang dilindungi oleh daun.

Jika dilihat dari kandungan, simpur mempunyai beberapa senyawa seperti alkaloid, flavonoid, saponin dan tanin. Serta terdapat juga kandungan vitamin C yang berfungsi sebagai antioksidan alami sehingga tubuh menjadi lebih sehat dan semua organ berjalan normal. Apa saja sih manfaat simpur? Yuk simak rangkuman berikut!

13 Khasiat Tanaman Simpur Untuk Kesehatan dan Kecantikan :
  1. Mengurangi peradangan pada gusi, hal ini baik jika kita mengalami bengkak pada gusi.
  2. Mengatasi sariawan yang terkait dengan bibir mengelupas dan kering.
  3. Melancarkan sistem pencernaan yang juga baik untuk mengatasi sembelit.
  4. Membasmi dan membunuh kutu rambut sehingga mengurangi gatal pada kulit kepala.
  5. Bersifat anti-inflamasi yang bisa mengurangi peradangan / pembengkakan.
  6. Menyembuhkan panas dalam yang terkait dengan sakit tenggorokan dan suara serak.
  7. Bersifat anti-piretik yang berguna untuk menurunkan demam / panas.
  8. Mengontrol kadar gula darah yang baik untuk penderita diabetes mellitus.
  9. Bersifat anti-kanker khususnya untuk leukimia (kanker darah).
  10. Menghentikan diare khususnya bagi anak-anak yang murus.
  11. Mengobati eksim dan penyakit kulit seperti alergi dan gatal-gatal.
  12. Mengobati influenza dan meringankan dampak atau gejala pilek.
  13. Mengurangi gejala rematim seperti nyeri pada persendian.
Resep penggunaan :
Untuk konsumsi, bisa dengan merebus pepagan, buah, bunga dan daunnya. Takaran bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Untuk hasil maksimal bisa menambah bahan lain seperti temulawak atau juga kunyit.

==> Baca Juga : 10 Khasiat Bunga Silybum Untuk Kesehatan

Mungkin hanya itu saja yang bisa kami sampaik mengenai 13 Khasiat Tanaman Simpur Untuk Kesehatan dan Kecantikan. Jangan lupa dishare ya...! Terima kasih!

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel